ASX Setujui ETF Bitcoin Spot Pertama, VanEck Jadi yang Terdepan

Updated
June 18, 2024
Gambar ASX Setujui ETF Bitcoin Spot Pertama, VanEck Jadi yang Terdepan

Jakarta, Pintu News – Pasar saham Australia kembali diramaikan dengan kabar baik. Australian Securities Exchange (ASX), yang menguasai 90% pasar ekuitas Australia, telah menyetujui ETF (exchange-traded fund) Bitcoin spot pertama. VanEck, perusahaan penerbit ETF, akan meluncurkan produk ini pada 20 Juni mendatang.

VanEck Siap Luncurkan ETF Bitcoin Spot Pertama di ASX

VanEck akan meluncurkan ETF Bitcoin spot pertama di ASX pada 20 Juni. ETF ini akan menjadi yang terendah biayanya di Australia. VanEck sebelumnya telah mengajukan kembali aplikasi untuk produk ini pada bulan Februari.

Baca Juga: Mantan CEO Binance, CZ, Kantongi 64% Pasokan BNB yang Beredar!

Perkembangan Cepat ETF Bitcoin Spot di Australia

polisi australia curi bitcoin
Sumber: AMB Crypto

Sebelumnya, DigitalX Ltd. dan BetaShares juga telah mengajukan permohonan persetujuan ke ASX pada bulan Februari. Bloomberg melaporkan bahwa gelombang pertama ETF Bitcoin spot dapat disetujui oleh ASX sebelum akhir tahun 2024. Namun, persetujuan VanEck ini datang lebih cepat dari perkiraan.

Tidak seperti di AS, di Australia, perusahaan memerlukan persetujuan dari regulator, Australian Securities & Investments Commission (ASIC), dan kemudian bursa yang mendaftarkan produk. Pada bulan Mei, ASIC mengatakan kepada CoinDesk bahwa DigitalX Ltd., VanEck, dan BetaShares memiliki lisensi yang diperlukan atau bekerja sama dengan perusahaan lain yang memiliki lisensi tersebut.

Monochrome Asset Management Raih Persetujuan Cboe Australia

Sebelumnya, Monochrome Asset Management yang berbasis di Australia telah mendapatkan persetujuan dari bursa Cboe Australia untuk ETF Bitcoin mereka (IBTC). Pada saat itu, perusahaan mengatakan bahwa produk tersebut adalah ETF pertama dan satu-satunya yang memegang Bitcoin secara langsung di Australia.

“Meskipun ada rintangan yang harus diatasi di Australia, termasuk tantangan kerangka peraturan dan pertukaran, bersama dengan persetujuan ASIC, VanEck bermaksud untuk memimpin dalam menghadirkan ETF Bitcoin pertama kepada investor ASX,” kata blog tersebut.

ASX Berpotensi Meningkatkan Legitimasi Crypto di Australia

Para ahli industri Australia mengatakan kepada CoinDesk sebelumnya bahwa ada lebih banyak kegembiraan untuk ETF Bitcoin spot untuk mulai diperdagangkan di rival ASX yang lebih besar, Cboe Australia, karena volume yang lebih besar tersedia di sana. Dengan demikian, persetujuan pertama ASX, produk VanEck, dapat memberikan legitimasi yang lebih besar untuk crypto dan ETF terkait di wilayah tersebut.

Setelah AS menyetujui ETF Bitcoin spot pada bulan Januari, harapan tinggi bagi negara-negara di APAC untuk menyetujui produk tersebut karena mereka melanjutkan upaya mereka untuk dilihat sebagai pusat crypto utama.

VanEck Manfaatkan Keahlian Global untuk Investor Australia

VanEck juga mengatakan bahwa, mengingat itu adalah salah satu ETF Bitcoin spot yang disetujui di AS dan memiliki produk serupa di Eropa, ia berencana untuk memanfaatkan keahlian dan infrastruktur globalnya untuk menawarkan solusi cryptocurrency terbaik di kelasnya kepada investor Australia.

Persetujuan ETF Bitcoin spot pertama di ASX oleh VanEck merupakan langkah besar bagi pasar cryptocurrency di Australia. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan legitimasi crypto dan menarik lebih banyak investor ke pasar.

Baca Juga: Kiper Nasional Singapura Ditunjuk Sebagai Chief Security Officer di HTX dan TRON

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->