Paxos Luncurkan Stablecoin Penghasil Bunga, Lift Dollar (USDL), Simak Selengkapnya!

Updated
June 6, 2024
Gambar Paxos Luncurkan Stablecoin Penghasil Bunga, Lift Dollar (USDL), Simak Selengkapnya!

Jakarta, Pintu News – Paxos International, cabang Paxos yang berbasis di Uni Emirat Arab, telah memperkenalkan stablecoin baru yang menghasilkan bunga bernama Lift Dollar (USDL).

Dirancang untuk menawarkan pengembalian bebas risiko kepada pemiliknya, stablecoin ini telah diluncurkan di Argentina dengan tujuan untuk berekspansi ke lebih banyak negara di masa mendatang.

Namun, ada satu peringatan: Penduduk beberapa negara termasuk Amerika Serikat tidak dapat menggunakan USDL karena pembatasan hukum.

Gambaran Umum Lift Dollar (USDL)

USDL dibangun di atas blockchain Ethereum, memungkinkan pembuatan tanpa batas dan memberikan pembayaran harian kepada pemegang token.

Baca juga: Tezos Meluncurkan Upgrade Protokol Paris, Meningkatkan Skalabilitas dan Staking!

Setiap token USDL dijamin sepenuhnya dengan rasio satu banding satu oleh dolar AS dan juga dijamin oleh aset kas seperti deposito dolar AS dan Treasury notes jangka pendek AS.

Paxos International juga menggarisbawahi bahwa manajemen cadangan stablecoin dimaksudkan untuk menjaga cadangan yang cukup untuk mendukung total USDL yang beredar, sehingga menegaskan kepercayaan investornya.

Menghasilkan Bunga dan Biaya

USDL memberikan kepada pemegangnya tingkat pengembalian sekitar 5%, yang cukup dekat dengan EFFR saat ini. Hasilnya diperoleh dari investasi dalam Treasury bills AS dan instrumen kas lainnya dan dibayarkan kepada investor berdasarkan rebase.

Proses ini berlangsung setiap hari, dan mengubah saldo token setiap peserta sesuai dengan hasil yang telah diperoleh.

Paxos International telah menetapkan biaya distribusi 20 basis poin dan biaya penerbit 30 basis poin untuk mengelola operasi USDL. Namun, biaya penerbit akan dibebaskan dalam beberapa bulan pertama peluncuran untuk mempopulerkannya di antara pengguna.

Baca juga: Stablecoin USDe Tembus Pasokan $3 Miliar dalam Empat Bulan, Lampaui FDUSD!

Struktur biaya cukup sederhana dan dimaksudkan untuk membantu pengguna memahami biaya memegang USDL.

Strategi Pasar dan Aksesibilitas

lift dollar paxos
Sumber: X

Meskipun demikian, penggunaan Lift Dollar memiliki beberapa keuntungan, tetapi tidak tersedia di sebagian besar negara seperti Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (tidak termasuk ADGM), Inggris Raya, Uni Eropa, Kanada, Hong Kong, Jepang, dan Singapura.

Pembatasan ini berasal dari kemungkinan stablecoin yang menghasilkan bunga termasuk dalam kategori sekuritas menurut Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Ini adalah kelemahan utama karena Paxos berupaya untuk memperluas operasi dan jangkauan pasarnya di panggung global.

Namun demikian, Paxos tetap cukup positif tentang masa depan pasar stablecoin dan berpikir bahwa pasar ini akan tumbuh lima kali lipat dalam lima tahun ke depan. Mereka percaya bahwa USDL akan berguna dalam menawarkan populasi yang tidak memiliki rekening bank dan kurang terlayani kesempatan untuk mengakses dolar AS, yang sejalan dengan tujuan inklusi keuangan mereka secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, peluncuran USDL oleh Paxos menandai perkembangan penting di pasar stablecoin, menawarkan kepada pengguna cara baru untuk mendapatkan bunga atas kepemilikan mereka.

Namun, pembatasan peraturan di beberapa negara dapat menghambat adopsi yang luas. Akan menarik untuk melihat bagaimana USDL berkembang di masa depan dan apakah ia dapat mengatasi tantangan peraturan yang dihadapinya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Block

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->