Hong Kong Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot, Berpotensi Kalahkan Amerika Serikat!

Updated
March 12, 2024
Gambar Hong Kong Siap Luncurkan ETF Ethereum Spot, Berpotensi Kalahkan Amerika Serikat!

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan industri keuangan global, Hong Kong bersiap untuk meluncurkan Exchange-Traded Fund (ETF) Ethereum berbasis spot, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya di Amerika Serikat.

Inisiatif ini menandai babak baru dalam adopsi crypto di pasar keuangan mainstream, dengan 10 lembaga keuangan terkemuka mengumumkan rencana untuk ETF Bitcoin mereka sendiri.

Persetujuan Cepat untuk Spot ETF, Terutama ETF Ethereum Spot

Permohonan spot Bitcoin ETF saat ini sedang dalam proses, dengan 10 lembaga keuangan termasuk Harvest Finance berencana untuk meluncurkan spot Bitcoin ETF di Hong Kong. Industri menyerukan tindakan cepat dalam menyetujui spot ETF, terutama spot Ethereum ETF, seperti yang dilaporkan oleh media lokal pada 11 Maret 2024.

Baca juga: Grayscale dan Coinbase Lakukan Pertemuan Penting dengan SEC Terkait ETF Ethreum Spot!

Setelah Amerika Serikat menyetujui 11 spot Bitcoin ETF, adopsi Bitcoin dan kripto semakin cepat. Arus masuk bersih telah melampaui $9,5 miliar dan total aset yang dikelola (AUM) melebihi $55 miliar.

Dengan meningkatnya adopsi di Hong Kong di tengah dukungan peraturan, rencana untuk meluncurkan spot Ethereum ETF dari AS sedang dalam persiapan intensif. SEC AS baru-baru ini menunda aplikasi spot Ether ETF dari BlackRock dan Fidelity, dengan para ahli pasar mengantisipasi persetujuan pada akhir Mei.

Hong Kong berupaya untuk memimpin di tengah meningkatnya ketidakpastian seputar Ethereum ETF di AS. Para ahli mengatakan spot ETF Hong Kong, derivatif, dan produk perdagangan lainnya dapat diluncurkan sesegera mungkin.

‚ÄúPeluncuran spot ETF yang tertunda selama setengah tahun juga berarti bahwa perlu waktu setengah tahun lagi bagi modal AS untuk memasuki pasar. Pada saat itu, akan menghadapi biaya pembelian dan titik masuk yang lebih tinggi, dan harus menanggung risiko dikunci oleh modal AS,‚ÄĚ kata Weng Xiaoqi, COO HashKey Group.

Produk Bitcoin Mendorong Harga BTC Lebih Tinggi

btc all time high
Generated by AI

Didukung oleh permintaan dari spot Bitcoin ETF di AS dan Bitcoin ETP serta ETN di Eropa, harga Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa (ATH) baru di $70.000 minggu lalu.

Sementara itu, dua Bitcoin futures ETF di Hong Kong telah mencapai titik tertinggi baru di tengah reli pasar kripto. Southern Bitcoin ETF mencapai titik tertinggi 27,5 yuan minggu lalu, 2,5 kali lebih tinggi dari harga pencatatan; Samsung Bitcoin ETF mencapai titik tertinggi 26,8 yuan, 2,2 kali lebih tinggi dari harga pencatatan.

Saat penulisan, harga BTC diperdagangkan pada $68.754 setelah sedikit mundur karena aksi ambil untung. Sedangkan harga ETH diperdagangkan pada $3.854, juga menelusuri kembali setelah mencapai $4.000 minggu lalu.

Baca juga: HSBC Hong Kong Siap Terjun ke Dunia Aset Virtual!

Hong Kong Bersiap Menjadi Pemimpin Pasar Kripto Global

Institusi keuangan di Hong Kong bersiap untuk memanfaatkan permintaan yang berkembang akan produk investasi mata uang kripto. Meskipun Hong Kong membuka aplikasi untuk Bitcoin spot ETF pada bulan Desember tahun lalu, belum ada produk terkait yang beredar di pasaran, membuat investor Asia berisiko tertinggal dari rekan-rekan Amerika mereka.

Dalam upaya menjembatani kesenjangan ini, lembaga-lembaga yang berbasis di Hong Kong secara aktif bersiap untuk meluncurkan spot ETF untuk Ethereum. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keunggulan atas Amerika Serikat, memperkuat posisi Hong Kong di pasar kripto global, sesuai laporan dari outlet media lokal.

Arus masuk bersih kumulatif Bitcoin spot ETF di Amerika Serikat melampaui $2,24 miliar minggu lalu, mendorong harga Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa yang baru. Menurut data Coinglass, total aset yang dikelola Bitcoin ETF saat ini mencapai $55,34 miliar.

Tiga pemain teratas di ruang ini adalah GBTC, IBIT, dan FBTC, yang masing-masing mengelola $27,73 miliar, $12,97 miliar, dan $8,35 miliar. Angka-angka ini mewakili peningkatan lebih dari 40% dibandingkan dengan harga pertengahan Januari.

Di tengah lonjakan produk investasi terkait Bitcoin, perhatian pasar beralih ke perkembangan penawaran Bitcoin spot ETF Hong Kong. Weng Xiaoqi, CEO HashKey Exchange dan COO HashKey Group, menekankan perlunya investor Asia memiliki akses ke produk spot ETF lokal.

Weng mengatakan bahwa Hong Kong, sebagai pusat keuangan global yang mapan, memiliki potensi untuk menarik dana yang substansial setelah perdagangan spot ETF Bitcoin dibuka, menjadikannya pemain signifikan di pasar aset virtual Asia.

Meskipun rincian spesifik mengenai pencatatan batch pertama Bitcoin spot ETF di Hong Kong belum ditentukan dan diotorisasi oleh Securities and Futures Commission, diharapkan jumlah awal ETF yang tercatat di Hong Kong akan lebih sedikit dari 11 yang diotorisasi di Amerika Serikat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Block

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->