Elon Musk Palsu Promosikan Penipuan Crypto di YouTube: Waspadalah!

Updated
June 28, 2024
Gambar Elon Musk Palsu Promosikan Penipuan Crypto di YouTube: Waspadalah!

Sebuah video YouTube Live berdurasi 5 jam yang menampilkan deepfake Elon Musk mempromosikan penipuan cryptocurrency, melanjutkan tren penipuan serupa baru-baru ini.

Menurut laporan Engadget pada 23 Juni, video yang sekarang telah dihapus tersebut menunjukkan acara Tesla yang disiarkan langsung, menggunakan suara Musk yang dibuat oleh AI untuk menarik pemirsa ke sebuah situs web. Musk palsu tersebut mendesak pemirsa untuk menyetor Bitcoin

BTC

->
, Ethereum

ETH

->
, atau Dogecoin

DOGE

->
untuk hadiah, menjanjikan untuk “secara otomatis mengirimkan kembali dua kali lipat jumlahnya.”

Tren yang Berkelanjutan

Tren yang Berkelanjutan
Bitget Research

Pada bulan April, penipu mencoba memanfaatkan antusiasme gerhana menggunakan taktik yang sama, seperti yang dilaporkan oleh Mashable. Penipuan cryptocurrency yang menargetkan pengikut Musk di media sosial telah menjadi masalah yang berkelanjutan, seperti halnya penipuan yang melibatkan selebriti pada umumnya.

Baru-baru ini, akun media sosial 50 Cent diretas untuk mempromosikan skema pump-and-dump. CEO Tesla sangat populer sebagai target promosi penipuan selebriti palsu mengingat relevansinya dengan ruang cryptocurrency.

Relevansi Musk dengan kripto terutama berasal dari kehadirannya di media sosial yang berpengaruh dan keterlibatan perusahaannya dengan mata uang digital. Sebagai CEO Tesla dan SpaceX, pernyataan publik Musk tentang cryptocurrency, khususnya Bitcoin dan Dogecoin, sering kali menyebabkan pergerakan pasar yang signifikan.

Baca Juga: Mengungkap Sektor Crypto Paling Menguntungkan di Semester Pertama 2024

Waspadalah Terhadap Penipuan Deepfake

Waspadalah Terhadap Penipuan Deepfake
Bitget Research

Penipuan deepfake menjadi semakin canggih dan sulit dideteksi. Penting untuk berhati-hati dan kritis terhadap informasi yang kamu lihat secara online, terutama jika itu berasal dari sumber yang tidak dikenal. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari menjadi korban penipuan deepfake:

  • Periksa sumbernya. Apakah kamu yakin dengan sumber video atau informasi tersebut?
  • Perhatikan tanda-tanda yang mencurigakan. Apakah ada sesuatu yang tampak aneh atau tidak pada tempatnya?
  • Lakukan pencarian gambar terbalik. Ini dapat membantu kamu menentukan apakah gambar atau video tersebut telah digunakan di tempat lain.
  • Berpikir kritis. Apakah informasi tersebut masuk akal? Apakah terlalu bagus untuk menjadi kenyataan?
  • Jika kamu ragu, jangan klik. Lebih baik aman daripada menyesal.

Baca Juga: Hashed Ventures dari Korea Selatan Ekspansi Besar ke Abu Dhabi: Apa Artinya Bagi Crypto?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->