Mengejutkan! Solana Meluncurkan 455.000 Token di Bulan Mei 2024

Updated
June 5, 2024
Gambar Mengejutkan! Solana Meluncurkan 455.000 Token di Bulan Mei 2024

Jakarta, Pintu News – Solana telah mencapai pencapaian luar biasa dengan hampir setengah juta token diluncurkan pada bulan Mei.

Dengan hambatan masuk yang lebih rendah dan keinginan untuk menciptakan memecoin yang sukses, platform blockchain ini semakin menarik perhatian komunitas crypto.

Mari kita lihat lebih dekat perkembangan ini dan apa yang membuat Solana begitu menarik bagi para pencipta token.

Lonjakan Peluncuran Token di Solana

Menurut data dari The Block Pro, sebanyak 455.000 token telah dibuat di Solana pada bulan Mei. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 177.000 token di Ethereum Layer 2 Base dan 39.000 token di BNB Chain.

Baca juga: 3 Altcoin yang Patut Dipertimbangkan untuk Altseason Menurut Analis!

Sumber: The Block

Jaringan utama Ethereum dan jaringan Layer 2 seperti Arbitrum dan Optimism masing-masing melihat kurang dari 20.000 token dibuat.

Austin Federa, kepala strategi di Solana Foundation, menjelaskan bahwa Solana dibangun untuk menjadi lapisan umum yang cepat dengan finalitas cepat dan throughput tinggi serta biaya transaksi yang sangat rendah.

Karakteristik ini memungkinkan biaya eksperimen dan penciptaan ide baru menjadi hampir nol. Sebagian besar token Solana adalah memecoin, yang telah menarik perhatian komunitas crypto.

Faktor Pendorong Kesuksesan Solana

Kesuksesan peluncuran token di Solana sebagian besar dapat dikaitkan dengan situs web Pump.fun, yang memungkinkan siapa saja untuk membuat token dengan beberapa klik saja.

Kemudahan ini telah mendorong banyak orang untuk menciptakan lebih banyak token dalam beberapa bulan terakhir, dengan Solana telah meluncurkan 1,1 juta token baru sejauh tahun ini.

Pump.fun menjadi platform peluncuran untuk memecoin politik seperti Jeo Boden dan Doland Tremp, yang menemukan kesuksesan menjelang pemilihan AS yang akan datang.

Demam memecoin ini, ditambah dengan kesuksesan Pump.fun, telah menjadikan Solana sebagai blockchain terkemuka untuk peluncuran token baru.

Baca juga: Entangle Integrasikan Solana, Perluas Dukungan Omnichain ke Jaringan Non-EVM

Persaingan dengan Jaringan Lain

Untuk menjadi yang terdepan dalam jumlah token baru yang diluncurkan pada bulan Mei, Solana harus mengalahkan jaringan Base, yang juga melihat aktivitas tinggi dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan April, Base melihat 240.000 token baru, sementara Solana hanya melihat 229.000. Kedua jaringan ini telah mengambil alih dari BNB Chain, yang sebelumnya menjadi jaringan pilihan untuk meluncurkan token baru.

Secara keseluruhan, 7 juta token telah diluncurkan di enam jaringan blockchain sejak 2017. BNB Chain tetap memimpin dengan 3,7 juta token, diikuti oleh Solana dengan 1,4 juta token, dan mainnet Ethereum dengan hampir satu juta token.

Meskipun jumlah token yang diluncurkan adalah metrik yang lebih mencerminkan jaringan yang lebih murah dan memiliki throughput yang lebih tinggi, ini tetap menunjukkan di mana aktivitas terjadi di seluruh blockchain.

Secara keseluruhan, Solana telah menunjukkan kekuatannya dalam menarik pencipta token dengan hampir setengah juta token baru diluncurkan hanya dalam satu bulan.

Dengan biaya rendah dan kemudahan penciptaan, Solana menawarkan lingkungan yang ideal bagi mereka yang ingin bereksperimen dan meluncurkan ide-ide baru.

Saat persaingan antara jaringan blockchain terus meningkat, tidak ada alasan untuk berpikir bahwa tren ini akan melambat dalam waktu dekat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Bitcoin Sistemi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->