3 Faktor yang Menggagalkan Bitcoin Bullish di Juli 2024

Updated
July 2, 2024
Gambar 3 Faktor yang Menggagalkan Bitcoin Bullish di Juli 2024

Jakarta, Pintu News – Bitcoin (BTC) sedang berada di ambang menutup bulan Juni dengan kerugian bulanan dan bertahan di level support krusial $60.000. Sayangnya bagi para bull, pasangan BTC/USD mungkin akan menghadapi kondisi yang lebih berat dengan serangkaian indikator bearish yang mengarah pada peningkatan tekanan jual di bulan Juli. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Mt. Gox Melepaskan $9 Miliar dalam Bitcoin

Salah satu peristiwa bearish paling signifikan di pasar crypto pada bulan Juni terkait dengan pembayaran kembali yang telah lama ditunggu-tunggu dari Mt. Gox. Mt. Gox, yang pernah menjadi bursa Bitcoin terbesar, akan membayar 140.000 BTC senilai sekitar $9 miliar kepada kreditornya mulai awal Juli 2024.

Pembayaran ini mengikuti penantian selama satu dekade setelah runtuhnya bursa tersebut pada tahun 2014 yang menyebabkan hilangnya lebih dari 850.000 BTC.

Distribusi yang akan datang ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang peningkatan tekanan jual di pasar, dengan analis memprediksi penurunan signifikan dalam harga Bitcoin karena potensi kreditor untuk menjual aset yang mereka terima untuk merealisasikan keuntungan, terutama mengingat apresiasi harga Bitcoin sebesar 16.000% sejak peretasan.

Misalnya, analis JPMorgan, yang dipimpin oleh Nikolaos Panigirtzoglou, menunjukkan bahwa perilaku terbaru dari kreditor Gemini, yang kemungkinan melikuidasi sebagian dari $2,18 miliar dalam Bitcoin setelah pengumuman Gemini pada 29 Mei, mendukung argumen bearish ini.

Analis Degen Kid mengantisipasi harga Bitcoin akan turun menuju $55.000 di tengah pembayaran kembali Mt. Gox pada bulan Juli, meskipun optimis tentang prospek pasar secara keseluruhan.

Baca Juga: Prediksi Harga Bitcoin Juli 2024: BTC Akan Meroket Dua 2x Lipat, Bull Run Sebentar Lagi?

Indikator On-chain Mendeteksi Peningkatan Pengambilan Keuntungan

bitcoin vs sopr 30 day
Harga Bitcoin vs. kinerja aSOPR rata-rata 30 hari. Sumber: Cryp

Sejumlah besar investor Bitcoin mungkin akan mengunci keuntungan pada level harga saat ini, mengantisipasi bahwa pasar mungkin mencapai puncaknya. Misalnya, rata-rata 30 hari dari Rasio Output Spent yang Disesuaikan (aSOPR) Bitcoin—yang menilai keuntungan dan kerugian keseluruhan dari transaksi Bitcoin—telah meningkat dari 1 menjadi 1,03 sejak Mei.

Pembacaan di atas 1 menunjukkan lebih banyak investor yang menjual dengan keuntungan dan telah bertepatan dengan formasi puncak pasar di masa lalu.

bitcoin profit loss
Bitcoin price chart vs. 30-day NUPL performance chart. Source: CryptoQuant

Indikator on-chain lainnya, Keuntungan dan Kerugian yang Tidak Direalisasi Bersih (NUPL), menunjukkan potensi kelelahan kenaikan di antara pembeli Bitcoin. NUPL dihitung sebagai selisih antara kapitalisasi pasar dan kapitalisasi yang direalisasikan dibagi dengan kapitalisasi pasar, yang mewakili total keuntungan/kerugian dalam semua koin sebagai rasio.

Pembacaan NUPL Bitcoin di atas 0 menunjukkan investor berada dalam keuntungan dan tren peningkatan nilai berarti lebih banyak investor yang mulai memperoleh keuntungan. Pembacaan ini biasanya mendahului koreksi pasar, yang mengisyaratkan hal yang sama untuk Bitcoin karena rata-rata 30 hari NUPL berada di sekitar 0,54 pada 30 Juni.

Baca Juga: Prediksi Crypto di Juli 2024: Apakah Market Akan Bull Run atau Sebaliknya?

Penurunan Harga BTC dari Bull Pennant Mengarah ke $56K

bull pennant bitcoin
Sumber: Cointelegraph

Grafik Bitcoin 4 jam menunjukkan kemungkinan penurunan dari bull pennant, pola yang berkembang ketika harga berkonsolidasi di dalam pola berbentuk segitiga setelah penurunan tajam.

Pola ini diselesaikan ketika harga menembus di bawah garis tren bawah dan jatuh ke level yang panjangnya sama dengan tinggi tren naik sebelumnya. Menerapkan aturan teknis yang sama pada grafik 4 jam Bitcoin membawa target harga terendah cryptocurrency untuk bulan Juli di sekitar $56.000—skenario rasa sakit maksimal.

Sebaliknya, pandangan bearish ini dapat dihindari jika harga menembus di atas rata-rata bergerak eksponensial 50-4H (50-4H EMA; gelombang merah) di sekitar $61.925. Skenario pembalikan bullish semacam itu akan menempatkan target kenaikan BTC untuk Juli di sekitar 200-4H EMA (gelombang biru), atau $64.770.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->