Raydium Semiconductor Pangkas Dividen, Mungkinkah Pertanda Buruk?

Updated
June 21, 2024
Gambar Raydium Semiconductor Pangkas Dividen, Mungkinkah Pertanda Buruk?

Jakarta, Pintu News – Raydium Semiconductor (TWSE:3592), perusahaan semikonduktor asal Taiwan, mengumumkan akan memangkas dividennya menjadi NT$15,20 pada tanggal 29 Juli mendatang. Pemangkasan ini merupakan penurunan dari dividen tahun lalu, yang berarti pembayaran tahunan akan menjadi 3,6% dari harga saham saat ini.

Apakah Dividen Raydium Semiconductor Berkelanjutan?

Apakah Dividen Raydium Semiconductor Berkelanjutan?
historic-dividend TWSE:3592 Historic Dividend June 15th 2024

Untuk menilai keberlanjutan dividen, kita perlu melihat apakah dividen tersebut tercakup oleh laba perusahaan. Sebelum pengumuman ini, dividen Raydium Semiconductor hanya 63% dari laba, tetapi perusahaan membayar 109% dari arus kas bebas. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan lebih fokus pada pengembalian arus kas kepada pemegang saham, tetapi juga bisa berarti dividen rentan terhadap pemotongan di masa mendatang.

Diperkirakan laba per saham (EPS) Raydium Semiconductor akan meningkat sebesar 55,6% pada tahun depan. Dengan asumsi dividen terus mengikuti tren terkini, rasio pembayaran dividen bisa mencapai 48% pada tahun depan, yang berada dalam kisaran yang cukup berkelanjutan.

Baca Juga: ZKsync Dilanda Penipuan? Peluncuran Token ZK Diwarnai Kontroversi

Volatilitas Dividen

Meskipun Raydium Semiconductor telah membayar dividen dalam waktu yang lama, perusahaan pernah memangkas dividen setidaknya sekali dalam 10 tahun terakhir. Pembayaran tahunan selama 10 tahun terakhir adalah NT$8,00 pada tahun 2014, dan pembayaran tahun fiskal terakhir adalah NT$15,20. Ini berarti dividen telah tumbuh sebesar 6,6% per tahun selama periode tersebut. Pertumbuhan dividen memang terlihat bagus, tetapi pemangkasan dividen di masa lalu tetap menjadi perhatian.

Pertumbuhan Dividen di Masa Depan

Dengan dividen yang relatif tidak stabil, penting untuk mengevaluasi pertumbuhan laba per saham (EPS) sebagai indikator potensi pertumbuhan dividen di masa depan. Raydium Semiconductor telah mengalami pertumbuhan EPS sebesar 19% per tahun selama lima tahun terakhir. Dari sisi laba, perusahaan ini terlihat menarik sebagai saham pendapatan, tetapi rasio pembayaran dividen masih membuat kita berhati-hati.

Kesimpulan

Pemangkasan dividen bukanlah pertanda baik, tetapi mungkin dijelaskan oleh pembayaran dividen yang terlalu tinggi sebelumnya. Dengan arus kas yang terbatas, sulit untuk melihat bagaimana perusahaan dapat mempertahankan pembayaran dividen. Secara keseluruhan, kami tidak menganggap Raydium Semiconductor sebagai saham pendapatan yang baik.

Baca Juga: Top 5 Liquid Restaking Token 2024: Keuntungannya Capai Lebih dari 10% Per Tahun!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->