Bahama Ingin Paksa Bank Gunakan Mata Uang Digital Bank Sentral

Updated
July 3, 2024
Gambar Bahama Ingin Paksa Bank Gunakan Mata Uang Digital Bank Sentral

Jakarta, Pintu News – Negara Bahama ingin mewajibkan bank untuk memberikan akses ke mata uang digital bank sentral yang diperkenalkan pada tahun 2020. Namun, masih ada beberapa tantangan yang harus diatasi.

Pada tahun 2020, Bahama menjadi negara pertama di dunia yang menerbitkan mata uang digital bank sentral (CBDC), yang disebut “sand dollar”. Bank sentral negara Karibia ini sekarang sedang mempersiapkan peraturan yang mewajibkan bank komersial untuk memberikan akses ke uang digital ini guna mendorong penerimaannya. Hal ini dilaporkan oleh kantor berita Reuters pada hari Senin, mengutip kepala bank sentral Bahama.

Bahama, Pelopor Mata Uang Digital Bank Sentral

Bahama, Pelopor Mata Uang Digital Bank Sentral
Sand Dollar

Kepala bank sentral John Rolle, yang mengawasi peluncuran sand dollar empat tahun lalu, mengatakan kepada Reuters bahwa penerimaan masih terbatas. Menurut Rolle, bank komersial saat ini sedang diberi pengarahan tentang peraturan baru, yang secara efektif akan memaksa mereka untuk menggunakan mata uang tersebut.

“Kami telah mulai memberi sinyal kepada lembaga kami sesuai dengan itu,” kata Rolle. “Kami memperkirakan proses di mana semua bank komersial pada akhirnya harus beroperasi di area ini dan menyediakan akses kepada pelanggan mereka ke mata uang digital bank sentral.” Oleh karena itu, aturan tersebut akan mulai berlaku dalam waktu dua tahun.

Baca Juga: Pi Network Beri Masa Tenggang 6 Bulan untuk KYC bagi 60 Juta Pengguna!

Tantangan Penerimaan Sand Dollar

Mata uang digital bank sentral hadir dalam dua bentuk, baik dalam bentuk ‘ritel’ sand dollar, di mana masyarakat dapat menggunakannya, atau sebagai versi ‘grosir’, yang hanya digunakan oleh lembaga keuangan. Jika bank diharuskan untuk menyediakan sand dollar, mereka harus membuat perubahan signifikan pada sistem IT mereka, tulis Reuters.

Namun, Bank Sentral Bahama percaya bahwa ini penting untuk mempromosikan penerimaan CBDC dan pembayaran seluler secara umum. Menurut para ahli, sebagian masalah dengan CBDC adalah bahwa mereka belum menawarkan keuntungan yang jelas dibandingkan dengan alat pembayaran yang ada. Ada juga kekhawatiran bahwa uang digital bank sentral dapat membuka jalan bagi lebih banyak kontrol pemerintah.

Masa Depan Mata Uang Digital Bank Sentral

cbdc dan privasi
Sumber: PYMNTS

Sand dollar saat ini menyumbang kurang dari satu persen dari uang tunai yang beredar di Bahama. Pengisian ulang dompet turun menjadi 12 juta dolar dalam delapan bulan hingga Agustus tahun lalu, dibandingkan dengan 49,8 juta dolar pada periode yang sama tahun sebelumnya, Reuters melaporkan, mengutip data dari bank sentral Bahama.

Meminta bank komersial untuk menyematkan sand dollar ke dalam sistem mereka akan membuatnya lebih mudah digunakan, kata Rolle. Namun, ia mengakui bahwa tantangan yang lebih besar adalah membuat lebih banyak toko, restoran, dan bisnis menerima sand dollar sebagai alat pembayaran. Rolle mengesampingkan insentif keuangan untuk penggunaan sand dollar atau bunga pada dompet sand dollar.

Penutup

Jika Komisi UE berhasil, euro digital akan tersedia bagi warga negara dan perusahaan sebagai alat pembayaran yang sah dalam beberapa tahun – paling cepat mulai tahun 2028. Musim panas lalu, Komisi UE menguraikan kondisi untuk penggunaan euro digital untuk pertama kalinya dalam rancangan undang-undang.

Janjinya adalah bahwa itu akan menjadi anonim secara offline seperti uang tunai. Euro digital “bukan proyek Big Brother”. Pada bulan Februari tahun ini, Kantor Federal Jerman untuk Keamanan Informasi (BSI) menerbitkan pedoman teknis untuk uang digital bank sentral, di mana otoritas tersebut memberikan informasi tentang “keamanan berdasarkan desain” untuk “uang digital” dan menyarankan penggunaan berbagai dompet untuk pembayaran anonim.

Jika perlindungan data tidak cukup dipertimbangkan ketika memperkenalkan euro digital, ada risiko penyimpanan data, para ahli perlindungan data baru-baru ini memperingatkan.

Baca Juga: Terra Luna Classic Delegasikan 30 Juta LUNC ke Hexxagon: Apa yang Terjadi?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->