Bitcoin vs Altcoin: Siapa yang Akan Mendominasi Pasar Crypto?

Updated
February 21, 2024
Gambar Bitcoin vs Altcoin: Siapa yang Akan Mendominasi Pasar Crypto?

Pasar crypto sedang mengalami pergeseran paradigma. Bitcoin, yang selama ini menjadi raja crypto, mulai kehilangan dominasinya. Altcoin, mata uang crypto selain Bitcoin, mulai menunjukkan taringnya dan siap menantang supremasi Bitcoin.

Bitcoin Masih Mendominasi, Tapi Altcoin Siap Menyalip

Saat ini, Bitcoin masih mendominasi pasar crypto dengan pangsa pasar sekitar 52%. Namun, data on-chain dan teknis menunjukkan bahwa musim altcoin sudah dekat.

Baca Juga: MetaMask dan Blockaid Bersatu: Langkah Besar Menuju Keamanan Crypto yang Lebih Baik!

Altcoin telah menunjukkan kinerja yang luar biasa selama 12 bulan terakhir, membukukan keuntungan dua dan tiga digit, dengan beberapa bahkan mengungguli Bitcoin.

Indikator Altcoin Season Mulai Menguat

5 crypto naik hari ini 20 Agustus 2023
Sumber: News BTC

Salah satu indikator yang menunjukkan bahwa musim altcoin sudah dekat adalah Altseason Indicator dari Glassnode. Indikator ini menunjukkan momentum positif sejak Oktober tahun lalu dan berubah positif pada tanggal 4 Februari setelah sempat jeda selama aksi jual yang dipicu oleh persetujuan Bitcoin ETF pada bulan Januari.

Altcoin Season Belum Resmi Dimulai

Meskipun ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa musim altcoin sudah dekat, namun masih terlalu dini untuk memastikannya. Indikator Altseason Glassnode menunjukkan peningkatan momentum yang positif pada pasar altcoin, namun masih relatif terkonsentrasi pada aset dengan kapitalisasi pasar yang lebih tinggi.

Bitcoin Dominance: Indikator Penting bagi Investor Crypto

Bitcoin dominance adalah salah satu indikator terpenting bagi investor crypto. Peningkatan dominasi Bitcoin cenderung bertepatan dengan periode ‚Äėrisk off‚Äô, sementara penurunan dominasi Bitcoin cenderung bertepatan dengan musim altcoin.

Dengan memahami Bitcoin dominance, investor dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang alokasi portofolio dan memahami dinamika pasar crypto secara lebih luas.

Pergeseran Dominasi Bitcoin dan Altcoin

Dalam beberapa tahun terakhir, dominasi Bitcoin telah berfluktuasi, memengaruhi sentimen pasar secara keseluruhan dan kinerja altcoin. Saat ini, altcoin menunjukkan kekuatan yang meningkat dibandingkan dengan Bitcoin, mengindikasikan potensi perubahan dalam dinamika pasar.

Peluang Investasi di Musim Altcoin

Musim altcoin menawarkan peluang investasi yang menarik bagi investor crypto. Dengan memantau indikator seperti Bitcoin dominance dan Altseason Indicator Glassnode, investor dapat mengidentifikasi potensi pergeseran pasar dan menangkap peluang investasi yang menguntungkan.

Kesimpulan

Pasar crypto sedang mengalami pergeseran paradigma. Bitcoin masih mendominasi, tetapi altcoin mulai menunjukkan kekuatannya dan siap menantang supremasi Bitcoin. Investor crypto harus memantau perkembangan pasar dengan cermat untuk menangkap peluang investasi yang menguntungkan di musim altcoin yang akan datang.

Baca Juga: RUU AML Crypto Senator Elizabeth Warren Dikecam, Industri Crypto dalam Bahaya

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->