Market Sempat Flash Dump, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/4/24)?

Updated
April 19, 2024
Gambar Market Sempat Flash Dump, Mengapa Crypto Naik Hari Ini (19/4/24)?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Pada 19 April 2024, pasar crypto sempat mengalami penurunan tajam dalam waktu singkat atau flash dump, kemudian langsung naik dan membuat market hijau. Pemicu utama dari kenaikan ini adalah perilaku akumulasi yang agresif dari investor dan respons pasar terhadap data ekonomi baru. Artikel ini akan menjelaskan beberapa faktor yang berkontribusi pada pemulihan harga Bitcoin dan mata uang crypto lainnya hari ini!

Sentimen Pasar yang Berubah

sentimen pasar crypto
Sumber: Santiment

Menurut data dari Santiment, sentimen pasar crypto telah berubah menjadi bearish menyusul penurunan harga Bitcoin terbaru. Sebuah posting di platform sosial X menunjukkan bahwa komunitas crypto telah membuat komentar bearish yang konsisten terhadap Bitcoin dan token besar lainnya seperti Ethereum dan Solana. Ironisnya, sentimen bearish yang konsisten ini sering terlihat sebagai sinyal bahwa pasar mungkin telah mencapai dasar dan siap untuk rebound.

Analisis dari Santiment menunjukkan bahwa sejarah telah membuktikan ketika ekspektasi pasar masif bergerak ke satu arah, harga seringkali bergerak ke arah yang berlawanan. FOMO yang menurun dikombinasikan dengan peningkatan FUD, menunjukkan bahwa crypto mungkin akan segera pulih, baik tepat sebelum atau sesudah halving yang akan datang.

Baca juga: 5 Crypto Naik Hari Ini (19/4/24), Harga ONT Melonjak 34%

Aktivitas Akumulasi Bitcoin Meningkat

aktivitas akumulasi bitcoin
Sumber: CryptoQuant

Data dari CryptoQuant menunjukkan adanya pergerakan signifikan lebih dari 27.700 BTC, setara dengan sekitar $1,72 miliar pada 15 April, yang menunjukkan bahwa investor memiliki minat substansial dalam mengakumulasi Bitcoin mengantisipasi apresiasi harga di masa depan. Penurunan deposit Bitcoin di bursa sejak awal Maret, ketika harga Bitcoin menembus rekor tertinggi sebelumnya, menunjukkan kurangnya niat untuk menjual, yang umumnya merupakan tanda bullish.

Lebih lanjut, analisis dari CryptoQuant juga mengungkapkan bahwa jumlah transaksi deposit ke dompet bursa terus menurun, mencerminkan bahwa transfer Bitcoin ke bursa menurun dari 38.910 transaksi pada 5 Maret menjadi 21.866 pada 15 April.

Baca Juga: Robot Canggih Berbasis Blockchain Hadir di Dubai, Sajikan Kopi dan Beri Hadiah Kripto!

Likuidasi Posisi ‚ÄėShort‚Äô Bitcoin Meningkat

likuidasi crypto
Sumber: Coinglass

Sebuah pergerakan tajam di pasar futures Bitcoin tampaknya menjadi alasan lain untuk lompatan harga hari ini. Data dari Coinglass menunjukkan bahwa lebih dari $32,52 juta dalam posisi pendek Bitcoin telah dilikuidasi selama 24 jam terakhir, dengan total likuidasi di seluruh pasar crypto mencapai $174,9 juta.

Likuidasi posisi pendek biasanya terjadi ketika harga aset yang diperdagangkan tiba-tiba naik, menyebabkan trader yang bearish dan membuka posisi pendek mengalami kerugian karena pasar bergerak melawan mereka. Ini sering memicu pergerakan harga yang lebih tinggi karena posisi pendek dipaksa untuk ditutup.

Kesimpulan

Kenaikan harga crypto hari ini dipicu oleh kombinasi dari sentimen pasar yang bearish yang diinterpretasikan sebagai sinyal pembalikan, peningkatan aktivitas akumulasi oleh holder Bitcoin, dan peningkatan likuidasi posisi pendek di pasar futures. Faktor-faktor ini bersama-sama telah mendorong pemulihan harga crypto, menunjukkan dinamika pasar yang kompleks dan saling terkait.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->