Polkadot Habiskan Pengeluaran $87 Juta dalam 6 Bulan, Cukup untuk 2 Tahun?

Updated
July 3, 2024
Gambar Polkadot Habiskan Pengeluaran $87 Juta dalam 6 Bulan, Cukup untuk 2 Tahun?

Jakarta, Pintu News – Polkadot, salah satu pesaing awal Ethereum, telah menghabiskan $87 juta dalam bentuk token DOT untuk berbagai kegiatan selama paruh pertama tahun ini. Jumlah ini dua kali lipat dari pengeluaran 6 bulan sebelumnya, menurut laporan perbendaharaan yang diterbitkan oleh perwakilan komunitas blockchain pada akhir pekan lalu.

Perbendaharaan Polkadot saat ini memiliki lebih dari $245 juta dalam bentuk DOT yang tersisa untuk dibelanjakan. Jumlah ini diperkirakan cukup untuk bertahan selama dua tahun dengan tingkat pengeluaran saat ini. Pengeluaran pada paruh pertama tahun ini menunjukkan peningkatan lebih dari 125% dibandingkan dengan hampir $25 juta yang dibelanjakan pada paruh kedua tahun 2023.

Penting untuk dicatat bahwa perbendaharaan Polkadot diisi oleh mekanisme inflasi token DOT. Artinya, perbendaharaan akan terus bertambah sebelum dikurangi dengan pengeluaran bersih selama dua tahun ke depan.

“Seluruh gagasan tentang ‘landasan pacu’ untuk perbendaharaan on-chain adalah menyesatkan. Perbendaharaan memiliki aliran masuk yang berkelanjutan. Perbendaharaan tidak akan pernah kehabisan dana,” kata CEO Web3Foundation Fabian Gompf.

Pengeluaran Terbesar untuk Pemasaran dan Pengembangan Perangkat Lunak

Pengeluaran terbesar Polkadot dialokasikan untuk kegiatan pemasaran dan penjangkauan, dengan lebih dari $36 juta dihabiskan untuk iklan, acara, pertemuan, penyelenggaraan konferensi, dan inisiatif lainnya. Upaya ini bertujuan untuk menarik pengguna baru, pengembang, dan bisnis ke ekosistem Polkadot.

Biaya pengembangan perangkat lunak merupakan pengeluaran terbesar kedua, dengan lebih dari $23 juta digunakan untuk membangun layanan, seperti dompet crypto dan perangkat pengembangan untuk mendukung pengembang.

Sekitar $15 juta dibelanjakan untuk penyediaan likuiditas dan insentif pada platform perdagangan berbasis Polkadot. Rincian lengkap dari setiap transaksi telah dipublikasikan di spreadsheet yang dapat diakses publik.

Baca Juga: Pepe Unchained (PEPU) Kumpulkan $1,7 Juta dalam Dua Hari, Apa Rahasianya?

Kekhawatiran Komunitas tentang Pengeluaran dan Likuiditas

Kekhawatiran Komunitas tentang Pengeluaran dan Likuiditas
Polkadot

Beberapa anggota komunitas Polkadot menyatakan kekhawatiran tentang besarnya pengeluaran untuk berbagai kegiatan dan kemungkinan kehabisan likuiditas.

“Perbendaharaan memiliki sekitar 32 juta DOT ($200 juta) dalam bentuk aset likuid yang tersedia dalam tahun depan. Dengan kerugian bersih saat ini sebesar 17 juta DOT ($108 juta) per tahun, ini menyisakan sekitar 2 tahun landasan pacu jika nilai tukar DOTUSD tetap sama,” kata laporan tersebut.

“Sifat fluktuatif dari perbendaharaan yang sebagian besar didenominasi dalam DOT membuat sulit untuk memprediksi masa depan, tetapi kekhawatiran dalam ekosistem tentang bagaimana Perbendaharaan digunakan semakin meningkat,” tambahnya.

Penutup

Polkadot telah menghabiskan $87 juta dalam bentuk token DOT selama paruh pertama tahun ini, dengan sebagian besar pengeluaran dialokasikan untuk kegiatan pemasaran dan pengembangan perangkat lunak.

Perbendaharaan Polkadot saat ini memiliki lebih dari $245 juta dalam bentuk DOT yang tersisa untuk dibelanjakan, yang diperkirakan cukup untuk bertahan selama dua tahun dengan tingkat pengeluaran saat ini. Namun, beberapa anggota komunitas menyatakan kekhawatiran tentang besarnya pengeluaran dan kemungkinan kehabisan likuiditas.

Baca Juga: HUND Crypto: Kombinasi Meme dan Utilitas Praktis di Blockchain Solana!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->