Shitcoin: Investasi Menggiurkan atau Sekadar Koin Sampah?

Updated
February 12, 2024
Gambar Shitcoin: Investasi Menggiurkan atau Sekadar Koin Sampah?

Dunia cryptocurrency dipenuhi dengan berbagai macam koin digital, mulai dari yang memiliki nilai dan utilitas tinggi hingga yang disebut sebagai shitcoin. Shitcoin adalah mata uang kripto yang dianggap tidak memiliki nilai atau utilitas yang jelas, dan sering kali dibuat hanya untuk tujuan spekulasi.

Meskipun demikian, shitcoin tetap menarik perhatian banyak investor karena potensi keuntungannya yang besar. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang shitcoin, termasuk faktor-faktor yang memengaruhi nilainya, kelebihan dan kekurangannya, serta beberapa shitcoin terbaik yang dapat kamu pertimbangkan untuk diinvestasikan pada tahun 2024.

Shitcoin: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Shitcoin adalah mata uang kripto yang tidak memiliki nilai atau utilitas yang jelas. Koin ini sering kali dibuat hanya untuk tujuan spekulasi, dan nilainya dapat berfluktuasi secara liar. Shitcoin biasanya memiliki kapitalisasi pasar yang rendah dan pasokan yang beredar tinggi.

Baca Juga: Gubernur Bank Sentral Selandia Baru Sebut Stablecoin Sebagai ‚ÄúKekeliruan Terbesar‚ÄĚ

Shitcoin dapat dibuat oleh siapa saja, dan tidak ada peraturan yang mengatur pembuatan atau perdagangan shitcoin. Hal ini membuat shitcoin menjadi investasi yang sangat berisiko, karena tidak ada jaminan bahwa koin tersebut akan memiliki nilai di masa depan.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Nilai Shitcoin

shitcoin crypto
Mudrex

Nilai shitcoin dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk:

  • Hype dan pemasaran: Shitcoin sering kali mengandalkan hype dan pemasaran untuk menarik investor. Jika sebuah shitcoin berhasil menciptakan hype yang cukup, nilainya dapat meroket dalam waktu singkat.
  • Dukungan selebritas: Dukungan dari selebritas atau tokoh terkenal dapat memberikan dampak positif pada nilai shitcoin. Misalnya, dukungan Elon Musk terhadap Dogecoin pada tahun 2021 menyebabkan nilai koin tersebut melonjak drastis.
  • Ketersediaan di bursa: Shitcoin yang terdaftar di bursa kripto yang populer cenderung memiliki nilai yang lebih tinggi daripada shitcoin yang hanya tersedia di bursa kecil atau tidak dikenal.
  • Volume perdagangan: Volume perdagangan shitcoin juga dapat memengaruhi nilainya. Semakin tinggi volume perdagangan, semakin besar kemungkinan shitcoin tersebut akan naik nilainya.

Kelebihan dan Kekurangan Shitcoin

Shitcoin memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain:

Kelebihan Shitcoin

  • Potensi keuntungan yang besar: Shitcoin memiliki potensi keuntungan yang sangat besar, karena nilainya dapat meroket dalam waktu singkat.
  • Diversifikasi portofolio: Menambahkan shitcoin ke dalam portofolio investasi dapat membantu mendiversifikasi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan.
  • Komunitas yang kuat: Shitcoin sering kali memiliki komunitas yang kuat yang mendukung koin tersebut dan mempromosikannya di media sosial.

Kekurangan Shitcoin

  • Risiko tinggi: Shitcoin adalah investasi yang sangat berisiko, karena tidak ada jaminan bahwa koin tersebut akan memiliki nilai di masa depan.
  • Volatilitas tinggi: Nilai shitcoin dapat berfluktuasi secara liar, sehingga investor dapat mengalami kerugian yang besar dalam waktu singkat.
  • Kurangnya utilitas: Shitcoin sering kali tidak memiliki nilai atau utilitas yang jelas, sehingga nilainya hanya bergantung pada spekulasi.

Perbandingan Shitcoin vs Altcoin

Shitcoin dan altcoin sama-sama mata uang kripto, tetapi ada beberapa perbedaan mendasar antara keduanya. Berikut adalah tabel perbandingan shitcoin vs altcoin:

ShitcoinAltcoin
Tidak memiliki nilai atau utilitas yang jelasMemiliki nilai atau utilitas yang jelas
Sering kali dibuat hanya untuk tujuan spekulasiDapat dibuat untuk berbagai tujuan, termasuk sebagai mata uang, platform pembayaran, atau aplikasi terdesentralisasi
Biasanya memiliki kapitalisasi pasar yang rendah dan pasokan yang beredar tinggiDapat memiliki kapitalisasi pasar yang rendah atau tinggi, dan pasokan yang beredar yang bervariasi
Risiko tinggiRisiko bervariasi tergantung pada altcoin

Shitcoin Terbaik untuk Diinvestasikan pada Tahun 2024

dompet baru dogecoin
Sumber: Forkast News

Berikut adalah beberapa shitcoin terbaik yang dapat kamu pertimbangkan untuk diinvestasikan pada tahun 2024:

  • Dogecoin

    DOGE

    ->
    :
    Dogecoin adalah shitcoin paling populer di dunia. Koin ini awalnya dibuat sebagai lelucon, tetapi kemudian menjadi populer berkat dukungan dari Elon Musk dan selebritas lainnya. Dogecoin memiliki kapitalisasi pasar yang besar dan komunitas yang kuat, sehingga menjadikannya investasi yang menarik bagi para investor.
  • Shiba Inu

    SHIB

    ->
    :
    Shiba Inu adalah shitcoin yang terinspirasi dari Dogecoin. Koin ini memiliki kapitalisasi pasar yang lebih kecil daripada Dogecoin, tetapi juga memiliki komunitas yang kuat dan dukungan dari beberapa selebritas. Shiba Inu berpotensi untuk menjadi shitcoin yang sukses di masa depan.
  • ApeCoin

    APE

    ->
    :
    ApeCoin adalah shitcoin yang dibuat oleh pencipta Bored Ape Yacht Club, sebuah proyek NFT yang sangat populer. ApeCoin memiliki utilitas yang jelas, karena dapat digunakan untuk membeli barang dan jasa di dalam ekosistem Bored Ape Yacht Club. ApeCoin memiliki potensi untuk menjadi shitcoin yang sukses di masa depan.
  • Samoyedcoin (SAMO): Samoyedcoin adalah shitcoin yang berbasis di Solana. Koin ini memiliki kecepatan transaksi yang cepat dan biaya transaksi yang rendah, sehingga menjadikannya pilihan yang menarik bagi para investor. Samoyedcoin memiliki potensi untuk menjadi shitcoin yang sukses di masa depan.
  • Floki Inu

    FLOKI

    ->
    :
    Floki Inu adalah shitcoin yang terinspirasi dari anjing Elon Musk, Floki. Koin ini memiliki kapitalisasi pasar yang kecil, tetapi memiliki komunitas yang kuat dan dukungan dari beberapa selebritas. Floki Inu berpotensi untuk menjadi shitcoin yang sukses di masa depan.

Baca Juga: Berachain: Masa Depan DeFi yang Menjanjikan

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->