Lebih dari 50% Hedge Fund AS Terpapar Bitcoin, BTC Ungguli Saham di 2024!

Updated
July 3, 2024
Gambar Lebih dari 50% Hedge Fund AS Terpapar Bitcoin, BTC Ungguli Saham di 2024!

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan yang mengejutkan, lebih dari setengah hedge fund teratas Amerika Serikat kini memiliki eksposur terhadap Bitcoin melalui exchange-traded funds (ETF) baru. Bitcoin

BTC

2.78%

->
telah mengungguli saham dan indeks utama sepanjang tahun ini, menarik perhatian besar di Wall Street. Simak berita lengkapnya disini!

Hedge Fund Terkemuka dan Kepemilikan Bitcoin

Data dari perusahaan investasi River mengungkapkan bahwa 13 dari 25 hedge fund teratas di Amerika Serikat telah memiliki Bitcoin ETF pada akhir kuartal pertama 2024. Salah satu yang paling menonjol adalah Millennium Management, yang memiliki 27.263 BTC senilai $1,69 miliar, yang membentuk sekitar 2,5% dari total aset mereka yang bernilai $67,7 miliar.

bitcoin etf exposure
Eksposur ETF Bitcoin di 25 hedge fund teratas AS. Sumber: River

Selain Millennium Management, pemain signifikan lainnya termasuk Schonfeld Strategic Advisors dengan 6.734 BTC dan Point72 Asset Management dengan 1.089 BTC. Di sisi lain, beberapa hedge fund teratas seperti Bridgewater Associates, AQR Capital Management, dan Balyasny Asset Management belum berinvestasi dalam Bitcoin ETF.

Menariknya, penerimaan Bitcoin yang semakin luas ini bertepatan dengan peningkatan cadangan kas di perusahaan-perusahaan Amerika Serikat. Menurut analisis oleh firma penasihat treasury Carfang Group, kas atau setara kas yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan mencapai rekor tertinggi $4,11 triliun pada kuartal pertama 2024.

Baca Juga: Ethereum Foundation Terkapar: Email Diretas, Lido Staking Scam Merajalela!

Bitcoin dan Diversifikasi Aset

Beberapa perusahaan, seperti Reddit, Semler Scientific, JPMorgan, dan Wells Fargo, telah mengalokasikan sebagian kecil dari cadangan kas mereka ke Bitcoin atau Bitcoin ETF. Tren ini menunjukkan bahwa perusahaan-perusahaan AS, termasuk hedge fund dan korporasi, semakin yakin bahwa Bitcoin adalah aset yang layak untuk diversifikasi dan perlindungan terhadap risiko pasar tradisional.

Hedge fund dan korporasi kini melihat Bitcoin sebagai alat diversifikasi yang efektif, memberikan lapisan perlindungan tambahan terhadap fluktuasi pasar konvensional. Bitcoin, yang sering disebut sebagai ’emas digital’, semakin diterima dalam portofolio investasi sebagai aset yang aman dan bernilai tinggi.

Baca Juga: Arus Masuk ETF Bitcoin Spot AS Sentuh $129 juta pada Awal Juli, Gimana Nasib BTC?

Kinerja Bitcoin yang Luar Biasa

bitcoin relative growth
Bitcoin Relative Growth. Sumber: Look Into Bitcoin

Ketertarikan Wall Street terhadap Bitcoin semakin meningkat seiring dengan kinerja cryptocurrency ini yang lebih baik dibandingkan saham-saham dan indeks saham utama. Pada paruh pertama 2024, pengembalian BTC sekitar 94%. Sebagai perbandingan, indeks S&P 500 naik 23%, sementara Dow Jones Industrial Average tumbuh 14% pada periode yang sama.

Bahkan saham Apple dan Tesla tidak mampu mengungguli Bitcoin, dengan pengembalian masing-masing 10% dan -29% tahun ini. Namun, Nvidia, yang baru-baru ini menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia, mengungguli Bitcoin dengan kenaikan lebih dari 150% dalam enam bulan pertama 2024, berkat ledakan kecerdasan buatan yang sedang berlangsung.

Trader veteran Peter Brandt memprediksi relevansi Bitcoin akan semakin meningkat sebagai aset lindung nilai, terutama terhadap aset aman tradisional seperti emas. Brandt mencatat bahwa kapitalisasi pasar BTC bisa naik 230% terhadap emas setelah 2025.

Kesimpulan

Laporan penelitian tahunan ARK Invest sebelumnya menyimpulkan bahwa portofolio institusional yang bertujuan memaksimalkan pengembalian yang disesuaikan dengan risiko harus mengalokasikan 19,4% ke Bitcoin pada 2023. Meskipun demikian, setiap investasi dan langkah perdagangan melibatkan risiko, dan kamu harus melakukan penelitian sendiri sebelum membuat keputusan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->