Biaya Transaksi Bitcoin Anjlok Pasca Halving, Penambang Terancam Gulung Tikar

Updated
May 2, 2024
Gambar Biaya Transaksi Bitcoin Anjlok Pasca Halving, Penambang Terancam Gulung Tikar

Jakarta, Pintu News – Pasca peristiwa halving Bitcoin pada 19 April lalu, biaya transaksi Bitcoin mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini berdampak pada pendapatan penambang Bitcoin yang sebagian besar berasal dari biaya transaksi. Menurut laporan dari CryptoQuant, biaya transaksi saat ini hanya menyumbang 35% dari total pendapatan penambang, turun drastis dari 75% pada hari halving.

Biaya Transaksi Melonjak Saat Halving

Halving Bitcoin keempat yang terjadi pada hari Jumat lalu, memangkas hadiah blok penambang hingga setengahnya menjadi 3,125 bitcoin

(BTC)
, sehingga penerbitan harian turun dari rata-rata 900 BTC menjadi 450 BTC.

Pada hari halving, pendapatan harian penambang melonjak hingga $100 juta, yang sebagian besar berasal dari lonjakan biaya transaksi. Biaya harian di jaringan Bitcoin melonjak hingga 1.258 BTC ($80 juta), level yang belum pernah terlihat sebelumnya, dan mewakili 75% dari total pendapatan hari itu.

Baca Juga: Galxe (GAL) Crypto: Mata Uang Digital Baru yang Mengejutkan Dunia Keuangan!

Salah satu pendorong utama tingginya biaya transaksi adalah protokol Runes, yang mendorong aktivitas jaringan setelah diluncurkan pada blok halving Bitcoin. Runes memungkinkan penerbitan dan transfer token yang dapat dipertukarkan melalui penyimpanan data dalam kode OP RETURN. Penggunaan kode pada hari halving mencapai rekor tertinggi 512.000 karena pengguna berbondong-bondong ke Protokol Runes.

Biaya Transaksi Anjlok Drastis

Biaya Transaksi Anjlok Drastis

Dalam waktu kurang dari 24 jam setelah halving, biaya transaksi kembali ke level yang lebih rendah dan tetap di sana. Biaya saat ini merupakan 35% dari total pendapatan penambangan Bitcoin, sementara pendapatan penambang sekarang berkisar sekitar $50 juta, turun 35% dari rekor tertinggi sebelum halving sekitar $78 juta.

Menurut data YCharts, biaya transaksi Bitcoin telah turun dari $80 juta pada 20 April menjadi $6 juta. Selama seminggu terakhir, biaya tersebut telah berkisar sekitar rata-rata $16 juta, dengan angka terendah terlihat pada 26 April.

Biaya transaksi yang lebih tinggi dan harga BTC yang meningkat akan membantu penambang tetap bertahan hidup karena hadiah blok mereka telah dipotong setengahnya. Dengan biaya yang anjlok setiap hari dan BTC berjuang untuk bergerak melewati $64.000, beberapa penambang mungkin akan segera terpaksa berhenti.

Dampak Jangka Panjang Halving pada Hashrate Jaringan Bitcoin

Meskipun demikian, CryptoQuant mengatakan masih terlalu dini untuk melihat dampak jangka panjang dari halving pada hashrate jaringan karena penambang tampaknya menjalankan operasi mereka pada tingkat yang sama sebelum halving. Hashrate jaringan Bitcoin berada di 617 EH/s, sementara hashprice-nya sekarang berada di $0,07 per TH/s, terendah sejak Oktober.

Penutup

Penurunan biaya transaksi Bitcoin pasca halving menjadi pukulan telak bagi para penambang. Pendapatan mereka yang sebagian besar berasal dari biaya transaksi, kini menyusut drastis. Jika biaya transaksi terus anjlok dan harga BTC tidak kunjung naik, maka banyak penambang yang akan gulung tikar.

Baca Juga: Binance Founder CZ Dijatuhi Hukuman Penjara 4 Bulan, Ini Kata-katanya!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->