Lido Finance Capai 1 Juta Validator, Pacu Pertumbuhan DeFi!

Updated
April 30, 2024
Gambar Lido Finance Capai 1 Juta Validator, Pacu Pertumbuhan DeFi!

Jakarta, Pintu News – Lido Finance, protokol keuangan terdesentralisasi

(DEFI)
terbesar, telah mencapai satu juta validator Ethereum.

Lido Finance, protokol liquid staking terbesar di Ethereum, mengumumkan pencapaian tersebut dalam sebuah posting X pada tanggal 29 April.

Protokol Liquid Staking Lido Finance

Sumber: X

Pada sebuah postingan X pada 29 April 2024, Lido Finance mengungkapkan bahwa telah mencapai 1 juta validator.

Baca juga: Protokol Seamless Luncurkan Strategi Pinjaman Inovatif di Lido untuk Pemegang wstETH

Protokol liquid staking seperti Lido Finance membuat staking lebih mudah diakses oleh pengguna ritel dengan modal terbatas, yang seharusnya membutuhkan 32 Ether

(ETH)
untuk menjalankan node validator mereka sendiri di Ethereum.

Lido Finance menyumbang mayoritas (28,5%) dari Ether yang dipertaruhkan, sementara 13,6% dipertaruhkan melalui bursa Coinbase, menurut data Dune. Lebih dari 27% dari semua pasokan Ether saat ini sedang dipertaruhkan.

Sumber: Dune – Cointelegraph

Protokol liquid staking seperti Lido mengalami pertumbuhan yang cepat karena menawarkan manfaat likuiditas bagi pengguna. Pengguna yang mempertaruhkan Ether mereka dengan Lido menerima Lido Staked ETH (stETH) sebagai gantinya, yang dapat digunakan dalam protokol DeFi lainnya.

Dengan staking reguler, token Ether yang dipertaruhkan akan tetap terkunci dan tidak dapat digunakan selama periode staking.

Liquid Staking Memicu Kebangkitan DeFi

Total nilai terkunci (TVL) dalam protokol DeFi melonjak dari $36 miliar pada kuartal keempat tahun 2023 menjadi $97 miliar pada kuartal pertama tahun 2024. Total TVL DeFi saat ini berada di $92,32 miliar, menurut DefiLlama.

Pertumbuhan TVL DeFi, yang meningkat sebesar 65,6% kuartal-ke-kuartal, sebagian besar disebabkan oleh protokol liquid staking seperti Lido, menurut penyedia intelijen on-chain Messari:

“Peningkatan ini terutama didorong oleh apresiasi harga aset dan pembelian kembali likuiditas, yang dipimpin oleh pertumbuhan TVL Ethereum sebesar hampir 71%.”

Protokol liquid staking telah mengumpulkan lebih dari $47,7 miliar dalam TVL kumulatif, dengan Lido menyumbang lebih dari $29,9 miliar, diikuti oleh Rocket Pool di tempat kedua, dengan TVL $3,86 miliar, menurut DefiLlama.

Baca juga: Vitalik Buterin Ungkap Fakta Mengejutkan tentang Ethereum PoW!

Protokol liquid staking tetap menjadi kategori protokol terbesar di DeFi, dengan $47,6 miliar dalam TVL gabungan di 164 protokol. Pinjaman berada di posisi kedua, dengan TVL $30,7 miliar, diikuti oleh jembatan lintas rantai yang memegang $21,8 miliar dalam TVL gabungan.

Kekhawatiran tentang Dominasi Lido

Meski begitu, pendiri kripto terkemuka sebelumnya telah menyuarakan keprihatinan mereka tentang dominasi Lido yang semakin meningkat.

Salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, sebelumnya telah menyoroti potensi risiko sentralisasi dengan Lido, dalam sebuah posting blog dari September 2023.

Buterin menulis:

“Dengan pendekatan DAO, jika satu token staking seperti itu mendominasi, hal itu akan mengarah pada satu gadget tata kelola yang berpotensi diserang yang mengendalikan sebagian besar dari semua validator Ethereum. Untuk protokol seperti Lido, mereka telah menerapkan perlindungan terhadap hal ini, tetapi satu lapisan pertahanan mungkin tidak cukup.”

Secara keseluruhan, Lido Finance telah menjadi pemain utama dalam pertumbuhan DeFi, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mempertaruhkan Ether mereka dan mendapatkan hadiah.

Namun, kekhawatiran tentang sentralisasi Lido telah diangkat, dan penting untuk memantau perkembangan protokol dengan cermat untuk memastikan bahwa ia tetap terdesentralisasi dan aman.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Freepik

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->