Elon Musk Palsu Promosikan Penipuan Kripto di YouTube, Picu Kekhawatiran Keamanan!

Updated
June 25, 2024
Gambar Elon Musk Palsu Promosikan Penipuan Kripto di YouTube, Picu Kekhawatiran Keamanan!

Jakarta, Pintu News – Bayangkan kamu menonton siaran langsung yang tampak seperti acara Tesla, hanya untuk mendengar suara Elon Musk yang dihasilkan AI mendorong pemirsa untuk menginvestasikan mata uang kripto mereka dalam skema yang dipertanyakan yang menjanjikan pengembalian yang besar.

Skenario ini menjadi kenyataan bagi lebih dari 30.000 pemirsa di YouTube Live, yang menyaksikan deepfake Elon Musk mempromosikan penipuan yang melibatkan pemberian mata uang kripto.

Video tersebut, yang dibuat agar terlihat seperti siaran langsung dari acara Tesla, telah dihapus, tetapi telah memicu diskusi tentang keamanan online dan kepercayaan. Simak berita lengkapnya disini!

Deepfake Elon Musk Picu Penipuan Kripto di YouTube

Dalam siaran langsung YouTube Live baru-baru ini, deepfake Elon Musk terlihat mempromosikan penipuan yang melibatkan pemberian mata uang kripto. Dalam siaran langsung selama lima jam ini, Engadget melaporkan bahwa pemirsa didorong oleh suara yang dihasilkan AI yang menyerupai Musk untuk menyetor mata uang kripto mereka ke situs web yang mencurigakan.

Video tersebut dibuat agar terlihat seperti siaran langsung dari acara Tesla, tetapi sekarang telah dihapus. Sebelum dihapus, video tersebut menarik lebih dari 30.000 pemirsa, beberapa di antaranya mungkin bot, dan menjadi populer di bagian Live Now YouTube.

Saluran yang bertanggung jawab untuk ini, @elon.teslastream, memiliki lencana yang menunjukkan bahwa saluran tersebut diverifikasi sebagai Saluran Artis Resmi, yang menunjukkan bahwa akun tersebut mungkin telah diretas.

Baca Juga: Best Crypto To Buy Now (25/6): NEAR, BGB, dan DOT

Peningkatan Penipuan Deepfake Elon Musk

Dalam beberapa bulan terakhir, telah terjadi peningkatan yang nyata dalam penipuan deepfake Elon Musk, yang masing-masing melibatkan akun yang berpura-pura mewakili berbagai perusahaan miliarder tersebut. Contoh terbaru diberi label “Tesla mengungkap sebuah mahakarya: Tesla yang akan mengubah industri mobil selamanya.”

Awal bulan ini, YouTube melihat lonjakan video deepfake yang menampilkan Elon Musk, saat penipu menargetkan penggemar luar angkasa yang menonton peluncuran roket Starship terbaru SpaceX. Lebih dari 35 saluran YouTube menayangkan konten di mana suara yang dihasilkan AI yang menyerupai Musk berjanji untuk menggandakan setoran mata uang kripto dari pemirsa yang berpartisipasi dalam skema tersebut.

Aliran penipuan ini bertepatan dengan peluncuran uji keempat roket Starship SpaceX yang dapat digunakan kembali. Siaran langsung yang asli mendokumentasikan keberhasilan roket memasuki kembali atmosfer Bumi, yang berujung pada pendaratan yang direncanakan di Samudra Hindia.

Satu laporan juga mengungkapkan bahwa saluran YouTube meniru akun SpaceX resmi, menjalankan tiga aliran langsung simultan yang mempromosikan penipuan tersebut. Aliran ini mengumpulkan 170.000 pemirsa, kemungkinan didukung oleh bot untuk menciptakan kesan legitimasi. Aliran tersebut menunjukkan rekaman sudut lebar Musk berbicara di acara SpaceX di luar ruangan, dengan beberapa bagian wajahnya sengaja diburamkan untuk menutupi sifat buatan deepfake.

Demikian pula, pakar keamanan Talal Haj Bakry dan Tommy Mysk mengungkap saluran YouTube SpaceX palsu pada bulan April. Saluran-saluran ini menampilkan aliran langsung di mana versi Musk yang dihasilkan AI mempromosikan penipuan mata uang kripto yang menjanjikan untuk menggandakan investasi, bertepatan dengan gerhana matahari yang terlihat di Amerika Utara.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->