Analis: Potongan Suku Bunga The Fed Bisa Jadi Kunci Memahami Siklus Bitcoin!

Updated
March 30, 2024
Gambar Analis: Potongan Suku Bunga The Fed Bisa Jadi Kunci Memahami Siklus Bitcoin!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dalam dunia crypto yang penuh misteri, analis Benjamin Cowen dari Into The Cryptoverse mengajukan pertanyaan menarik: apakah siklus pasar Bitcoin saat ini normal atau ‚Äúleft-translated‚ÄĚ, di mana puncaknya terjadi lebih awal dari biasanya?

Dengan Bitcoin yang telah mencapai rekor tertinggi baru dan halving yang masih tiga minggu lagi, spekulasi tentang puncak siklus ini muncul lebih awal dari siklus sebelumnya yang terjadi setahun setelah halving.

Pengaruh Potongan Suku Bunga The Fed

Sumber: X

Jika pasar Bitcoin mengalami penarikan setelah potongan suku bunga The Fed, ini bisa membawa kembali ke jalur siklus sebelumnya, dengan potensi puncak pada tahun 2025.

Baca juga: Dana Segar Mengalir ke ETF Bitcoin, Investor Bersorak!

Namun, jika tidak ada koreksi atau konsolidasi yang signifikan, ini bisa mengindikasikan puncak ‚Äúleft-translated‚ÄĚ.

The Fed mempertahankan suku bunga tetap pada 5,5% dalam pertemuan terakhirnya pada 20 Maret, yang memicu volatilitas seketika. Pertemuan kebijakan dan keputusan suku bunga selanjutnya dijadwalkan pada Mei 2024, namun 95,8% pengamat berpikir akan tetap tidak berubah lagi.

Perbandingan Siklus

Cowen membandingkan aksi harga pada tahun 2013 dan 2021, dengan puncak yang terjadi pada April diikuti oleh puncak lain pada November. Pola serupa dalam siklus ini bisa menunjukkan siklus ‚Äúleft-translated‚ÄĚ.

Jika BTC mengalami koreksi setelah kedatangan potongan suku bunga yang berlangsung hingga kuartal keempat (berarti tidak ada fase mania baru di kuartal keempat), maka kita bisa mendapatkan puncak siklus standar di tahun pasca-halving.

Sementara itu, platform analitik on-chain Glassnode juga membuat beberapa perbandingan dengan siklus pasar sebelumnya.

Berdasarkan durasi dan jarak dari puncak April 2021, pasar berada di tempat yang hampir sama dengan Desember 2020, relatif terhadap siklus 2018-21, katanya.

Sumber: X

Baca juga: Bitcoin: Mungkinkah Mencapai $100.000 pada September 2024?

Cara Kerja Siklus Bitcoin

Akhirnya, siklus pasar bullish ini akan bergantung pada reaksi Bitcoin setelah kedatangan potongan suku bunga nanti tahun ini.

‚ÄúSaya menduga pasar akhirnya akan mendingin setelah April. Lalu musim panas ini debatnya akan seputar apakah pasar akan bangkit kembali di kuartal keempat atau jika kita harus menunggu hingga 2025 untuk gerakan lain.‚ÄĚ Komentar Cowen

Dengan potongan suku bunga The Fed yang mungkin menjadi kunci untuk memahami siklus Bitcoin, pasar crypto mungkin akan menyaksikan perubahan dinamika yang signifikan.

Apakah kita akan melihat puncak siklus yang lebih awal atau harus bersabar hingga 2025?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: VOI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->