Top 5 Proyek Ethereum Layer 2 di 2024

Updated
April 22, 2024
Gambar Top 5 Proyek Ethereum Layer 2 di 2024

Jakarta, Pintu News ‚Äď Di tengah pesatnya pertumbuhan dan popularitas Ethereum sebagai platform blockchain utama, solusi Layer-2 muncul sebagai jawaban inovatif untuk tantangan skalabilitas dan biaya gas yang tinggi.

Artikel ini akan menggali 5 proyek Ethereum Layer 2 teratas yang telah menunjukkan inovasi luar biasa, menawarkan wawasan tentang cara mereka mengubah interaksi pengguna dan pengembang dengan platform terdesentralisasi yang lebih efisien dan terjangkau.

Polygon (MATIC) ‚Äď Market Cap: $7,319 Miliar

polygon layer 2
Sumber: Token Metrics

Dengan kapitalisasi pasar yang mengesankan sebesar $7,319 miliar, Polygon (sebelumnya dikenal sebagai Matic Network) telah menempatkan dirinya sebagai pemimpin dalam kategori top 5 proyek Ethereum layer 2 di 2024.

Sebagai platform pertama yang terstruktur dengan baik dan mudah digunakan untuk skalabilitas dan pengembangan infrastruktur Ethereum, Polygon menonjol melalui penggunaan Polygon SDK. SDK ini adalah kerangka kerja yang modular dan fleksibel, mendukung pembangunan berbagai jenis aplikasi.

Pada awal Februari 2024, Polygon Labs telah mengumumkan peluncuran prover tipe 1, sebuah inovasi yang memungkinkan jaringan yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) untuk menjadi jaringan layer-2 yang ditenagai oleh zero-knowledge proof. Telusuri selengkapnya di sini.

Mantle (MNT) ‚Äď Market Cap: $3,983 Miliar

mantle network liquid staking
Sumber: Incrypted

Mantle

(MNT)
, dengan kapitalisasi pasar sebesar $3,983 miliar, menempati posisi ke-2 dalam daftar top 5 proyek Ethereum layer 2 di tahun 2024. Sebagai produk inti pertama dari Mantle Ecosystem, Mantle Network merupakan tumpukan teknologi Layer 2 yang dirancang untuk meningkatkan skalabilitas Ethereum.

Jaringan ini, yang bertujuan untuk kompatibilitas penuh dengan Ethereum Virtual Machine, menampilkan arsitektur modular yang memisahkan eksekusi transaksi, ketersediaan data, dan finalitas transaksi ke dalam modul-modul terpisah.

Baca juga: Terobosan Baru di Dunia Crypto: Mantle Luncurkan Protokol Staking Liquid di Ethereum!

Baru-baru ini, Mantle Network telah membuat gelombang besar di pasar dengan integrasi Proposal Perbaikan Ethereum (EIP)-1559. Pembaruan ini bertujuan untuk memperbaiki masalah gas fee yang tinggi dan transaksi lambat di Ethereum, dengan menjanjikan biaya transaksi yang lebih dapat diprediksi dan efisien.

Immutable (IMX) ‚Äď Market Cap: $3,336 Miliar

Harga Immutable X (IMX) Melesat 95,4% dalam 1 Bulan, Inikah Masa Kejayaan Token Berbasis ZK?
Sumber: NFT Mint Radar

Immutable

(IMX)
, dengan kapitalisasi pasar yang mencapai $3,336 miliar, berhasil menduduki posisi ketiga dalam kategori top 5 proyek Ethereum layer 2 di tahun 2024. Immutable memposisikan dirinya sebagai solusi skalabilitas layer 2 pertama untuk NFT di Ethereum.

Menurut Immutable, blockchain-nya mengeliminasi berbagai keterbatasan Ethereum, seperti skalabilitas rendah, pengalaman pengguna yang kurang memuaskan, likuiditas yang rendah, dan pengalaman pengembang yang lambat.

Pada awal April 2024, GAM3S.GG, platform berita dan onboarding gaming Web3 terkemuka, telah mengumumkan kemitraan strategis dengan Immutable, platform gaming Web3 yang inovatif.

Kemitraan di antara keduanya bertujuan untuk mengintegrasikan fungsionalitas kunci Immutable ke dalam platform GAM3S.GG, memperkenalkan jutaan pemain ke ekosistem Immutable.

Arbitrum (ARB) ‚Äď Market Cap: $3,238 Miliar

dana jumbo arbitrum
Sumber: Kraken

Arbitrum

(ARB)
, dengan kapitalisasi pasar sebesar $3,238 miliar, telah berhasil menduduki posisi keempat di antara top 5 proyek Ethereum layer 2 pada tahun 2024. Sebagai solusi skalabilitas layer 2 Ethereum, Arbitrum menggunakan teknologi optimistic rollups untuk mencapai peningkatan kecepatan, skalabilitas, dan efisiensi biaya pada jaringan Ethereum.

Baca juga: Top 5 Arbitrum Nova Ecosystem Token di 2024: USDC, DAI, ARB, OHM, MOON

Keunggulan Arbitrum tidak hanya terletak pada keamanan dan kompatibilitas yang ditawarkan oleh Ethereum, tetapi juga pada peningkatan throughput dan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan Ethereum asli.

Pada Maret 2024, Arbitrum telah meluncurkan upgrade Atlas yang sangat dinantikan. Upgrade ini tidak hanya menjanjikan pemotongan biaya transaksi yang signifikan tetapi juga meningkatkan skalabilitas dan efisiensi jaringan.

Optimism (OP) ‚Äď Market Cap: $2,697 Miliar

optimism crypto
Sumber: CryptoSlate

Optimism

(OP)
, dengan kapitalisasi pasar sebesar $2,697 miliar, menempati posisi kelima dalam daftar top 5 proyek Ethereum layer 2 di tahun 2024. Sebagai blockchain layer 2 yang beroperasi di atas Ethereum, Optimism memanfaatkan keamanan yang disediakan oleh mainnet Ethereum untuk meningkatkan skalabilitas ekosistem Ethereum melalui penggunaan optimistic rollups.

Metode tersebut memungkinkan transaksi untuk dicatat secara trustless pada Optimism, sementara keamanannya terjamin oleh Ethereum.

Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan kecepatan dan efisiensi transaksi, tetapi juga mempertahankan integritas dan keamanan yang tinggi, menjadikan Optimism sebagai pilihan penting bagi mereka yang mencari solusi skalabilitas yang efektif dan aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->