Raydium Solana Geser Uniswap: Pertempuran DEX Terbaru

Updated
June 18, 2024
Gambar Raydium Solana Geser Uniswap: Pertempuran DEX Terbaru

Jakarta, Pintu News – Raydium, pertukaran terdesentralisasi (DEX) utama Solana, telah mengalami peningkatan volume perdagangan dalam beberapa bulan terakhir, menggeser Uniswap sebagai pusat aktivitas terdepan. Dalam 24 jam terakhir, aktivitas perdagangan Raydium bahkan melampaui Uniswap, mencerminkan permintaan yang meningkat untuk aset berbasis Solana.

Lonjakan Aktivitas di Raydium

Raydium berhasil mencatat volume perdagangan sebesar $822.000.000 dalam 24 jam, meskipun masih lebih kecil dibandingkan dengan bursa terpusat. Saat ini, Uniswap V2 mencatat sekitar $192.000.000 dalam perdagangan harian, sementara Uniswap V3 mencatat $633.000.000.

Aktivitas Raydium sering kali bervariasi, dengan volume harian biasanya sekitar $400.000.000. Salah satu pendorong utama untuk Raydium adalah buku pesanan on-chain, yang memungkinkan transaksi berkecepatan tinggi. Hingga saat ini, jaringan Solana berhasil menangani sebagian besar lalu lintas dengan tingkat kegagalan transaksi sekitar 20-25%.

Baca Juga: Newwit: Aplikasi Predict-to-Earn dan Social-Fi untuk Tingkatkan Peluang Investasi-mu!

Upaya Raydium Membatasi Token Tidak Jujur

# Prediksi Harga Raydium (RAY) 2023, 2025, 2030: Harga RAY Berpotensi Naik 1.838% Tahun Ini?
BeInCrypto

Aktivitas di Raydium terbagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah proyek crypto yang mengincar keterlibatan di media sosial dan menetapkan harapan tinggi sebelum listing. Jenis kedua adalah token yang meluncurkan pool segera dengan dana sekecil 3-6 SOL.

Token-token ini mengandalkan pedagang otomatis yang berharap salah satu token tersebut akan meledak. Token populer seperti Daddy Tate yang diluncurkan oleh influencer kontroversial Andrew Tate, menjadi pendorong aktivitas di Raydium. Pada 3 hari terakhir, pasangan perdagangan SOL/DADDY menyumbang 22% volume yang digerakkan oleh bot di Raydium.

Raydium Menguasai 50% Volume Solana

Saat ini, Uniswap menguasai sekitar 50% dari semua volume DEX. Sementara itu, Raydium melampaui semua pertukaran Solana, menguasai 50% aktivitas jaringan. Tim Raydium menyadari keberadaan bot, namun berdasarkan volume organik, Raydium bertanggung jawab atas 30% perdagangan DEX Solana.

Raydium adalah protokol DeFi terbesar keempat di Solana, dengan lebih dari $900.000.000 dalam total nilai yang terkunci. Token hub ini bahkan menggeser agregator DEX Jupiter. Aktivitas ini membantu Raydium mencatat periode sukses lainnya setelah boom meme token.

Raydium juga memimpin dengan lebih dari 427.000 transaksi harian, dibandingkan dengan sekitar 50.000 untuk Serum DEX. Namun, tidak semua pasangan perdagangan baru aktif, dan meme top Solana hanya terdiri dari selusin token. Sebagian besar pool gagal segera setelah peluncuran, dengan beberapa token diterbitkan hanya untuk tujuan rug-pulling.

Penutup

Raydium mendapat manfaat dari aliran masuk keseluruhan ke ekosistem Solana. Setelah pasar bearish tahun 2022 dan 2023, Solana kembali menarik lebih banyak nilai. Berdasarkan semua pool dan protokol, Solana memegang $4,3 miliar dalam nilai, masih lebih dari 50% di bawah puncak total nilai yang terkunci.

Namun, token asli RAY masih belum mencapai levelnya dari boom DeFi 2021. RAY diperdagangkan sekitar $1,70, masih jauh dari puncaknya di atas $16. Sementara itu, SOL turun menjadi $146,14, di bawah level baru-baru ini di atas $170. SOL sangat penting untuk pool likuiditas Raydium, di mana ia membentuk dasar untuk sebagian besar pasangan baru.

Baca Juga: Mantan CEO Binance, CZ, Kantongi 64% Pasokan BNB yang Beredar!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->