Finternet: Masa Depan Sistem Keuangan Global Berbasis Teknologi Buku Besar Terpadu

Updated
April 16, 2024
Gambar Finternet: Masa Depan Sistem Keuangan Global Berbasis Teknologi Buku Besar Terpadu

Jakarta, Pintu News ‚Äď Bank for International Settlements (BIS) baru-baru ini memperkenalkan konsep teknologi buku besar terpadu (unified ledger technology) sebagai kerangka kerja untuk meningkatkan transaksi keuangan.

Dalam sebuah makalah yang ditulis bersama oleh kepala BIS, Agustin Carstens, dijelaskan tentang ‚Äúsistem keuangan masa depan‚ÄĚ yang disebut Finternet, yang akan menggunakan buku besar terpadu sebagai medianya.

Finternet: Sistem Keuangan Masa Depan

Finternet adalah sistem keuangan masa depan yang diusulkan oleh BIS. Sistem ini akan menggunakan teknologi buku besar terpadu untuk mempercepat, meningkatkan kepatuhan, dan menjaga privasi dalam sistem keuangan.

Buku besar terpadu menyatukan berbagai pasar aset keuangan sebagai objek yang dapat dieksekusi pada platform umum yang dapat diprogram, menawarkan keuntungan dibandingkan transaksi digital pada platform lain.

Baca Juga: 3 Top DRC-20 2024: DOGI, UNIX, PEPE

Buku besar terpadu menggabungkan semua komponen yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi keuangan dalam satu tempat, berpotensi mengatasi masalah terkait standar teknis dan tata kelola serta menghilangkan sistem pengiriman pesan pihak ketiga.

BIS membayangkan beberapa buku besar terpadu yang berinteraksi di antara mereka sendiri dan dengan sistem keuangan di luar Finternet melalui aplikasi. Buku besar terpadu memerlukan tokenisasi aset, terutama uang, untuk transfer menggunakan smart contract. Proposal tersebut menciptakan peran pengelola tokenisasi yang akan memantau persyaratan peraturan.

Manfaat Teknologi Buku Besar Terpadu

Manfaat Teknologi Buku Besar Terpadu
Ledger Insights ‚Äď blockchain for enterprise

Teknologi buku besar terpadu menawarkan sejumlah manfaat bagi sistem keuangan, termasuk:

  • Kecepatan: Buku besar terpadu dapat memproses transaksi lebih cepat daripada sistem keuangan tradisional, yang dapat menghemat waktu dan uang bagi bisnis dan individu.
  • Kepatuhan: Buku besar terpadu dapat membantu bisnis dan individu mematuhi peraturan keuangan dengan melacak semua transaksi secara otomatis.
  • Privasi: Buku besar terpadu dapat melindungi privasi pengguna dengan mengenkripsi data transaksi.
  • Keamanan: Buku besar terpadu dapat mengamankan data transaksi dari peretasan dan pencurian.

Tantangan Implementasi Finternet

Meskipun Finternet menawarkan banyak manfaat, ada beberapa tantangan yang harus diatasi sebelum dapat diimplementasikan secara luas. Salah satu tantangan terbesar adalah koordinasi antara berbagai lembaga keuangan dan pemerintah. Tantangan lainnya termasuk pengembangan standar teknis yang kompatibel dan memastikan keamanan sistem.

Finternet: Masa Depan yang Menjanjikan

Terlepas dari tantangan yang ada, Finternet memiliki potensi untuk merevolusi sistem keuangan global. Sistem ini dapat membuat transaksi keuangan lebih cepat, lebih murah, dan lebih aman, serta meningkatkan aksesibilitas layanan keuangan bagi masyarakat yang kurang terlayani.

Baca Juga: Harga Bitcoin dan Altcoin dalam Fase Konsolidasi: BTC, TON, WIF Diprediksi Naik Saat BTC Halving?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembac
a.

Referensi

Topik
Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->