Uji Coba Jaringan Kewajiban Teratur oleh Asosiasi Perdagangan Inggris

Updated
April 17, 2024
Gambar Uji Coba Jaringan Kewajiban Teratur oleh Asosiasi Perdagangan Inggris

Jakarta, Pintu News – Asosiasi perdagangan perbankan dan keuangan yang berbasis di Inggris, UK Finance, telah mengumumkan dimulainya fase eksperimen yang berfokus pada Jaringan Kewajiban Teratur (RLN) Inggris. Sebelas organisasi anggota ikut serta dalam eksperimen ini.

Menyelami Eksperimen RLN Inggris

Eksperimen ini akan meneliti isu-isu teknis dan hukum serta manfaat bagi pelanggan dalam tiga kasus penggunaan. Pertama, akan mempertimbangkan pembayaran saat pengiriman untuk produk fisik dengan tujuan mengurangi penipuan daring.

Baca Juga: 3 Top DRC-20 2024: DOGI, UNIX, PEPE

Eksperimen ini juga akan melihat proses pembelian rumah untuk meningkatkan transparansi pelanggan guna mengurangi penipuan pemindahan hak milik — praktik menjual aset untuk menghindari pembayaran klaim oleh kreditor. Studi kasus terakhir akan menggunakan uang digital untuk penyelesaian obligasi digital.

Eksperimen ini akan selaras dengan Project Rosalind, sebuah upaya bersama Bank for International Settlements dan Bank of England yang berakhir pada bulan Juni. Proyek ini mempelajari penggunaan antarmuka pemrograman aplikasi (API) dalam interaksi bank dengan mata uang digital bank sentral (CBDC). Fungsionalitas RLN Inggris akan diperiksa dalam sandbox teknis.

Peserta Eksperimen dan Hasil yang Diharapkan

Hasil eksperimen diharapkan akan dipublikasikan pada musim panas ini. UK Finance merilis hasil eksperimen RLN fase penemuan pada bulan September.

Barclays, Citi, HSBC, Lloyds Banking Group, Mastercard, NatWest, Nationwide, Santander, Standard Chartered, Virgin Money, dan Visa adalah peserta dalam eksperimen ini.

RLN diperkenalkan pada bulan November 2022. RLN menempatkan aset dan kewajiban pada buku besar yang sama dan berfokus pada interoperabilitas antara bentuk uang yang diatur menggunakan blockchain. Kepala inovasi digital dan pasar Lloyds Banking Group, Peter Left, mengatakan dalam sebuah pernyataan:

RLN memiliki potensi untuk merevolusi cara kerja sistem keuangan, membuatnya lebih efisien, transparan, dan aman.

Upaya Serupa di Amerika Serikat

Pada bulan Juli, Pusat Inovasi Federal Reserve Bank of New York, layanan pesan global SWIFT, dan sembilan lembaga keuangan besar menyelesaikan sebuah proof-of-concept untuk bertukar dan menyelesaikan token simpanan bank komersial dan kewajiban bank sentral menggunakan simulasi CBDC Amerika Serikat.

Peserta termasuk Citi, HSBC, dan Mastercard, yang juga berpartisipasi dalam eksperimen RLN Inggris.

Penutup

Eksperimen RLN Inggris merupakan langkah maju yang signifikan dalam pengembangan mata uang digital dan sistem keuangan masa depan. Hasil eksperimen ini akan ditunggu dengan penuh harap oleh para pelaku industri keuangan dan teknologi.

Baca Juga: GameFi Bangkit Kembali, Siap Menggebrak Industri Gaming Crypto!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca
.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->