Ambil Langkah Berani, Jito Labs Umumkan Penutupan Fungsi ‘Mempool’

Updated
March 10, 2024
Gambar Ambil Langkah Berani, Jito Labs Umumkan Penutupan Fungsi ‘Mempool’

Dalam langkah yang mengejutkan dan berani, Jito Labs, pengembang klien alternatif populer Solana, telah mengumumkan penutupan fungsi mempool mereka.

Keputusan tersebut datang sebagai respons terhadap serangkaian serangan front-running yang merugikan, dikenal sebagai “serangan sandwich”, yang telah meresahkan para trader crypto di ekosistem Solana.

Langkah ini diharapkan akan membawa perubahan signifikan dalam cara transaksi dilakukan di jaringan, menjanjikan masa depan yang lebih aman dan stabil bagi penggunanya.

Akhir dari Mempool: Langkah Strategis Jito Labs

jito labs solana
Sumber: CoinDesk

Jito Labs, dalam upaya untuk mengatasi masalah serangan sandwich yang merugikan, telah mengambil keputusan drastis untuk menutup fungsi mempool pada klien Solana mereka.

Baca juga: APhone: Aplikasi Ponsel Pintar Berbasis Cloud yang Hadir di Solana

Mempool, yang merupakan tempat transaksi menunggu sebelum ditambahkan ke blockchain, telah menjadi medan perang bagi trader yang memanfaatkan celah untuk melakukan front-running terhadap transaksi pengguna lain.

Keputusan tersebut diambil setelah pertarungan enam minggu antara pengelola Jito dan trader cerdik yang terus mengeksploitasi mempool untuk keuntungan pribadi.

Penutupan mempool Jito diharapkan akan mengakhiri praktik merugikan ini, memberikan lingkungan yang lebih adil dan transparan bagi semua pengguna Solana. Meskipun mempool telah menjadi bagian penting dari tumpukan teknologi Jito, keberadaannya memungkinkan serangan sandwich yang merugikan, yang pada akhirnya merugikan banyak pengguna ritel karena biaya rendah Solana.

Dampak pada Ekosistem Solana dan Pengguna

Penutupan mempool oleh Jito Labs akan memiliki dampak signifikan pada ekosistem Solana, terutama dalam hal keamanan transaksi dan pengalaman pengguna.

Dengan menghilangkan kemungkinan serangan sandwich, Jito Labs berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan stabil untuk transaksi. Ini merupakan langkah penting dalam memperkuat kepercayaan pengguna dan meningkatkan integritas keseluruhan jaringan Solana.

Selain itu, Jito Labs telah berkomitmen untuk terus memberikan aliran pendapatan tambahan bagi validator dan staker, serta membuat Solana menjadi lingkungan eksekusi terbaik bagi semua pengguna.

Meskipun keputusan untuk menutup mempool mungkin sulit, langkah ini dianggap perlu untuk menjaga keberlanjutan dan kesuksesan jangka panjang ekosistem Solana.

Baca juga: Top 5 Solana Ecosystem Token di 2024

Komitmen Jito Labs terhadap Inovasi dan Keamanan

Jito Labs, melalui tindakan mereka, menegaskan kembali komitmen mereka terhadap inovasi dan keamanan dalam ekosistem Solana.

Dengan mengatasi masalah MEV negatif, termasuk serangan sandwich, Jito Labs menunjukkan dedikasi mereka untuk menciptakan lingkungan yang lebih aman dan adil bagi pengguna. Langkah ini juga mencerminkan upaya berkelanjutan Jito Labs dalam meminimalkan dampak MEV negatif, termasuk bekerja sama dengan protokol lain untuk memberi saran kepada aplikasi tentang UI yang lebih baik, pemberitahuan kebocoran MEV, dan mekanisme penetapan harga yang lebih akurat.

Secara keseluruhan, keputusan untuk menutup mempool, meskipun sulit, merupakan langkah penting dalam perjalanan Jito Labs untuk memastikan bahwa Solana tetap menjadi salah satu jaringan terdepan untuk keuangan terdesentralisasi

(DEFI)
dan memberikan pengalaman pengguna yang optimal.

Dengan fokus pada keamanan, stabilitas, dan inovasi, Jito Labs terus memimpin dalam mengembangkan solusi yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan ekosistem Solana.

Metadeskripsi: Jito Labs mengambil langkah berani dengan menutup fungsi mempool untuk mengakhiri serangan sandwich, menjanjikan masa depan yang lebih aman bagi ekosistem Solana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Linktr

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->