Runes dan BRC-20: Sebuah Batu Loncatan untuk Bitcoin DeFi

Updated
May 7, 2024
Gambar Runes dan BRC-20: Sebuah Batu Loncatan untuk Bitcoin DeFi

Jakarta, Pintu News – Bitcoin Runes dan token BRC-20 mungkin hanya menjadi batu loncatan dalam evolusi keuangan terdesentralisasi

(DEFI)
asli Bitcoin. Munculnya Runes dan Bitcoin DeFi berasal dari keinginan untuk menambahkan lebih banyak utilitas ke jaringan blockchain paling aman di dunia, menurut Rich Rines, kontributor Core DAO yang membangun solusi Bitcoin DeFi.

Rines mengatakan kepada Cointelegraph: “[Bitcoin] dimulai sebagai sistem uang tunai digital peer-to-peer kemudian berubah menjadi penyimpan nilai dan sekarang melindungi kekayaan senilai $1,5 triliun… Kami telah melihat selama satu setengah tahun terakhir keinginan untuk menambahkan lebih banyak utilitas ke Bitcoin yang mendasarinya, melalui munculnya Ordinals, protokol token seperti BRC 20, dan sekarang Runes.”

Bitcoin Runes adalah protokol baru untuk menerbitkan token yang dapat dipertukarkan di jaringan Bitcoin yang diluncurkan pada tanggal 20 April, hari halving Bitcoin. Runes adalah bagian dari gerakan pengembang yang lebih luas yang disebut Bitcoin DeFi, atau BTCFi, yang bertujuan untuk menambahkan lebih banyak utilitas ke jaringan Bitcoin.

Runes dan BRC-20: Batu Loncatan dalam Evolusi BTCFi

Meskipun Runes menciptakan kegembiraan yang meluas di antara pemegang Bitcoin, standar token tersebut mungkin hanya menjadi batu loncatan dalam evolusi BTCFi, karena sifat jaringan yang terdesentralisasi, menurut Rines:

Baca Juga: Crypto Akan Menggila di Musim Panas 2024 Menurut Arthur Hayes? Saatnya Berinvestasi!

“Sulit untuk mengatakan apakah [Runes] tetap menjadi standar, karena Bitcoin sangat terdesentralisasi… Kita harus mencapai semacam konsensus sosial pada beberapa standar yang menang. Permintaan pasar dan orang-orang yang memilih dengan uang mereka pada akhirnya akan membantu menyatukan jawaban akhir.”

Bitcoin Runes mengalami pemulihan minggu ini. Pada tanggal 20 April, transaksi terkait Runes menyumbang sebagian besar transaksi Bitcoin, atau 81,3% dari transaksi BTC harian, menurut Data Dune Analytics.

Bitcoin Menjadi Aset Penghasil Hasil untuk Pertama Kalinya

Bertujuan untuk mendukung inovasi BTCFi, Core Chain meluncurkan produk staking Bitcoin

(BTC)
non-kustodian pertama pada tanggal 23 April, yang memungkinkan staking Bitcoin tanpa mengorbankan keamanan jaringan Bitcoin.

Karena staking non-kustodian tidak mengharuskan aset yang mendasarinya untuk meninggalkan dompet pengguna, ia memperkenalkan peluang hasil bebas risiko bagi pemegang Bitcoin, menurut Rines: “Di sinilah staking Bitcoin non-kustodian bersinar di mana Anda tidak mengambil risiko.

Ini sangat trustless, Bitcoin menjadi aset penghasil hasil untuk pertama kalinya dengan hadiah ini yang dapat Anda investasikan dalam lebih banyak Bitcoin, membuat loop refleksif.” Protokol lain juga bekerja untuk menciptakan lebih banyak utilitas untuk Bitcoin.

Pada tanggal 6 Mei, Hermetica mengumumkan peluncuran dolar Amerika Serikat sintetis pertama yang didukung Bitcoin dengan kemampuan menghasilkan hasil. Dijadwalkan untuk diluncurkan pada bulan Juni, USDh akan menawarkan hasil hingga 25%, yang bertujuan untuk memainkan peran penting dalam membawa lebih banyak likuiditas dan kasus penggunaan ke BTCFi.

Kesimpulan

Runes dan BRC-20 mungkin hanya menjadi langkah awal dalam evolusi Bitcoin DeFi. Sifat desentralisasi Bitcoin berarti bahwa tidak ada standar tunggal yang mungkin muncul, tetapi permintaan pasar dan adopsi pengguna pada akhirnya akan menentukan protokol mana yang paling sukses. Sementara itu, inovasi terus berlanjut di ruang BTCFi, dengan proyek-proyek seperti Core Chain dan Hermetica memimpin.

Baca Juga: Token FRIEND Melesat 51% dalam 3 Hari, Ini Dia Aplikasi Sosial Media Baru di Dunia Web3!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->