Bank Sentral Israel Luncurkan Sandbox CBDC, Ajak Bank dan Fintech Berinovasi

Updated
April 17, 2024
Gambar Bank Sentral Israel Luncurkan Sandbox CBDC, Ajak Bank dan Fintech Berinovasi

Jakarta, Pintu News ‚Äď Bank Sentral Israel berencana meluncurkan sandbox untuk memungkinkan para pelaku sektor swasta bereksperimen dengan mata uang digital bank sentral (CBDC). Wakil gubernur bank sentral, Andrew Abir, mengatakan bahwa pihaknya akan membangun sandbox berbasis Application Programming Interface (API).

Bank dan perusahaan fintech, antara lain, akan diundang untuk mengembangkan berbagai kasus penggunaan yang akan membantu merancang sistem shekel digital. Abir mengatakan pengumuman resmi proyek tersebut akan dilakukan dalam ‚Äúbeberapa minggu mendatang‚ÄĚ.

Bank Sentral Israel Dukung Persaingan dengan Bank Komersial

Abir justru menginginkan shekel digital untuk mengguncang bank-bank komersial. Ia berpendapat bahwa dampak CBDC terhadap bank komersial sering kali dianggap sebagai sumber kekhawatiran. Namun, Abir mengambil pandangan yang bertentangan dalam pidatonya yang diterbitkan di situs web bank sentral.

Baca Juga: Bitcoin: Analisis Menyeluruh tentang Prospek Harga BTC April 2024

Ia mengatakan, biarkan bank-bank berebut untuk bersaing. Upaya selama bertahun-tahun untuk meningkatkan persaingan di sektor perbankan Israel telah membuahkan hasil dalam berbagai cara, tetapi ‚Äúkita masih memiliki jalan panjang,‚ÄĚ kata Abir.

Shekel Digital Dinilai Untungkan Bank Sentral dan Masyarakat

cbdc shekel
Sumber: The Times of Israel

Pengenalan shekel digital juga akan menguntungkan Bank Israel, dengan membuat uang bank sentral lebih mudah tersedia, misalnya untuk digunakan dalam pembayaran digital, membalikkan tren penurunan penggunaan uang bank sentral yang disebabkan oleh terobosan teknologi di sektor swasta, kata Abir.

Hanya opsi untuk memegang shekel digital dapat mendorong bank untuk membayar bunga lebih tinggi, kata Abir. Dengan demikian, shekel digital akan memberi bank sentral mekanisme untuk mempengaruhi tingkat transmisi suku bunga bank sentral. Shekel digital dilaporkan mendapat dukungan kuat dari masyarakat Israel.

Bank Sentral Israel Luncurkan Sandbox CBDC

Bank Sentral Israel akan meluncurkan sandbox bagi para pelaku sektor swasta untuk bereksperimen dengan kemungkinan mata uang digital bank sentral (CBDC). Bank sentral tersebut sedang membangun sandbox berbasis Application Programming Interface (API), kata wakil gubernur Andrew Abir hari ini (16 April).

Bank sentral akan mengundang bank dan perusahaan fintech, antara lain, untuk mengembangkan kasus penggunaan yang akan membantu merancang sistem shekel digital. Abir mengatakan pengumuman resmi proyek tersebut akan dilakukan dalam ‚Äúbeberapa minggu mendatang‚ÄĚ.

Meta Description

Bank Sentral Israel berencana meluncurkan sandbox CBDC untuk mengundang bank dan perusahaan fintech bereksperimen dengan mata uang digital bank sentral. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan persaingan di sektor perbankan dan mendorong inovasi dalam pembayaran digital.

Baca Juga: 3 Top DRC-20 2024: DOGI, UNIX, PEPE

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->