Vitalik Buterin Usulkan EIP-7702 untuk Tingkatkan Keberlanjutan Smart Contract Ethereum!

Updated
May 8, 2024
Gambar Vitalik Buterin Usulkan EIP-7702 untuk Tingkatkan Keberlanjutan Smart Contract Ethereum!

Jakarta, Pintu News – Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum, telah mengajukan proposal baru untuk membuat smart contract protokol lebih berkelanjutan dalam jangka panjang. Proposal baru ini telah menarik perhatian yang besar dari komunitas Ethereum. Simak berita lengkapnya disini!

EIP-7702: Alternatif untuk EIP-3074

EIP-7702 diusulkan sebagai alternatif untuk EIP-3074, standar yang sudah ada yang menawarkan banyak kemampuan yang sama. Namun, EIP-7702 bertujuan untuk mengatasi masalah kompatibilitas ke depan.

Tidak seperti EIP-3074, EIP-7702 tidak memperkenalkan opcode, yang seharusnya menjadi usang dalam “abstraksi akun akhir” di mana semua pengguna menggunakan smart contract wallet.

Buterin dan rekan-rekan pengusul percaya bahwa abstraksi akun akhir kemungkinan terjadi ketika komputasi kuantum memecahkan kriptografi yang digunakan dalam_Externally Owned Accounts (EOA) standar atau dompet Ethereum standar yang dikendalikan pengguna.

EIP-3074 juga dapat membuat ekosistem kontrak pemanggil yang terpisah dari ekosistem smart contract wallet. Dengan EIP-7702, para pengusul bertujuan untuk menghindari pembagian usaha.

Baca Juga: Pengembang Ethereum Menargetkan Kemudahan Dompet Crypto dengan ‘EIP-3074’

Meningkatkan Kegunaan dan Keamanan EOA

grayscale etf ethereum
Generated by AI

EIP-7702 bertujuan untuk memberikan peningkatan kegunaan dan keamanan untuk EOA, mengatasi masalah umum seperti pengelompokan transaksi, sponsorship transaksi, dan de-eskalasi hak istimewa.

Proposal ini menguraikan tiga aplikasi khusus: pengelompokan, sponsorship, dan de-eskalasi hak istimewa. Pengelompokan transaksi memungkinkan pengguna untuk mengirim beberapa transaksi dalam satu pesan, yang dapat mengurangi biaya gas dan meningkatkan efisiensi.

Sponsorship transaksi memungkinkan pengguna untuk membayar biaya gas untuk transaksi yang dilakukan oleh pengguna lain, yang dapat berguna untuk aplikasi seperti airdrop dan hadiah. De-eskalasi hak istimewa memungkinkan pengguna untuk sementara memberikan hak istimewa terbatas kepada kontrak pintar, yang dapat meningkatkan keamanan dengan mengurangi risiko eksploitasi.

Baca Juga: Biaya Gas Ethereum yang Rendah Dorong Tingkat Pembakaran ETH ke Titik Terendah Tahunan!

Tantangan dan Pertimbangan Keamanan

Meskipun ada potensi manfaat, Buterin mencatat bahwa EIP-7702 mungkin menghadapi kritik yang sama seperti EIP-3074, karena memerlukan kepercayaan pada kode dan dapat menyebabkan sentralisasi. Dia percaya bahwa setiap proposal untuk menangani de-eskalasi hak istimewa menghadapi tantangan yang sama.

Para penulis EIP-7702 menekankan pentingnya dompet pengguna berhati-hati tentang contract code yang mereka tandatangani, menyoroti pertimbangan keamanan bersama dengan EIP-3074. Pengguna harus memastikan bahwa mereka hanya menandatangani contract code dari sumber tepercaya untuk menghindari risiko eksploitasi.

Kesimpulan

EIP-7702 adalah proposal penting yang bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan smart contract Ethereum dalam jangka panjang. Proposal ini menawarkan alternatif untuk EIP-3074 yang mengatasi masalah kompatibilitas ke depan dan menghindari pembagian usaha. Dengan meningkatkan kegunaan dan keamanan EOA, EIP-7702 dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengguna Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->