Kebocoran Besar di Dunia Crypto: ParaSwap Berhasil Pulihkan Dana Pengguna!

Updated
March 26, 2024
Gambar Kebocoran Besar di Dunia Crypto: ParaSwap Berhasil Pulihkan Dana Pengguna!

Jakarta, Pintu News – Dunia crypto baru-baru ini dikejutkan dengan berita kebocoran kritis pada kontrak pintar AugustusV6 yang diluncurkan oleh agregator keuangan terdesentralisasi (DeFi), ParaSwap. Namun, dengan respons cepat dan bantuan dari para hacker bertopi putih, ParaSwap berhasil mengamankan dan mengembalikan aset pengguna yang terdampak. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kebocoran Kritis Teratasi

ParaSwap mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mengatasi kebocoran kritis pada kontrak pintar terbarunya, AugustusV6, yang ditemukan pekan lalu. Tim ParaSwap langsung bertindak cepat dengan mengembalikan semua aset ke dompet yang berhasil dipulihkan oleh para hacker bertopi putih dan juga mencabut izin untuk AugustusV6.

Meskipun demikian, masih ada 213 alamat yang belum mencabut izin mereka terhadap kontrak yang bermasalah tersebut. Mencabut izin kontrak pintar biasanya melibatkan penonaktifan atau penghentian fungsionalitasnya di blockchain dan mencegahnya mengakses dompet dan token pengguna.

Baca Juga: ParaSwap Gagalkan Upaya Peretasan pada Kerentanan Kontrak Augustus v6!

Upaya Pemulihan dan Pencegahan

upaya pemulihan data paraswap
Sumber: Akun X Paraswap

Dalam upaya pemulihan dan pencegahan lebih lanjut, ParaSwap telah mengambil langkah awal dengan mengirimkan laporan komprehensif kepada otoritas yang berwenang, memulai penyelidikan terhadap dana yang dicuri. ParaSwap bekerja sama erat dengan firma analitik dan keamanan blockchain, Chainalysis dan TRM Labs, untuk “secara aktif terlibat dalam mengidentifikasi alamat hacker dan melacak pergerakan dana.”

Tim menambahkan bahwa mereka telah menginisiasi kontak dengan alamat hacker yang teridentifikasi melalui pesan on-chain, mendesak pengembalian dana pengguna yang dicuri. Jika hacker tidak merespon hingga 27 Maret, ParaSwap akan menganggap dana tersebut diambil dengan niat melanggar hukum dan akan mengejar semua jalur hukum dan administratif untuk memulihkannya.

Baca Juga: Akun Twitter Trezor Diretas dan Promosikan Penipuan Kripto, Kok Bisa?

Langkah Cepat Menghindari Kerugian Besar

Kerugian yang dilaporkan relatif kecil, dengan temuan awal mengungkapkan bahwa para hacker hanya berhasil membawa kabur $24.000 sebelum kebocoran ditemukan. ParaSwap menemukan kebocoran pada kontrak pintar AugustusV6 yang baru diluncurkan pada 20 Maret, hanya beberapa hari setelah kontrak Augustus mulai beroperasi pada 18 Maret, dengan tujuan untuk meningkatkan pertukaran token dan mengurangi biaya transfer.

Setelah penemuan tersebut, platform tersebut menjeda antarmuka pemrograman aplikasi (API) dan mengamankan dana melalui hack bertopi putih. Langkah cepat ini berhasil menghindari kerugian yang lebih besar dan menunjukkan pentingnya respons cepat dan kolaborasi dalam komunitas crypto untuk mengatasi masalah keamanan.

Kesimpulan

Dalam dunia crypto yang penuh dengan ketidakpastian, kejadian ini menjadi pengingat akan pentingnya keamanan dan kesiapsiagaan. ParaSwap telah menunjukkan bagaimana kolaborasi dan tindakan cepat dapat meminimalisir dampak dari insiden keamanan dan memulihkan kepercayaan pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->