Kalahkan Starknet dan Optimism, TVL Base Kini Mencapai $4 Miliar Lebih!

Updated
April 9, 2024
Gambar Kalahkan Starknet dan Optimism, TVL Base Kini Mencapai $4 Miliar Lebih!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Dunia crypto baru saja dikejutkan dengan pencapaian luar biasa dari Base, blockchain layer-2 Ethereum yang didukung oleh Coinbase.

Dalam waktu singkat, Base berhasil melampaui $4 miliar dalam total nilai terkunci (TVL), bahkan mengungguli Ethereum dan Arbitrum dalam jumlah transaksi 30 hari.

Apa rahasia di balik kesuksesan fenomenal ini?

Peningkatan TVL yang Signifikan

Sumber: L2Beat

Dalam seminggu terakhir, menurut data L2Beat yang diperbarui pada tanggal 7 April, TVL Base melonjak lebih dari 13,2%, mencapai $4,15 miliar. Peningkatan ini termasuk $1,45 miliar nilai yang dijembatani dari Ethereum dan $2,7 miliar dalam aset yang diciptakan secara native.

Baca juga: Base Coinbase Tembus TVL $2 Miliar: Airdrop dan Meme Coin yang Mendominasi!

Kini, Base menempati posisi ketiga sebagai layer-2 Ethereum terbesar berdasarkan TVL, mengalahkan Blast dengan selisih $1,4 miliar. Pencapaian ini semakin mengesankan mengingat Base adalah satu-satunya layer-2 di lima besar berdasarkan TVL yang mencatatkan kenaikan dalam seminggu terakhir.

Sementara itu, pesaing seperti Starknet dan Optimism justru mengalami penurunan TVL.

Transaksi Melampaui Ethereum dan Arbitrum

Base tidak hanya unggul dalam hal TVL, tetapi juga dalam jumlah transaksi. Dalam 30 hari terakhir, Base mencatatkan 50,50 juta transaksi, melampaui jumlah transaksi Ethereum dan Arbitrum.

Rata-rata transaksi harian per detik (TPS) Base meningkat 29,7%, mencapai 35,19 TPS, lebih tinggi dari gabungan TPS Arbitrum dan Ethereum.

Kesuksesan ini didorong oleh aktivitas memecoin yang meningkat di Base, dengan kapitalisasi pasar token meme mencapai lebih dari $1,6 miliar.

Sumber: L2Beat

Namun, popularitas Base juga menarik perhatian penipu, dengan peningkatan 18 kali lipat dalam penipuan phishing yang berhasil, mengakibatkan kerugian $3,35 juta bulan lalu.

Baca juga: Base DEX Raih Volume Tertinggi $1 Miliar, Didominasi Uniswap

(UNI)
!

Masa Depan Cerah dengan Dukungan Ethereum

Meskipun menghadapi tantangan, masa depan Base tampak cerah, terutama dengan fokus Ethereum pada peningkatan pemrosesan data transaksi layer-2.

Pembaruan Dencun Ethereum pada 13 Maret, yang menurunkan biaya transaksi layer-2, dapat memberikan manfaat lebih lanjut bagi platform seperti Base.

Analis memperkirakan ekosistem skalabilitas Ethereum bisa mencapai kapitalisasi pasar $1 triliun pada tahun 2030, memberikan keuntungan lebih lanjut bagi solusi layer-2 seperti Base.

Dengan dukungan kuat dari Coinbase dan komunitas yang berkembang, Base berpotensi menjadi pemain kunci dalam ekosistem crypto global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coinbase

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->