Dalam Sentimen Bullish, Perusahaan Modal Ventura Berbondong-bondong Masuk ke Pasar Crypto!

Updated
March 24, 2024
Gambar Dalam Sentimen Bullish, Perusahaan Modal Ventura Berbondong-bondong Masuk ke Pasar Crypto!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dalam suasana pasar crypto yang semakin menggairahkan, para pemain besar di dunia venture capital (VC) mulai menunjukkan minat yang semakin dalam.

Tren bullish yang sedang berlangsung di pasar crypto telah memicu lonjakan harga berbagai mata uang digital, termasuk Bitcoin, yang pada gilirannya menarik perhatian lebih banyak firma VC untuk terjun ke dalam arena ini.

Mari kita kupas lebih dalam bagaimana gelombang baru ini mengubah landskap investasi crypto.

Firma VC Bergegas Masuk ke Pasar Crypto

saham microstrategy
Sumber: Unchained Crypto

Dengan adanya tren positif di pasar crypto, semakin banyak firma VC yang tertarik untuk berinvestasi di sektor ini.

Baca juga: MicroStrategy Beli 9.245 BTC, Kini Pegang 1% dari Total Bitcoin di Dunia!

Popularitas ETF Bitcoin dan permintaan yang meningkat dari berbagai pemain besar seperti Microstrategy milik Michael Saylor menandakan pergeseran fokus pasar ke arah aset digital.

Sebagai contoh, Hack VC, salah satu pemain kunci di bidang ini, sedang dalam proses penggalangan dana yang signifikan, setidaknya $100 juta, untuk dana baru yang ditujukan untuk investasi tahap awal di startup crypto.

Menurut Alex Pack, managing partner dari Hack VC, firma tersebut baru saja mengumpulkan dana sebesar $150 juta bulan lalu, dengan sebagian besar dana tersebut telah dialokasikan.

Ini menunjukkan bahwa minat terhadap VC yang berfokus pada crypto, atau yang dikenal sebagai ‚Äúcrypto-native‚ÄĚ, semakin meningkat, memanfaatkan kondisi pasar saat ini untuk meraih peluang.

Dinamika Pendanaan di Ruang Aset Digital

Meskipun saat ini antusiasme firma VC terhadap pasar crypto sedang tinggi, lanskap pendanaan startup crypto sebelumnya mengalami penurunan signifikan pada tahun 2023.

Investasi turun lebih dari dua pertiga menjadi $9,5 miliar secara global dibandingkan tahun sebelumnya.

Data dari Galaxy Digital menunjukkan bahwa firma VC di segmen crypto hanya mengumpulkan sekitar $6 miliar tahun lalu, jauh menurun dari lebih dari $37 miliar pada tahun 2022 dan $20 miliar pada tahun sebelumnya.

Penurunan ini menyoroti volatilitas yang melekat dalam ekosistem pendanaan crypto, yang dapat berfluktuasi dengan cepat karena berbagai dinamika pasar.

Selain itu, sentimen pasar juga terpengaruh oleh pandemi COVID-19 dan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve, yang meredam sentimen pasar crypto secara keseluruhan.

Baca juga: Bitcoin

Mendekati ‚ÄėZona Bahaya‚Äô Pre-Halving, CEO Crypto Tetap Optimis!

Kebangkitan Kembali Minat VC terhadap Crypto

Lonjakan terbaru dalam minat VC menandakan kepercayaan yang diperbarui terhadap potensi pasar crypto, didorong oleh momentum pasar terkini dan lanskap regulasi yang berkembang.

Seiring dengan terus mengalirnya investasi dari firma VC ke sektor ini, industri crypto dipersiapkan untuk pertumbuhan dan inovasi lebih lanjut dalam beberapa bulan mendatang.

Kebangkitan kembali minat ini tidak hanya menunjukkan pemulihan dari penurunan sebelumnya tetapi juga membuka jalan bagi munculnya peluang baru dan ekspansi ekosistem crypto yang lebih luas.

Dengan semakin banyaknya pemain besar yang terlibat, masa depan industri crypto tampak semakin cerah dan penuh dengan kemungkinan.

Secara keseluruhan, karena semakin banyaknya firma VC yang memasuki pasar crypto, gelombang baru investasi siap mengubah lanskap industri. Antusiasme ini tidak hanya menandakan pemulihan dari penurunan sebelumnya tetapi juga membuka peluang bagi inovasi dan pertumbuhan lebih lanjut.

Saat pasar crypto terus berkembang, kita dapat mengharapkan lebih banyak kolaborasi dan proyek inovatif yang akan muncul, membawa industri ini ke tingkat yang lebih tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->