Web3 Kehilangan Lebih dari $200 Juta Akibat Peretasan di Awal Tahun 2024, Apa yang Terjadi?

Updated
March 1, 2024
Gambar Web3 Kehilangan Lebih dari $200 Juta Akibat Peretasan di Awal Tahun 2024, Apa yang Terjadi?

Dunia Web3 kembali dikejutkan dengan maraknya aksi peretasan yang mengakibatkan kerugian besar. Menurut laporan terbaru dari Immunefi, platform keamanan siber blockchain yang melindungi aset senilai lebih dari $60 miliar, Web3 telah kehilangan lebih dari $200 juta akibat peretasan dan penipuan hanya dalam dua bulan pertama tahun 2024.

Kerugian Terus Meningkat Dibanding Tahun Sebelumnya

Laporan Immunefi mengungkapkan bahwa pada periode Januari hingga Februari 2024, total kerugian akibat peretasan dan penipuan di Web3 mencapai $200.478.412. Jumlah ini meningkat sebesar 15,4% dibandingkan periode yang sama tahun 2023, di mana kerugian tercatat sebesar $173.693.675.

Jonah Michaels, Comms Lead di Immunefi, menyatakan bahwa tahun ini timnya mengamati ‚Äúvolume kerugian yang mengkhawatirkan‚ÄĚ akibat kompromi kunci pribadi dan dompet, yang mewakili hampir 30% dari total kerugian tahun berjalan.

Baca Juga: Chappyz dan Narasi Menyesatkan AI-Blockchain: Membedah Fakta dan Fiksi

‚ÄúKami memperkirakan bahwa tahun 2024 kemungkinan akan menjadi tahun dengan kerugian terbesar dalam sejarah Web3 dalam hal volume dana. Kami telah melihat peningkatan kerugian lebih dari 15% tahun berjalan dibandingkan dengan tahun 2023, seperti yang diantisipasi,‚ÄĚ ujar Michaels.

Penurunan Sementara di Bulan Februari

Penurunan Sementara di Bulan Februari
Immunefi

Meskipun kerugian secara keseluruhan meningkat, namun pada bulan Februari 2024, biaya peretasan dan penipuan di Web3 mengalami penurunan sebesar 2x lipat dibandingkan bulan Januari. Pada bulan Februari, kerugian tercatat sebesar $67.065.795 dari 12 insiden tertentu. Michaels menjelaskan bahwa pada bulan Februari tahun ini, terjadi sedikit penurunan jumlah insiden tunggal dibandingkan dengan bulan Januari, yaitu dari 20 menjadi 12 insiden.

Selain itu, dibandingkan dengan tahun 2023, bulan Februari juga mencatat jumlah insiden terendah secara keseluruhan sejauh ini. “Secara umum, kami mengamati rata-rata 26 insiden utama per bulan, berdasarkan data kami untuk tahun 2023.

Meskipun terjadi penurunan insiden ini, Februari masih mengalami volume kerugian yang cukup besar, dengan eksploitasi terkenal yang mengakibatkan kerugian hingga $32 juta akibat peretasan,‚ÄĚ jelas Michaels.

DeFi Kembali Menjadi Sasaran Utama

Pada bulan Februari, sektor keuangan terdesentralisasi

(DEFI)
kembali menjadi target utama eksploitasi dalam hal dana yang hilang, dibandingkan dengan keuangan terpusat (CeFi). DeFi mengalami kerugian total sebesar $67.065.795 dari 12 insiden. Jumlah tersebut terutama berasal dari serangan terkenal terhadap PlayDapp, FixedFloat, dan Duelbits.

Immunefi melaporkan bahwa, ‚ÄúSebaliknya, CeFi tidak mengalami satu pun eksploitasi besar.‚ÄĚ Sementara itu, jaringan yang paling banyak menjadi sasaran pada periode yang sama adalah Ethereum, BNB Chain, dan Bitcoin.

Di antara ketiganya, Ethereum mengalami serangan individu terbanyak, dengan 12 insiden. Ini mewakili 85,71% dari total kerugian di seluruh jaringan yang menjadi sasaran. Bitcoin dan BNB Chain masing-masing mengalami satu insiden, mewakili 7,14%.

Penutup

Serangan peretasan dan eksploitasi telah menjadi perhatian yang berkembang di industri crypto, terutama untuk aplikasi DeFi. Total kerugian akibat peretasan dan penipuan crypto pada tahun 2023 mencapai $1,8 miliar, di mana 17% di antaranya dapat dikaitkan dengan Lazarus Group Korea Utara, menurut laporan Immunefi pada tanggal 28 Desember.

Immunefi menawarkan lebih dari $157 juta dalam hadiah bounty yang tersedia. Sejauh ini, Immunefi telah membayar lebih dari $90 juta dalam total bounty, sambil menyelamatkan lebih dari $25 miliar dana pengguna.

Baca Juga: 5 Top Token Ekosistem MultiversX 2024: MultiversX, xMoney, Crust Network, Cantina Royale, Wrapped EGLD

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->