10 dApps Teratas yang Harus Kamu Ketahui di Tahun 2024

Updated
March 12, 2024
Gambar 10 dApps Teratas yang Harus Kamu Ketahui di Tahun 2024

Dunia aplikasi terdesentralisasi (dApps) sedang berkembang pesat, menawarkan berbagai layanan dan fitur inovatif yang mengubah cara kita berinteraksi secara digital. Dari keuangan terdesentralisasi

(DEFI)
hingga game berbasis blockchain, dApps memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna dan meningkatkan transparansi.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi 10 contoh dApps teratas di tahun 2024, menyoroti keunggulan unik mereka dan dampaknya terhadap lanskap digital.

Contoh dApps Teratas di Tahun 2024

1. PancakeSwap

prediksi harga pancakeswap
Sumber: Finbold

PancakeSwap adalah bursa terdesentralisasi (DEX) berbasis Binance Smart Chain (BSC) yang memungkinkan pengguna untuk menukar token BEP-20 dengan cepat dan mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Akun NFT di OpenSea: Panduan Lengkap untuk Pemula

DEX ini dikenal dengan biaya transaksinya yang rendah dan antarmuka yang ramah pengguna, menjadikannya pilihan populer di kalangan trader dan investor mata uang crypto.

2. Uniswap

uniswap investasi di ekubo

Uniswap adalah DEX berbasis Ethereum yang memungkinkan pengguna untuk menukar token ERC-20 secara langsung tanpa memerlukan perantara. DEX ini menggunakan model Automated Market Maker (AMM) yang memungkinkan siapa saja untuk menjadi penyedia likuiditas dan mendapatkan hadiah. Uniswap dikenal dengan likuiditasnya yang tinggi dan berbagai macam token yang tersedia.

3. OpenSea

integrasi opensea pro polygon
Sumber: NFT Plazas

OpenSea adalah pasar NFT (Non-Fungible Token) terbesar di dunia yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan aset digital unik. Platform ini mendukung berbagai macam NFT, termasuk seni digital, koleksi, item game, dan banyak lagi. OpenSea dikenal dengan komunitasnya yang besar dan beragam, serta kemudahan penggunaannya.

4. Aave

proposal komunitas aave
Sumber: The Block

Aave adalah protokol pinjaman terdesentralisasi yang memungkinkan pengguna untuk meminjam dan meminjamkan aset kripto dengan suku bunga yang kompetitif. Platform ini menggunakan model reserve pool yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan bunga atas aset kripto yang mereka simpan. Aave dikenal dengan fleksibilitasnya dan berbagai macam aset kripto yang didukung.

5. Compound

supply compound
Sumber: CryptoPotato

Compound adalah protokol pinjaman terdesentralisasi lainnya yang memungkinkan pengguna untuk meminjam dan meminjamkan aset crypto dengan suku bunga yang kompetitif. Platform ini menggunakan model algoritmik yang secara otomatis menyesuaikan suku bunga berdasarkan permintaan dan penawaran. Compound dikenal dengan stabilitasnya dan berbagai macam aset crypto yang didukung.

6. Upland

Upland adalah permainan metaverse berbasis EOS yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan properti virtual. Permainan ini menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan kepemilikan aset digital yang aman dan transparan. Upland dikenal dengan gameplay yang unik dan komunitasnya yang aktif.

7. 1Inch

1inch Network luncurkan hardware wallet

1Inch adalah agregator DEX yang memungkinkan pengguna untuk menemukan harga terbaik untuk perdagangan token ERC-20 di berbagai DEX. Platform ini menggunakan algoritma canggih untuk membandingkan harga dan secara otomatis mengarahkan perdagangan ke DEX dengan harga terbaik. 1 Inch dikenal dengan efisiensinya dan kemudahan penggunaannya.

8. Splinterlands

Splinterlands adalah permainan kartu koleksi berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan, memperdagangkan, dan bertarung dengan kartu digital. Permainan ini menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan kepemilikan aset digital yang aman dan transparan. Splinterlands dikenal dengan gameplay yang adiktif dan komunitasnya yang besar.

9. NBA Top Shot

NBA Top Shot adalah platform koleksi digital yang memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan momen-momen terbaik dari pertandingan NBA. Platform ini menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan kepemilikan aset digital yang aman dan transparan. NBA Top Shot dikenal dengan popularitasnya di kalangan penggemar NBA dan kolektor.

10. Socios.com

spiderman dan socios
Sumber: Decrypt

Socios.com adalah platform keterlibatan penggemar berbasis blockchain yang memungkinkan pengguna untuk membeli token klub olahraga favorit mereka dan berpartisipasi dalam keputusan klub.

Platform ini menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan transparansi dan keamanan dalam proses pengambilan keputusan. Socios.com dikenal dengan inovasinya dalam melibatkan penggemar dan meningkatkan pengalaman menonton olahraga.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dApps

  • Keamanan: dApps harus dibangun di atas platform blockchain yang aman dan terdesentralisasi untuk memastikan keamanan aset pengguna dan integritas data.
  • Desentralisasi: dApps harus beroperasi tanpa otoritas pusat untuk memastikan transparansi, ketahanan terhadap sensor, dan kontrol pengguna yang lebih besar.
  • Kegunaan: dApps harus memiliki antarmuka yang ramah pengguna dan mudah digunakan untuk menarik pengguna dari berbagai latar belakang teknis.
  • Interoperabilitas: dApps harus dapat berinteraksi dengan dApps lain dan platform blockchain yang berbeda untuk meningkatkan fungsionalitas dan adopsi.
  • Skalabilitas: dApps harus mampu menangani volume transaksi yang tinggi dan mendukung pertumbuhan pengguna tanpa mengorbankan kinerja atau keamanan.

Kelebihan dan Kekurangan dApps

Kelebihan dApps

  • Transparansi: dApps beroperasi pada blockchain yang merupakan buku besar publik yang dapat dilihat oleh siapa saja, memastikan transparansi penuh dalam transaksi dan operasi.
  • Ketahanan terhadap Sensor: dApps tidak dapat disensor atau diblokir oleh otoritas pusat, memberikan kebebasan berbicara dan ekspresi yang lebih besar.
  • Keamanan: dApps dibangun di atas teknologi blockchain yang dikenal dengan keamanannya, melindungi aset pengguna dari peretasan dan penipuan.
  • Desentralisasi: dApps tidak bergantung pada otoritas pusat, memberikan kontrol lebih besar kepada pengguna atas aset dan data mereka.
  • Efisiensi: dApps dapat menghilangkan perantara dan biaya transaksi yang tinggi, menghasilkan efisiensi yang lebih besar dalam berbagai operasi.

Kekurangan dApps

  • Skalabilitas: Beberapa dApps mungkin menghadapi tantangan skalabilitas, terutama ketika menangani volume transaksi yang tinggi, yang dapat memengaruhi kinerja dan pengalaman pengguna.
  • Kompleksitas: Teknologi blockchain dan dApps dapat bersifat kompleks untuk dipahami dan digunakan, terutama bagi pengguna yang tidak memiliki latar belakang teknis.
  • Regulasi: Regulasi dApps dan mata uang kripto masih berkembang, yang dapat menciptakan ketidakpastian dan risiko bagi pengguna dan pengembang.
  • Adopsi: Adopsi dApps masih terbatas dibandingkan dengan aplikasi tradisional, yang dapat memengaruhi likuiditas dan fungsionalitas beberapa dApps.

Perbandingan dApps vs Aplikasi Tradisional

AspekdAppsAplikasi Tradisional
DesentralisasiDioperasikan pada jaringan blockchain yang terdesentralisasiDikendalikan oleh otoritas pusat
TransparansiTransaksi dan operasi dapat dilihat oleh siapa saja di blockchainTransaksi dan operasi tidak sepenuhnya transparan
Ketahanan terhadap SensorTidak dapat disensor atau diblokir oleh otoritas pusatDapat disensor atau diblokir oleh otoritas pusat
KeamananDilindungi oleh teknologi blockchain yang amanDapat rentan terhadap peretasan dan penipuan
EfisiensiDapat menghilangkan perantara dan biaya transaksi yang tinggiSeringkali melibatkan perantara dan biaya transaksi yang tinggi

Penutup

Dalam mengeksplorasi contoh dApps teratas yang telah kita bahas, penting untuk mengakui bahwa dunia aplikasi terdesentralisasi terus berkembang dengan inovasi yang tidak terhenti. Seiring dengan pertumbuhan ekosistem ini, kebutuhan akan solusi penyimpanan yang aman dan efisien untuk aset digital menjadi semakin penting.

Pintu Web3 Wallet menawarkan dompet digital yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna Web3. Dengan fitur keamanan yang kuat dan antarmuka yang ramah pengguna, Pintu Web3 Wallet menjadi pilihan ideal untuk menyimpan aset digital sambil menjelajahi berbagai dApps.

Baca Juga: 8 Altcoin yang Berpotensi Bull Run 10x-100x Menjelang Halving 2024

Memilih dompet Web3 yang tepat seperti Pintu dapat meningkatkan pengalaman dalam menggunakan dApps, memastikan transaksi yang aman dan lancar di dunia digital yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->