Bitcoin: Momentum Bullish Masih Jauh dari Kata Berakhir

Updated
February 15, 2024
Gambar Bitcoin: Momentum Bullish Masih Jauh dari Kata Berakhir

Harga Bitcoin telah mengalami koreksi penurunan dari zona $50.400. BTC sempat menyentuh $48.250 dan saat ini tengah mencoba untuk kembali naik di atas $50.000.

Harga Bitcoin Tetap Terdukung

Harga Bitcoin Tetap Terdukung
TradingView

Harga Bitcoin berhasil melesat di atas zona resistensi $48.800. BTC bahkan sempat melonjak di atas zona resistensi $50.000 sebelum akhirnya bear muncul. Sebuah titik tertinggi baru multi-minggu terbentuk di dekat $50.339 sebelum harga terkoreksi lebih rendah. Terjadi pergerakan di bawah level $49.500 dan $49.200.

Harga bahkan sempat jatuh di bawah $49.000, tetapi bull aktif di atas support $48.250. Titik terendah terbentuk di dekat $48.240 dan harga sekarang bergerak lebih tinggi. Terjadi pergerakan di atas zona $48.800.

Baca Juga: Bitcoin Meroket, Apakah Akan Sentuh $69.000 Lagi?

Bitcoin berhasil melewati level retracement Fibonacci 50% dari penurunan baru-baru ini dari swing high $50.390 ke swing low $48.240. Saat ini diperdagangkan di atas $48.850 dan Simple Moving Average 100 jam.

Garis Tren Bullish Kuat

Garis Tren Bullish Kuat
TradingView

Juga terdapat garis tren bullish utama yang terbentuk dengan support di $48.750 pada grafik per jam pasangan BTC/USD. Resistance terdekat berada di dekat level $49.880 atau level retracement Fibonacci 76,4% dari penurunan baru-baru ini dari swing high $50.390 ke swing low $48.240.

Resistance utama berikutnya bisa jadi $50.000, di atasnya harga bisa memulai kenaikan yang cukup besar. Perhentian berikutnya untuk bull mungkin adalah $50.400. Pergerakan yang jelas di atas resistance $50.400 dapat mendorong harga menuju resistance $51.200. Resistance berikutnya bisa berada di dekat level $52.000.

Penurunan BTC Lainnya?

Jika Bitcoin gagal naik di atas zona resistance $50.000, maka bisa memulai koreksi penurunan lainnya. Support terdekat di sisi bawah berada di dekat level $49.200. Support utama pertama adalah $48.800 dan garis tren.

Jika terjadi penutupan di bawah $48.800, harga bisa mendapatkan momentum bearish. Dalam kasus tersebut, harga bisa jatuh menuju support $47.800.

Momentum Bullish Bitcoin Masih Jauh dari Kata Berakhir

Analis kripto Ali Martinez telah memberikan wawasan yang menunjukkan bahwa momentum bullish Bitcoin baru saja dimulai. Berdasarkan hal ini, token kripto utama tersebut kemungkinan masih akan terus mencapai titik tertinggi baru sebelum puncak bull run yang akan datang.

Sentimen Pasar Menunjukkan Lebih Banyak Keuntungan untuk Bitcoin

X/@ali_charts

Dalam sebuah postingan di X (sebelumnya Twitter), Martinez mengungkapkan bagaimana pemegang BTC jangka panjang melalui ‚Äúsiklus emosi‚ÄĚ selama periode bullish. Investor ini biasanya memulai dengan kapitulasi sebelum ‚Äúberkembang melalui harapan, optimisme, dan keyakinan.‚ÄĚ

Fase kapitulasi ini adalah saat bull BTC ini menyerah pada bear, dengan dasar Bitcoin datang di beberapa titik. Analis crypto tersebut juga mencatat bahwa pemegang BTC ini mengalami ‚Äúperiode singkat kecemasan‚ÄĚ bahkan setelah fase keyakinan, yang mengarah pada koreksi harga.

Namun, pasar kembali memasuki fase keyakinan setelah itu, yang menandakan potensi kenaikan lebih lanjut di masa mendatang, tambah Martinez. Analis crypto tersebut mengklaim pasar telah ‚Äúbaru saja keluar dari periode kecemasan dan telah memasuki fase keyakinan baru.‚ÄĚ

Ia lebih lanjut menyatakan bahwa ini menunjukkan pasar kemungkinan akan menyaksikan lebih banyak momentum untuk Bitcoin sebelum mencapai ‚Äúpuncak euforia yang menandai akhir dari siklus bullish.‚ÄĚ

BTC Diharapkan Melihat Masuknya Investor Baru

Dalam postingan X berikutnya, Ali Martinez menyoroti bagaimana Bitcoin masih jauh dari mendapatkan popularitas puncak di antara masyarakat umum. Hal ini didasarkan pada metrik Google Search Trends, yang menunjukkan seberapa populer istilah seperti ‚ÄėBitcoin‚Äô. Saat ini, BTC dikatakan memiliki skor 18, yang berarti belum mencapai ‚Äúpertengahan popularitas.‚ÄĚ

Sisi baik dari data ini adalah menunjukkan berapa banyak lagi investor yang dapat dilihat Bitcoin pada bull run berikutnya. Selain itu, memperkenalkan Spot Bitcoin ETF diyakini sebagai waktu yang tepat karena dana ini dapat berkontribusi untuk membawa generasi pemegang Bitcoin berikutnya ke dalam ruang crypto.

Baca Juga: Harga Bitcoin Anjlok $1.600 Akibat Data Inflasi AS yang Memanas

Mesin pencari seperti Google juga dapat berperan ketika investor crypto ini menjadi tertarik pada token crypto utama tersebut. Untungnya, platform tersebut telah memberkati iklan dana terkait crypto, yang berarti akan mudah bagi pengguna ini untuk berinvestasi ketika saatnya tiba.

Pada saat penulisan, BTC diperdagangkan sekitar $51.400, naik lebih dari 2% dalam 24 jam terakhir, menurut data dari CoinMarketCap.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->