Vitalik Buterin Usulkan Perubahan Model Gas Ethereum Baru, EIP-7706, Apa Dampaknya?

Updated
May 15, 2024
Gambar Vitalik Buterin Usulkan Perubahan Model Gas Ethereum Baru, EIP-7706, Apa Dampaknya?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Co-founder Ethereum, Vitalik Buterin, baru-baru ini mengusulkan protokol peningkatan Ethereum baru, EIP-7706, yang berfokus pada model gas baru untuk data panggilan transaksi.

Transaksi berbasis Ethereum saat ini memiliki dua jenis biaya gas: satu untuk eksekusi transaksi, yang mencakup upaya komputasi yang diperlukan untuk melakukan transaksi, dan satu untuk penyimpanan, yang merupakan biaya penyimpanan data dalam ‚Äúgumpalan‚ÄĚ.

EIP-7706 Buterin mengusulkan bentuk gas ketiga khusus untuk data panggilan ‚Äď bagian dari transaksi Ethereum yang berisi data kunci yang dikirimkan ke smart contract. Ini berarti blockchain Ethereum akan mengalokasikan biaya unik untuk data yang ditransfer selama transaksi, terpisah dari biaya eksekusi kode kontrak atau penyimpanan data.

Model Gas Baru untuk Transaksi Ethereum

ethereum staking
Generated by AI

Model gas baru akan menambahkan jenis transaksi yang menyediakan max basefee dan priority fee sebagai vektor, memberikan nilai untuk gas eksekusi, gas gumpalan, dan gas data panggilan.

Baca juga: Investor Ethereum Jangka Panjang Menggerakkan ETH Senilai $12,7 Juta!

Saat ini, penyesuaian biaya dasar menggunakan mekanisme terpisah untuk biaya eksekusi transaksi dan penyimpanan data dalam bentuk gumpalan. Namun, Buterin menyarankan bahwa dengan diperkenalkannya jenis biaya gas ketiga, jaringan Ethereum harus mengadopsi pendekatan umum untuk ketiga jenis biaya gas tersebut.

Langkah ini bertujuan untuk mengurangi biaya transaksi yang terkait dengan transaksi padat data yang belum tentu intensif secara komputasi. Jika proposal diterima, jaringan Ethereum akan bertanggung jawab untuk menetapkan biaya data panggilan secara independen dari biaya lainnya.

Buterin merekomendasikan pengelolaan ketiga bentuk gas tersebut melalui model dinamis yang memodifikasi biaya secara bersamaan. Buterin menyarankan bahwa dengan menerapkan biaya gas terpisah untuk data panggilan,

‚ÄúUkuran data panggilan maksimum teoritis dari sebuah blok akan sangat berkurang, sementara analisis ekonomi dasar menunjukkan bahwa rata-rata, data panggilan akan menjadi jauh lebih murah.‚ÄĚ

Dampak pada Biaya Transaksi Ethereum

Jaringan Ethereum telah berjuang dengan masalah biaya gas selama bertahun-tahun meskipun motivasi utama untuk berpindah dari mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS) adalah lebih banyak skalabilitas dan biaya yang lebih rendah.

Namun, perubahan tersebut belum meningkatkan skalabilitas jaringan seperti yang dijanjikan, dengan EIP berikutnya membantu jaringan. EIP-7706 Buterin, jika diterima, dapat berdampak signifikan pada biaya transaksi Ethereum.

Dengan memperkenalkan jenis gas ketiga khusus untuk data panggilan, biaya transaksi untuk transaksi padat data dapat berkurang secara signifikan. Ini akan menjadi kabar baik bagi pengguna Ethereum yang sering melakukan transaksi yang melibatkan sejumlah besar data, seperti transfer token atau interaksi dengan kontrak pintar yang kompleks.

Baca juga: Pengembang Ethereum Menargetkan Kemudahan Dompet Crypto dengan ‚ÄėEIP-3074‚Äô

Masa Depan Biaya Gas Ethereum

Usulan Buterin untuk model gas baru hanyalah salah satu dari beberapa upaya yang sedang dilakukan untuk mengatasi masalah biaya gas Ethereum.

Pengembang Ethereum lainnya sedang mengerjakan solusi lain, seperti sharding dan peningkatan protokol lainnya, untuk meningkatkan skalabilitas jaringan dan mengurangi biaya transaksi. Masa depan biaya gas Ethereum masih belum pasti.

Namun, dengan adanya berbagai upaya yang sedang dilakukan untuk mengatasi masalah ini, ada harapan bahwa biaya transaksi Ethereum akan turun dalam jangka panjang. Ini akan membuat Ethereum lebih terjangkau bagi pengguna dan pengembang, dan akan membantu jaringan untuk terus tumbuh dan berkembang.

Secara keseluruhan, EIP-7706 Buterin adalah proposal terbaru dalam serangkaian upaya untuk mengatasi masalah biaya gas Ethereum.

Jika diterima, proposal ini dapat berdampak signifikan pada biaya transaksi Ethereum, terutama untuk transaksi padat data.

Namun, masih harus dilihat apakah proposal ini akan diterima oleh komunitas Ethereum dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi jaringan dalam jangka panjang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Money

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->