Bitcoin Halving 2024: Apa yang Berbeda dari Halving 2020?

Updated
April 15, 2024
Gambar Bitcoin Halving 2024: Apa yang Berbeda dari Halving 2020?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Peristiwa halving Bitcoin keempat akan segera terjadi, dan para penambang bersiap dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan halving tahun 2020. Kali ini, mereka justru menjual kepemilikan BTC mereka. Hal ini berbeda dengan tren akumulasi yang terlihat pada halving sebelumnya. Mengapa demikian? Simak penjelasannya dalam artikel ini!

Halving 2024: Penambang Jual Bitcoin

history bitcoin halving
Sumber: Bitcoin News

Menjelang halving Bitcoin keempat, para penambang justru menjual kepemilikan BTC mereka. Hal ini berbeda dengan pola perilaku mereka pada halving 2020, di mana para penambang justru mengakumulasi BTC. Penjualan BTC oleh para penambang kali ini dilakukan untuk merealisasikan keuntungan dan memanfaatkan harga BTC yang tinggi untuk meningkatkan armada penambangan mereka.

Data dari perusahaan analitik blockchain CryptoQuant menunjukkan bahwa cadangan BTC para penambang telah menurun lebih dari $866 juta sejak 1 Januari 2024. Ini sangat kontras dengan halving 2020, di mana para penambang mengakumulasi sekitar $429 juta dalam empat bulan menjelang halving ketiga Bitcoin.

Baca Juga: Mengapa Tanggal Halving Bitcoin Terus Berubah? Inilah Alasannya!

Menjaga Daya Saing

Beberapa penambang Bitcoin memutuskan untuk menjual sebagian kepemilikan mereka tahun ini untuk meningkatkan armada mesin mereka agar ‚Äútetap kompetitif‚ÄĚ dan ‚Äúselangkah lebih maju‚ÄĚ saat hadiah blok dipotong. Hal ini diungkapkan oleh Colin Harper, Kepala Konten dan Riset di perusahaan penambangan Bitcoin Luxor, dalam percakapan dengan Unchained.

Sebagai contoh, perusahaan penambangan Marathon Digital Holdings mengumumkan pada 5 Maret 2024 bahwa mereka telah menjual 290 bitcoin pada bulan Februari, senilai sekitar $19,1 juta dengan harga saat ini.

Marathon ‚Äúmasih bermaksud untuk menjual sebagian dari kepemilikan bitcoinnya di masa mendatang untuk mendukung operasi bulanan,‚ÄĚ pernyataan persnya menyatakan. ‚ÄúUntuk mengantisipasi halving jaringan Bitcoin berikutnya, Perusahaan terus membangun likuiditas di neraca untuk memanfaatkan peluang strategis.‚ÄĚ

Baca Juga: Bitcoin Bersiap Pecahkan Rekor: 3 Alasan Mengapa $69.000 Bisa Terjadi Sebelum Halving!

Dampak pada Hashrate

Berdasarkan bagaimana BTC mencapai titik tertinggi sepanjang masa tahun ini sebelum kode Bitcoin mengeksekusi penurunan hadiah blok untuk penambang yang mengamankan dan memvalidasi jaringan, Harper memperkirakan bahwa perbedaan utama antara halving yang akan datang dan halving sebelumnya adalah jumlah hashrate yang akan offline setelah hadiah blok dipotong.

‚ÄúHarga Bitcoin yang mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebelum halving mengubah persamaan untuk hashrate yang akan offline,‚ÄĚ tambah Harper. Karena penambang menghasilkan lebih banyak pendapatan dalam nilai dolar dari apresiasi harga BTC yang mendorong melewati $69.000, mereka beroperasi pada margin keuntungan yang lebih tinggi dalam siklus ini, yang memberi mereka lebih banyak ruang untuk beroperasi ketika hadiah blok dipotong setengah.

Kesimpulan

Halving Bitcoin keempat akan menjadi peristiwa penting dalam sejarah mata uang kripto ini. Para penambang bersiap dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan halving sebelumnya, dan hal ini dapat berdampak pada harga BTC dan hashrate jaringan. Nantikan perkembangan selanjutnya dari halving Bitcoin 2024.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->