Pasar Crypto Menurun 18 Juni 2024: Apa Penyebabnya?

Updated
June 18, 2024
Gambar Pasar Crypto Menurun 18 Juni 2024: Apa Penyebabnya?

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto yang tadinya stabil dan bullish, tiba-tiba mengalami penurunan hari ini. Setelah periode pemulihan bulan lalu dan hasil data ketenagakerjaan AS yang positif, pasar crypto kembali menunjukkan tanda-tanda penurunan. Penambahan 272.000 pekerjaan di AS pada bulan Mei, jauh lebih tinggi dari ekspektasi, sempat memberikan harapan. Namun, pergeseran politik dan faktor lainnya menyebabkan kondisi pasar menurun.

Kondisi Pasar Crypto Secara Keseluruhan

Indeks fear and greed menunjukkan sentimen pasar telah bergeser dari “greed” ke “netral” hari ini. Hal ini diikuti oleh penurunan kapitalisasi pasar global. Kapitalisasi pasar crypto saat ini berada di $2,45 Triliun setelah penurunan besar pada harga cryptocurrency individual. Hampir semua cryptocurrency mengikuti tren penurunan hari ini, dan peta panas pasar crypto berwarna merah.

Baca Juga: Australia Akan Atur Stablecoin, ASIC Peringatkan Entitas Crypto

Alasan Utama Penurunan Pasar Crypto Hari Ini

Dampak terbesar pada pasar crypto kemungkinan berasal dari hasil pemilihan Parlemen Uni Eropa. Hasil ini telah memengaruhi sentimen pengguna crypto mengenai peraturan dan diskusi mendatang di industri ini. Faktor ekonomi juga menjadi faktor lain ketika Bank Sentral Eropa memperkenalkan pemotongan suku bunga 25 basis poin. Meskipun ini merupakan kabar baik, pertumbuhan ekonomi dapat berdampak pada cryptocurrency.

Selain itu, pertemuan FED AS yang sedang berlangsung juga mengganggu sentimen investor karena tiga pemotongan suku bunga inflasi diperkirakan akan terjadi tahun ini. Hasil pemilihan umum di India juga berdampak pada kinerja pasar saham India, yang juga berpengaruh besar pada pasar crypto. Dengan hasil yang dapat diprediksi tetapi tidak sepenuhnya memuaskan, investor crypto menjadi khawatir, menyebabkan periode konsolidasi untuk kedua pasar.

Terakhir, grafik Bitcoin sebelumnya menunjukkan pola “bear flag”, yang mengakibatkan penurunan harga. Bitcoin memiliki dampak besar pada kinerja pasar crypto karena dominasinya. Dominasi Bitcoin telah melampaui 54%, saat ini berada di 54,2% yang cukup tinggi.

Dengan harga BTC turun menjadi $67.452, cryptocurrency lainnya juga ikut menurun. Namun, analis tidak memperkirakan penurunan harga Bitcoin yang berkelanjutan, yang merupakan kabar baik. Tetapi penurunan lebih lanjut dapat membawa pasar lebih rendah karena harga Ethereum sudah berjuang, dan penurunan besar lainnya tidak menguntungkan bagi investor.

Penutup

Penurunan pasar crypto hari ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk hasil pemilihan Parlemen Uni Eropa, faktor ekonomi, pertemuan FED AS, dan hasil pemilihan umum di India. Meskipun penurunan ini mengkhawatirkan, penting untuk diingat bahwa pasar crypto masih dalam tahap awal dan rentan terhadap volatilitas. Investor harus tetap tenang dan fokus pada investasi jangka panjang.

Baca Juga: David Hirsch, Kepala Unit Crypto SEC, Bantah Bergabung dengan Platform Memecoin Pump.fun!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->