RISC Zero Luncurkan zkVM 1.0, Revolusi Efisiensi Blockchain!

Updated
June 19, 2024
Gambar RISC Zero Luncurkan zkVM 1.0, Revolusi Efisiensi Blockchain!

Jakarta, Pintu News – RISC Zero secara resmi meluncurkan zkVM 1.0, mesin virtual zero-knowledge general-purpose pertama di dunia yang siap untuk produksi.

Peluncuran ini menandai tonggak penting dalam efisiensi blockchain dan pengembangan aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Mengapa zkVM 1.0 Penting

risc zero zkcm 1.0
Sumber: Risc Zero

zkVM 1.0 menawarkan proses pembuktian yang hemat biaya dan kinerja yang lebih baik dibandingkan kompetitornya.

Baca juga: Volume Velodrome (VELO) Melonjak 67% Setelah Anggota Kongres AS Ungkap Kepemilikan!

Mesin virtual ini mampu menghasilkan bukti untuk program yang dikembangkan dalam Rust, memungkinkan pengembangan logika kompleks tanpa batasan ukuran atau biaya gas.

zkVM bertujuan untuk mengalihkan sebagian besar pekerjaan komputasi di dApps on-chain. Dengan menggunakan zero-knowledge proofs, zkVM memastikan bahwa komputasi dikompresi dan diverifikasi dengan cepat tanpa perlu verifikator melakukan komputasi itu sendiri.

Mekanisme ini sangat penting untuk meningkatkan skalabilitas aplikasi blockchain, memungkinkan eksekusi operasi kompleks off-chain sambil menjaga verifikasi on-chain.

Fitur Utama zkVM 1.0

Terdapat beberapa fitur utama zkVM 1.0, yakni zkVM 1.0 menawarkan pembuktian yang hemat biaya dengan kinerja yang lebih efisien dibandingkan pesaingnya.

Selanjutnya adalah API yang stabil, memungkinkan pengembang membangun dan menerapkan aplikasi tanpa khawatir sistem rusak saat versi baru zkVM 1.0 diluncurkan.

Lebih lanjut, pengembang dapat memuat crate Rust apa pun untuk logika kompleks tanpa batasan ukuran atau gas. Tidak ada batasan siklus atau biaya gas, memungkinkan komputasi off-chain yang efisien dan verifikasi on-chain.

Dan terakhir, zkVM 1.0 mendukung interoperabilitas dApp dengan blockchain mana pun yang mendukung RISC Zero Verifier.

    Manfaat bagi Pengembang

    Lebih lanjut, zkVM 1.0 memberikan beberapa manfaat utama bagi pengembang:

    Pertama, proof composition, menggabungkan bukti-bukti lebih kecil menjadi bukti-bukti yang lebih besar menggunakan rekursi untuk verifikasi yang hemat biaya dan skalabel.

    Baca juga: Ethena Labs Mengambil Langkah Besar dengan Memperbarui Tokenomics ENA!

    Keduanya, onchain verification, memungkinkan pengembang memasukkan logika kompleks dalam aplikasi on-chain dengan biaya gas yang rendah.

    Terakhir, continuations, memungkinkan pemisahan program besar menjadi segmen yang lebih kecil untuk pembuktian paralel, jeda/lanjutkan, dan persyaratan memori tetap.

      Peluncuran zkVM 1.0

      Peluncuran zkVM 1.0 mencakup empat fase utama, yakni trusted setup ceremony, meningkatkan keamanan dan keandalan sirkuit Groth16 STARK to SNARK dan kontrak verifikasi general-purpose di mainnet.

      Selanjutnya, audits/security, menggunakan auditor pihak ketiga untuk memastikan zkVM siap produksi. Mainnet verifier, mengumumkan komitmen untuk menerapkan verifier di berbagai chain, termasuk Ethereum, Base, OP, Arbitrum, World Chain, dan Starknet.

      Dan yang terakhir, zkVM 1.0 launch, meluncurkan zkVM 1.0 secara resmi.

      Secara keseluruhan, RISC Zero telah mengumpulkan $40 juta dalam putaran pendanaan Seri A pada Juli 2023 untuk mendukung pengembangan ini.

      Dengan zkVM 1.0, RISC Zero siap mengubah cara pengembang membangun dan menerapkan aplikasi terdesentralisasi.

      Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


      *Disclaimer

      Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

      Referensi:

      *Featured Image: Alexa Blockchain

        Bagikan

        Berita Terbaru

        Lihat Semua Berita ->