Circle Hentikan Dukungan USDC pada Tron, Ada Apa?

Updated
February 21, 2024
Gambar Circle Hentikan Dukungan USDC pada Tron, Ada Apa?

Circle, perusahaan penerbit stablecoin USDC yang dipatok dengan dolar AS, mengumumkan akan menghentikan dukungan untuk token tersebut pada blockchain Tron.

Keputusan ini diambil sebagai bagian dari upaya Circle untuk memastikan USDC tetap terpercaya, transparan, dan aman.

Pemberhentian Dukungan USDC pada Tron

penghentian usdc di tron
Sumber: X

Circle menyatakan bahwa penghentian dukungan untuk USDC pada Tron berlaku efektif mulai 20 Februari. Perusahaan akan secara bertahap menghentikan dukungan untuk jaringan blockchain tersebut.

Baca juga: USDC Melebarkan Sayap ke Celo Network: Revolusi Pembayaran Crypto di Ambang Pintu!

Namun, Circle masih akan mendukung transfer USDC milik nasabah bisnis ‚ÄúCircle Mint‚ÄĚ ke blockchain lain hingga Februari 2025. Circle menghimbau pengguna ritel dan non-pelanggan Circle untuk memindahkan USDC berbasis Tron mereka ke bursa sehingga dapat ditransfer ke jaringan blockchain yang masih mendukung USDC.

Perusahaan tidak memberikan alasan spesifik untuk penghentian dukungan terhadap Tron, hanya menyatakan bahwa mereka terus menilai kesesuaian semua blockchain sebagai bagian dari proses manajemen risiko.

Alasan di Balik Penghentian Dukungan

circle dan ipo
Sumber: The Block

Meskipun Circle tidak memberikan alasan yang jelas, ada beberapa spekulasi mengenai penyebab penghentian dukungan USDC pada Tron. Salah satu kemungkinan adalah masalah regulasi yang melibatkan pendiri Tron, Justin Sun.

Pada tahun 2020, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) menggugat Sun atas dugaan penjualan token Tron yang ilegal.

Selain itu, ada laporan pada bulan November 2022 yang menyatakan bahwa Tron memfasilitasi transfer kripto oleh kelompok teroris yang ditunjuk, meskipun Tron membantah klaim tersebut.

Penghentian dukungan terhadap Tron dapat menjadi upaya Circle untuk menjaga USDC tetap sejalan dengan standar transparansi dan kepercayaan di tengah masalah regulasi yang dihadapi Justin Sun.

Baca juga: TRON Luncurkan Solusi Layer 2 Bitcoin, Inovasi Terbaru dari Justin Sun!

Dampak Penghentian Dukungan

Penghentian dukungan USDC pada Tron berdampak pada blockchain itu sendiri, bukan pada pengguna individu. Institusi dapat mentransfer atau menebus USDC pada Tron hingga Februari 2025, sementara investor ritel dapat memindahkan token mereka ke blockchain lain.

Keputusan Circle ini menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjaga stabilitas dan kepercayaan USDC. Dengan menghentikan dukungan untuk Tron, Circle berupaya memastikan bahwa USDC tetap menjadi stablecoin yang aman dan terpercaya bagi pengguna di seluruh dunia.

Pada akhirnya, penghentian dukungan USDC pada Tron oleh Circle merupakan langkah strategis untuk menjaga stabilitas dan kepercayaan stablecoin tersebut. Meskipun alasan spesifik tidak diberikan, keputusan ini kemungkinan terkait dengan masalah regulasi yang melibatkan pendiri Tron, Justin Sun, serta laporan tentang dugaan fasilitasi transfer kripto oleh kelompok teroris.

Circle berkomitmen untuk memastikan USDC tetap menjadi stablecoin yang aman dan terpercaya bagi pengguna di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Unchained Crypto

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->