Gelombang Baru di Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Mengguncang Dominasi Emas!

Updated
February 16, 2024
Gambar Gelombang Baru di Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Mengguncang Dominasi Emas!

Dalam perkembangan terkini yang mengejutkan para pelaku pasar keuangan, dana yang mengalir ke ETF (Exchange-Traded Fund) Bitcoin dalam empat hari terakhir ternyata lebih besar daripada total dana yang masuk di bulan pertama peluncurannya.

Fenomena ini tidak hanya menandakan peningkatan minat yang signifikan terhadap Bitcoin tetapi juga menimbulkan kekhawatiran terhadap potensi penurunan harga emas hingga $1.200.

Ledakan Inflow ETF Bitcoin

Sumber: X

Dilansir dari Cointelegraph, ETF Bitcoin telah menarik lebih dari $2,2 miliar dalam inflow baru hanya dalam empat hari terakhir. Hal ini menunjukkan percepatan yang signifikan dalam adopsi dan minat terhadap Bitcoin sebagai aset investasi.

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (16/2/24), SEILOR Melonjak 31%

Keempat belas ETF Bitcoin yang beredar kini telah mengumpulkan 43.300 Bitcoin, senilai $2,3 miliar dengan harga saat ini, dalam inflow hanya dalam empat hari terakhir.

Peningkatan dramatis ini menandai titik balik bagi ETF Bitcoin, dengan empat di antaranya, kecuali Grayscale, telah bergabung dalam ‚Äúklub miliarder‚ÄĚ.

Bitwise Bitcoin ETF menjadi yang terbaru yang mencapai tonggak ini pada 14 Februari 2024, menegaskan posisinya sebagai salah satu dana investasi asli kripto teratas di antara penyedia lainnya.

Dampak Terhadap Harga Emas

Sementara ETF Bitcoin menikmati inflow yang signifikan, ETF Emas mengalami outflow yang mencolok. Analis senior ETF dari Bloomberg, Eric Balchunas, menyoroti outflow sebesar $2,39 miliar dari ETF Emas sejauh ini di tahun 2024.

Sumber: Eric Balchunas via X

Perpindahan dana ini menimbulkan spekulasi bahwa pergeseran ke ETF Bitcoin mungkin menjadi penyebab outflow dari ETF Emas.

Analis pasar memperkirakan bahwa Bitcoin dapat lebih cepat menggerogoti pangsa pasar emas sebagai aset ‚Äúuang yang solid‚ÄĚ. Dengan Bitcoin secara bertahap menutup celah dengan emas, persaingan antara kedua aset ini semakin memanas.

Baca juga: Bitcoin Melonjak 6% Sentuh Rp824 Juta, Kenapa Harga BTC Naik Hari Ini? (15/2/24)

Pertarungan Bitcoin vs Emas

Data dari penyedia analitik on-chain menunjukkan bahwa Bitcoin perlahan-lahan mengikis dominasi emas sebagai aset safe haven utama.

Kapitalisasi pasar Bitcoin saat ini mewakili 15% dari total kapitalisasi pasar aset investasi kelas atas, menjanjikan masa depan yang cerah dalam ranah aset safe haven.

Pertarungan antara Bitcoin dan Emas semakin intensif, menandai babak baru dalam dinamika aset safe haven tradisional.

Dengan Bitcoin kembali mencapai kapitalisasi pasar $1 triliun, persaingan antara Bitcoin dan Emas diperkirakan akan semakin ketat di masa mendatang.

Dinamika baru ini menandai era perubahan dalam lanskap investasi global, dengan Bitcoin semakin menegaskan posisinya sebagai pesaing utama emas. Seiring berjalannya waktu, pertarungan antara kedua aset ini akan menentukan arah masa depan pasar keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bitcoin News

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->