Metaplanet Adopsi Bitcoin sebagai Aset Cadangan di Tengah Beban Utang Jepang!

Updated
May 14, 2024
Gambar Metaplanet Adopsi Bitcoin sebagai Aset Cadangan di Tengah Beban Utang Jepang!

Jakarta, Pintu News ‚Äď Perusahaan investasi dan konsultan Jepang, Metaplanet, telah mengadopsi Bitcoin

BTC

->
sebagai aset cadangan treasury strategis.

Langkah ini diambil di tengah Jepang yang menghadapi beban utang yang tinggi dan mata uang nasional yang bergejolak, yaitu yen.

Pemicu Metaplanet Adopsi Bitcoin

Metaplanet mengumumkan dalam siaran pers pada hari Senin (13/5/24) bahwa strategi perusahaan ‚Äútanpa keraguan memprioritaskan pendekatan Bitcoin-first, Bitcoin-only‚ÄĚ dengan opsi keuangan seperti kewajiban yen jangka panjang dan penerbitan saham berkala.

Baca juga: Analis Crypto Populer Ungkap 2 Skenario Harga Bitcoin, BTC Siap Naik atau Turun?

Hal ini dilakukan untuk terus mengakumulasi lebih banyak Bitcoin daripada mempertahankan yen yang semakin melemah. Dalam pengungkapan baru-baru ini, Metaplanet mengungkapkan rencana untuk mengalokasikan sejumlah besar ¥200 juta ($1,25 juta) untuk mengakuisisi Bitcoin.

Sumber: Metaplanet

Pada tanggal 10 Mei 2024, perusahaan mengumumkan telah membeli tambahan 19,87 BTC. Menurut Bitcointreasuries.net, Metaplanet telah mengakuisisi 117,7 BTC ($7,19 juta) sejak April.

Akuisisi tersebut mengikuti strategi MicroStrategy (MSTR) yang terdaftar di AS, yang dikenal dengan kepemilikan Bitcoin-nya.

‚ÄúMetaplanet telah mengubah strategi treasury-nya ke Bitcoin, dengan fokus pada sejumlah strategi komplementer yang dirancang untuk menjadi akresif berdasarkan per saham dalam bentuk Bitcoin,‚ÄĚ catat rilis tersebut.

Kondisi Ekonomi Jepang Dorong Metaplanet Beralih ke Bitcoin

Krisis fiskal Jepang memainkan peran kunci dalam penurunan nilai mata uang nasionalnya baru-baru ini. Negara ini telah berjuang dengan tingkat utang pemerintah yang tinggi, periode suku bunga riil negatif yang berkepanjangan, dan yen yang sangat fluktuatif dan lemah.

Menurut data Dana Moneter Internasional (IMF), rasio utang bruto dan produk domestik bruto (PDB) Jepang melebihi 254%. Sementara itu, rasio utang terhadap PDB AS telah meningkat 123%.

Lebih lanjut, Bank of Japan (BOJ) menerapkan kebijakan suku bunga negatif sejak 2016 dan baru-baru ini menyesuaikan suku bunga kebijakan ke kisaran 0-0,1% dari -0,1%. Dengan demikian, mengingat utang nasional yang relatif tinggi dan suku bunga yang rendah secara struktural, yen telah melemah secara signifikan.

Baca juga: Filipina Lakukan Uji Coba Mata Uang Kripto yang Dikaitkan dengan Peso!

Mata uang nasional telah jatuh 50% terhadap dolar selama dekade terakhir.

‚ÄúMetaplanet memandang bitcoin secara fundamental lebih unggul daripada semua bentuk mata uang politik, penyimpan nilai dan investasi tradisional, dan semua aset kripto/sekuritas lainnya,‚ÄĚ tambah perusahaan itu.

Bitcoin Sebagai Aset Cadangan yang Lebih Unggul

alamat bitcoin profit
Generated by AI

Metaplanet percaya bahwa Bitcoin menawarkan beberapa keunggulan sebagai aset cadangan dibandingkan dengan mata uang fiat tradisional dan aset lainnya.

Pertama, Bitcoin memiliki pasokan yang terbatas, dengan hanya 21 juta BTC yang akan pernah ada. Ini membuatnya menjadi aset yang langka dan tidak dapat diencerkan.

Kedua, Bitcoin memiliki jaringan yang terdesentralisasi dan tidak dapat disensor. Ini berarti bahwa tidak ada satu entitas pun yang dapat mengendalikan jaringan atau memanipulasi pasokan Bitcoin.

Ketiga, Bitcoin memiliki rekam jejak yang terbukti sebagai penyimpan nilai. Selama dekade terakhir, harga Bitcoin telah meningkat secara signifikan, jauh mengungguli aset tradisional seperti saham dan obligasi.

Secara keseluruhan, keputusan Metaplanet untuk mengadopsi Bitcoin sebagai aset cadangan mencerminkan meningkatnya minat terhadap mata uang kripto sebagai aset investasi dan lindung nilai terhadap inflasi.

Bitcoin dipandang sebagai aset yang aman dan stabil, dengan potensi pertumbuhan jangka panjang yang tinggi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->