Gebrakan Baru! Google dan Magic Leap Berkolaborasi untuk Kacamata Metaverse

Updated
June 2, 2024
Gambar Gebrakan Baru! Google dan Magic Leap Berkolaborasi untuk Kacamata Metaverse

Jakarta, Pintu News ‚Äď Google dan Magic Leap baru saja mengumumkan kemitraan teknologi strategis yang akan menggabungkan keahlian dalam extended reality (XR).

Meskipun Google baru-baru ini merampingkan tim augmented reality

dan extended reality (XR), dan Magic Leap dikenal karena kegagalannya dalam bidang ini, kolaborasi ini menunjukkan potensi kompetisi yang kuat untuk Apple dan Meta dalam pasar perangkat keras metaverse.

Kemitraan Strategis yang Tak Terduga

Sumber: X

Pengumuman kemitraan ini menyoroti kemajuan Magic Leap di bidang optik yang akan digabungkan dengan infrastruktur Google.

Baca juga: Kabar Gembira! Pudgy Penguins akan Luncurkan Game Mobile Berbasis Blockchain di 2025

Menurut CTO Magic Leap, Julie Larson-Green,

‚ÄúKemitraan ini mempercepat kekuatan transformatif AR dengan menggabungkan kemampuan optik kami dengan teknologi Google untuk terus mengembangkan pengalaman imersif bagi ekosistem pengembang dan pelanggan.‚ÄĚ

Sementara siaran pers tidak menjelaskan produk atau layanan spesifik yang akan dikembangkan, kemitraan ini dapat mengindikasikan pengembangan headset baru yang cocok untuk AR/XR, memberikan persaingan yang dibutuhkan bagi pemimpin pasar saat ini seperti Meta dan Apple.

Apa yang Didapat Google dari Kesepakatan Ini?

Seperti yang dicatat oleh Sean Hollister dari The Verge, masih belum jelas apa yang akan diperoleh Google dari kesepakatan ini.

Google telah membuktikan kemampuannya dalam menciptakan perangkat keras dengan produk in-house seperti ponsel Pixel dan speaker pintar. Namun, upaya individu Google dan Magic Leap dalam headset AR/XR, seperti Google Glass dan Magic Leap, lebih dikenal karena kegagalannya.

Hollister berspekulasi bahwa kemitraan ini mungkin karena Magic Leap memiliki paten atau metodologi yang diinginkan oleh Google.

Namun, mungkin juga Google tidak ingin membentuk unit AR/XR baru setelah pemutusan hubungan kerja pada Januari lalu atau tidak ingin tertinggal dari pesaing terbesarnya.

Baca juga: Yonsei University Luncurkan Kampus Metaverse, Hadirkan Pengalaman Virtual yang Interaktif!

Potensi Pasar Metaverse

Kolaborasi ini dapat memperluas potensi XR dengan menggabungkan dunia fisik dan solusi kontekstual yang relevan.

Pengumuman ini muncul saat Apple dan Meta semakin mendominasi pasar metaverse, dan kolaborasi ini mungkin menjadi langkah penting bagi Google dan Magic Leap untuk kembali bersaing.

Meskipun detail spesifik tentang produk atau layanan yang akan dikembangkan belum diungkapkan, kolaborasi ini berpotensi menciptakan headset baru yang dapat memberikan persaingan yang dibutuhkan bagi pemimpin pasar saat ini.

Pada akhirnya, kemitraan antara Google dan Magic Leap menunjukkan langkah maju yang signifikan dalam teknologi XR.

Meskipun keduanya memiliki sejarah kegagalan di bidang ini, kolaborasi ini menunjukkan komitmen untuk terus mengembangkan teknologi imersif yang dapat bersaing dengan Apple dan Meta.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Road to VR

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->