Grayscale GBTC: Bitcoin Berdarah 33% Pasca Konversi ETF

Updated
March 6, 2024
Gambar Grayscale GBTC: Bitcoin Berdarah 33% Pasca Konversi ETF

Grayscale, pengelola aset crypto terbesar di dunia, telah kehilangan hampir 33% kepemilikan Bitcoin-nya di Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) sejak dikonversi menjadi exchange-traded fund (ETF) pada pertengahan Januari.

Konversi GBTC ke ETF

Pada tanggal 4 Maret, GBTC mengalami arus keluar hari ke-36 berturut-turut, dengan 5.450 Bitcoin

(BTC)
senilai sekitar $368 juta meninggalkan trust, sehingga total arus keluar sejak konversi menjadi $9,26 miliar, menurut BitMEX Research. Sebelum mengonversi dananya menjadi ETF, Grayscale memegang sekitar 620.000 BTC, menurut Coinglass.

Baca Juga: Bitcoin Catat All Time High Baru! Harga BTC Terbang Tinggi Melewati $69.000!

Peluncuran spot Bitcoin ETF Grayscale memungkinkan investor untuk menebus saham mereka dengan Bitcoin. Hal ini juga tidak membantu bahwa GBTC memiliki biaya yang lebih tinggi daripada ETF lainnya, seperti BlackRock’s iShares Bitcoin Trust (IBIT) dan Fidelity’s Wise Origin Bitcoin Fund. GBTC sekarang memegang 420.682 BTC senilai sekitar $28,8 miliar pada harga saat ini, menurut situs web dan portofolionya.

Analisis Arus Keluar GBTC

Analisis Arus Keluar GBTC
Coinglass

Pengamat pasar terus berspekulasi kapan GBTC akan melihat akhir dari “pendarahan Bitcoin” ini. Arus keluar GBTC melambat pada akhir Januari dan Februari, yang menyebabkan beberapa analis menyarankan bahwa arus keluar tersebut akan segera berakhir.

Namun, pada pertengahan Februari, pengadilan kebangkrutan mengizinkan pemberi pinjaman crypto Genesis untuk melikuidasi sekitar $1,3 miliar saham GBTC sebagai bagian dari upaya untuk mengganti kerugian investor.

Analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas, sebelumnya berspekulasi bahwa pendarahan akan berhenti setelah GBTC kehilangan 25% dari sahamnya yang beredar. Namun, jajak pendapat yang dipilih sendiri di X menunjukkan sebagian besar responden berspekulasi itu akan terjadi pada kisaran 35-50%.

Kinerja ETF Bitcoin Lainnya

X/@EricBalchunas

Sementara itu, sembilan ETF Bitcoin spot lainnya terus melampaui ekspektasi di tengah reli Bitcoin yang berkelanjutan. Data menunjukkan bahwa 4 Maret adalah hari volume terbesar kedua untuk 10 ETF Bitcoin spot dengan sekitar $5,5 miliar, dikonfirmasi Balchunas. IBIT BlackRock memiliki volume harian sekitar $2,4 miliar, dan angka aset yang dikelolanya kini telah melampaui $11 miliar.

Masing-masing ETF baru juga naik lebih dari 30% dalam volume dalam enam hari, “yang mungkin akan membantu menjaga bola arus tetap bergulir,” tambah Balchunas. 4 Maret juga merupakan hari rekor untuk arus masuk Fidelity Investment, dengan $404,6 juta, menurut data awal dari Farside Investors. “Fidelity telah mengimbangi arus keluar GBTC sendiri,” katanya. ETF Bitwise Bitcoin juga mengalami hari yang solid dengan arus masuk $91 juta, tertinggi sejak 15 Februari.

Penutup

Konversi GBTC Grayscale menjadi ETF telah mengubah lanskap produk investasi Bitcoin, menawarkan lebih banyak fleksibilitas kepada investor tetapi juga menghadirkan tantangan terkait arus keluar dana.

Namun, pasar yang lebih luas untuk ETF Bitcoin tetap kuat, dengan beberapa dana menunjukkan kinerja yang kuat dan menarik minat investor yang signifikan. Gambaran campuran ini menyoroti sifat investasi mata uang crypto yang terus berkembang dan preferensi investor yang berbeda di berbagai produk.

Baca Juga: Bitcoin: Siap Menembus ATH Baru?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->