Kabar Gembira, Kerugian Crypto Akibat Penipuan Menurun Drastis di Awal 2024!

Updated
April 1, 2024
Gambar Kabar Gembira, Kerugian Crypto Akibat Penipuan Menurun Drastis di Awal 2024!

Jakarta, Pintu News ‚ÄstDi awal tahun 2024, industri crypto menyaksikan penurunan signifikan dalam kerugian akibat hacking dan penipuan. Laporan terbaru dari Immunefi, sebuah firma keamanan blockchain, mengungkapkan bahwa terjadi penurunan sebesar 23% dibandingkan periode yang sama di tahun 2023. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Kerugian Signifikan

penurunan kerugian yang signifikan
Kerugian kripto akibat peretasan, penipuan, dan penipuan pada Q1 tahun 2024. Sumber: Immunefi

Menurut laporan dari Immunefi, total kerugian akibat insiden hacking dan penipuan di kuartal pertama tahun 2024 mencapai sekitar $336,3 juta, turun dari $437,5 juta di kuartal yang sama tahun 2023. Ini menandakan kemajuan besar dalam upaya keamanan di industri crypto.

Penurunan ini mencerminkan efektivitas langkah-langkah keamanan yang diterapkan oleh berbagai platform crypto. Meskipun demikian, DeFi, dengan hampir $100 miliar nilai total yang terkunci dalam protokol Web3, tetap menjadi target utama bagi para peretas.

Baca Juga: Terungkap! Penurunan Drastis Kerugian Akibat Peretasan Crypto di Tahun 2023

Serangan Terbesar dan Pemulihan Dana

Dua serangan terbesar di kuartal pertama tahun 2024 menyumbang sebagian besar kerugian, dengan total $144,5 juta, atau 43% dari jumlah total. Serangan terbesar, yang menargetkan protokol jembatan lintas rantai Orbit Bridge, mengakibatkan kerugian sebesar $81,7 juta.

Namun, ada kabar baik dalam hal pemulihan dana. Sebanyak $73,9 juta, atau 22% dari dana yang dicuri, berhasil dipulihkan dari tujuh eksploitasi di kuartal pertama. Ini menunjukkan bahwa upaya pemulihan dana menjadi semakin efektif, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan.

Baca Juga: Terungkap! Kerugian Akibat Peretasan atau Serangan di Crypto Menurun Tajam hingga 53%!

Target Utama dan Upaya Pemulihan

Ethereum dan BNB Chain menjadi sasaran utama para peretas, dengan Ethereum mengalami 33 insiden dan BNB Chain 14 insiden. Hal ini menunjukkan bahwa para peretas terus mencari celah keamanan dalam protokol crypto yang populer.

Meskipun terjadi penurunan dalam jumlah serangan, industri crypto masih menghadapi tantangan keamanan yang signifikan. Penting bagi pengguna dan platform crypto untuk terus meningkatkan langkah-langkah keamanan mereka untuk melindungi aset digital.

Kesimpulan

Penurunan kerugian akibat hacking dan penipuan di industri crypto di kuartal pertama tahun 2024 adalah kabar baik bagi semua pihak. Namun, masih penting untuk tetap waspada dan mengimplementasikan praktik keamanan terbaik untuk melindungi aset digital dari ancaman yang terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->