Runes Bitcoin Mencapai 68% dari Semua Transaksi, Kontroversi pun Mencuat!

Updated
April 26, 2024
Gambar Runes Bitcoin Mencapai 68% dari Semua Transaksi, Kontroversi pun Mencuat!

Jakarta, Pintu News – Di tengah kegairahan pasar crypto, standar token Runes muncul sebagai fenomena baru yang mendominasi hampir dua pertiga transaksi Bitcoin sejak diluncurkannya.

Kemunculan standar token ini bertepatan dengan peristiwa halving Bitcoin pada 20 April, membawa dampak yang signifikan terhadap jaringan Bitcoin.

Runes Mendominasi Transaksi Bitcoin

Runes, sebuah standar token baru pada blockchain Bitcoin, telah menghasilkan lebih dari dua pertiga transaksi di Bitcoin sejak diluncurkan setelah peristiwa halving jaringan pada tanggal 20 April 2024.

Baca juga: Runes: Solusi Baru dari Casey Rodarmor untuk Tantangan Standar Token BRC-20

Lebih dari 2,38 juta transaksi Runes telah diproses, terhitung 68% dari semua transaksi Bitcoin yang dilakukan sejak diluncurkan pada 20 April, menurut dasbor Dune Analytics yang dibagikan oleh firma riset blockchain Crypto Koryo.

Sumber: Dune Analytics – Crypto Koryo

Bitcoin peer-to-peer biasa transaksi, BRC-20, Ordinals, dan Runes termasuk dalam jumlah total transaksi.

Runes mengalami hari terbesarnya pada tanggal 23 April dengan lebih dari 750.000 transaksi, meskipun jumlah tersebut berkurang lebih dari setengahnya pada hari berikutnya, yaitu 312.000 transaksi

Sebagian besar permintaan awal di blok 840.000 berasal dari penggemar meme coin dan token yang tidak dapat dipertukarkan yang berlomba-lomba untuk menulis dan mengukir “satoshi langka” melalui protokol Runes.

Hasilnya, transaksi Runes berkontribusi hampir 70% dari biaya penambang pada hari kedua. Sejak saat itu, angka harian berfluktuasi antara 33% dan 69%.

Kontroversi Runes

Namun, para pakar industri juga terpecah mengenai apakah Runes akan memberikan aliran pendapatan yang berkelanjutan bagi para penambang Bitcoin, dan sudah ada kesenjangan antara jumlah transaksi Rune dan biaya penambang yang diperoleh dari Runes.

Protokol baru yang diluncurkan oleh penemu Ordinals, Casey Rodarmor, telah dipasarkan sebagai cara yang lebih efisien untuk membuat token baru di jaringan Bitcoin jika dibandingkan dengan standar token BRC-20, sebuah metode berbasis Ordinals untuk membuat token berbasis Bitcoin.

Baca juga: ETF Bitcoin Catat Arus Masuk $31 Juta, BlackRock & Ark 21Shares Memimpin Jalan!

Namun, tidak semua orang senang dengan jumlah ruang blok yang telah diambil oleh transaksi Rune dalam beberapa hari terakhir.

Sumber: X

Di antara para pengkritik tersebut adalah Nikita Zhavoronkov, seorang pengembang utama di mesin pencari blockchain Blockchair, yang percaya bahwa Bitcoin telah “benar-benar berhenti” menjadi sistem uang elektronik peer-to-peer – seperti yang dibayangkan oleh penciptanya yang menggunakan nama samaran, Satoshi Nakamoto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->