Super PAC Crypto Serang Politisi New York: Bagaimana Industri Blockchain Pengaruhi Pemilu

Updated
June 18, 2024
Gambar Super PAC Crypto Serang Politisi New York: Bagaimana Industri Blockchain Pengaruhi Pemilu

Jakarta, Pintu News – Kelompok aksi politik (PAC) Fairshake, yang didukung oleh perusahaan crypto seperti Ripple dan Coinbase, telah menghabiskan lebih dari $2.000.000 untuk menentang petahana dalam pemilihan pendahuluan Demokrat untuk Distrik Kongres ke-16 New York. Langkah ini menunjukkan bagaimana industri crypto semakin terlibat dalam politik.

Serangan Terhadap Jamaal Bowman

Menurut data Komisi Pemilihan Federal Amerika Serikat, Fairshake menghabiskan lebih dari $2.000.000 untuk kampanye media yang menentang pemilihan kembali Perwakilan Demokrat Jamaal Bowman. Sampai dengan 16 Juni, kelompok kepentingan luar telah menyumbangkan sekitar $9.000.000 untuk menentang Bowman, yang bersaing dengan Demokrat George Latimer dalam pemilihan pendahuluan pada 25 Juni.

Iklan serangan Fairshake tidak secara spesifik menyebut crypto atau blockchain, tetapi mengklaim bahwa Rep. Bowman menghabiskan kariernya untuk “mendorong teori konspirasi berbahaya.” Menanggapi iklan oposisi sebelumnya yang didanai oleh Super PAC lain, anggota parlemen Demokrat terkenal seperti Senator Bernie Sanders, Senator Elizabeth Warren, dan Alexandria Ocasio-Cortez mendukung pemilihan kembali Bowman.

Baca Juga: Mantan CEO Binance, CZ, Kantongi 64% Pasokan BNB yang Beredar!

Posisi Bowman Terhadap Regulasi Crypto

Posisi Bowman Terhadap Regulasi Crypto
Stand With Crypto

Berdasarkan catatan kongres, Rep. Bowman memilih menentang Undang-Undang Inovasi dan Teknologi Keuangan untuk Abad 21 (FIT21) — sebuah RUU yang mendapat dukungan dari 71 Demokrat dan 208 Republik di DPR — Undang-Undang Anti-Pengawasan CBDC, dan resolusi bersama yang membatalkan aturan Komisi Sekuritas dan Bursa terkait penanganan crypto oleh bank. Latimer, yang pernah menjabat di Senat Negara Bagian New York dari 2013 hingga 2018, hampir tidak pernah membuat pernyataan publik tentang aset digital.

Uang dalam Politik

Fairshake mungkin sudah mempengaruhi pemilihan di AS. Perwakilan California Katie Porter kalah dalam pemilihan pendahuluan untuk Senat pada bulan Maret setelah dia menjadi target iklan Super PAC yang mengklaim dia menerima kontribusi kampanye dari “big pharma, big oil, dan eksekutif bank besar.” Rep. Porter kemudian mengatakan bahwa industri crypto mencoba “mengubur percakapan” tentang aset digital dengan membeli media.

Dengan kurang dari lima bulan sebelum Hari Pemilihan di Amerika Serikat, industri crypto terus terlibat dalam politik. Coinbase, salah satu pendukung awal Fairshake, menyumbangkan tambahan $25.000.000 ke Super PAC pada bulan Juni, sehingga total dana mereka menjadi sekitar $160.000.000. Eksekutif penambangan crypto juga meluncurkan proyek untuk awalnya mendidik pemilih tentang Bitcoin dan kemudian mempengaruhi pemilihan di AS.

Di antara kandidat presiden dari partai besar adalah Presiden AS Joe Biden, Republikan Donald Trump — yang mungkin akan dijatuhi hukuman penjara pada bulan Juli setelah 34 dakwaan pelanggaran berat — Independen Robert F. Kennedy Jr. dan Libertarian Chase Oliver. Presiden Biden dan Trump dijadwalkan untuk debat televisi pada 27 Juni sebelum nominasi resmi mereka.

Baca Juga: Ethiopia Membuka Jalan untuk Mata Uang Digital Bank Sentral, Revolusi Perbankan

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->