Bitcoin Menguat, JPMorgan “Sebagian Reli Pasca Halving Mungkin Sudah Terjadi Lebih Awal”

Updated
April 18, 2024
Gambar Bitcoin Menguat, JPMorgan “Sebagian Reli Pasca Halving Mungkin Sudah Terjadi Lebih Awal”

Jakarta, Pintu NewsHarga Bitcoin

(BTC)
telah menunjukkan penguatan yang signifikan sepanjang tahun ini. Namun, analis JPMorgan memperingatkan bahwa sebagian dari reli yang biasanya terjadi setelah halving Bitcoin mungkin sudah terjadi lebih awal. Hal ini tercermin dari pelemahan saham-saham perusahaan penambangan Bitcoin menjelang halving yang akan terjadi pada 19-20 April mendatang.

Pelemahan Saham Perusahaan Penambangan Bitcoin

Menurut laporan riset JPMorgan, total kapitalisasi pasar dari 14 perusahaan penambangan Bitcoin yang terdaftar di bursa AS turun 28% atau sebesar $5,8 miliar, menjadi $14,2 miliar, dari 31 Maret hingga 15 April. Semua saham perusahaan tersebut berkinerja lebih buruk dibandingkan Bitcoin dan kehilangan setidaknya 20% dari nilainya.

Pelemahan saham-saham perusahaan penambangan Bitcoin ini terjadi meskipun harga Bitcoin sendiri telah menguat 43% (year-to-date) dan 130% dalam enam bulan terakhir. JPMorgan mencatat bahwa hal ini menunjukkan sebagian dari reli yang biasanya terjadi setelah halving Bitcoin telah terjadi lebih awal.

Halving Bitcoin dan Volatilitas Pasar

Halving Bitcoin adalah peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali di mana hadiah yang diterima oleh penambang Bitcoin dipotong setengah. Hal ini bertujuan untuk memperlambat laju pertumbuhan pasokan Bitcoin yang diperkirakan akan terjadi pada 19-20 April mendatang.

JPMorgan memperkirakan bahwa halving Bitcoin akan meningkatkan volatilitas dan volume perdagangan baik di pasar Bitcoin maupun saham-saham perusahaan penambangan Bitcoin.

“Dengan halving Bitcoin yang sudah di depan mata, kami memperkirakan peningkatan volatilitas dan volume perdagangan baik di Bitcoin maupun saham-saham perusahaan penambangan.”

Analis JPMorgan, Reginald Smith dan Charles Pearce

JPMorgan Ungkap Bullish Pada 2 Saham Ini

jpmorgan terhadap bitcoin

(investopedia.com)

Meskipun terjadi pelemahan saham-saham perusahaan penambangan Bitcoin, JPMorgan tetap bullish pada sektor ini. Bank tersebut merekomendasikan saham Riot Platforms (RIOT) dan Iris Energy (IREN) yang dinilai memiliki valuasi yang menarik.

JPMorgan mencatat bahwa profitabilitas penambangan Bitcoin lebih rendah dalam dua minggu pertama bulan April karena “pertumbuhan hashrate jaringan lebih cepat daripada apresiasi harga Bitcoin.”

Pelemahan saham-saham perusahaan penambangan Bitcoin menjelang halving menawarkan peluang investasi yang menarik bagi investor. Namun, investor perlu menyadari bahwa pasar Bitcoin dan saham-saham perusahaan penambangan Bitcoin dapat mengalami volatilitas yang tinggi setelah halving.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->