Bitcoin Anjlok di Bawah $55.000, Tapi Trader Tetap Tenang, Kenapa?

Updated
July 7, 2024
Gambar Bitcoin Anjlok di Bawah $55.000, Tapi Trader Tetap Tenang, Kenapa?

Jakarta, Pintu News – Harga Bitcoin sedang menghadapi tekanan kuat, menembus dua level support penting di $60.000 dan $56.500 secara berurutan. Di permukaan, mungkin terlihat bahwa ketakutan mencengkeram pasar crypto. Ada alasan untuk takut, terutama bagi pemegang koin yang memanfaatkan BTC dalam protokol keuangan terdesentralisasi , yang ingin mengambil pinjaman menggunakan aset sebagai jaminan mereka.

Ketakutan Belum Mencengkeram Pasar Bitcoin

Meskipun harga anjlok, seorang analis on-chain, yang berbicara di X, berpendapat bahwa pasar relatif tenang dan ketakutan serta kepanikan belum sepenuhnya mencengkeramnya. Menunjuk pada rasio Keuntungan Rugi Realisasi Harian Bitcoin, analis tersebut mengatakan bahwa kecuali ada peningkatan jumlah alamat yang berwarna merah, yang menunjukkan aksi jual panik, pasar dapat menahan lebih banyak kerugian.

Menurut penilaian analis, tidak adanya bar “panic selling” menunjukkan bahwa investor masih memproses peristiwa terkini. Bahkan ketika harga jatuh di bawah $56.500, pasar, tambah analis, dapat jatuh hingga $47.000, level yang “tidak terlihat seburuk tiga minggu lalu ketika kita berada di 70.000.”

Namun demikian, di tengah koreksi yang diperlukan ini, analis menambahkan bahwa penurunan harga harus lebih lambat. Dengan cara ini, akan ada koreksi pasar yang lebih tertib.

Baca Juga: Bitcoin Terjun Bebas! Analis Prediksi Harga Bisa Anjlok ke $44.000

Bitcoin Turun 30% dari ATH

Pada 5 Juli, Bitcoin turun hampir 30% dari tertinggi sepanjang masa dan berada di bawah tekanan jual yang besar. Setelah penurunan di bawah $56.500 sebelumnya hari ini, terbukti bahwa koin tersebut sekarang berada dalam formasi penembusan bearish. Penjualan paksa mendorong harga dari kisaran Maret hingga Mei 2024. Ini menandakan fase baru setelah ekspansi di Q1 2024 ketika koin melonjak ke $73.800.

Analis memperkirakan lebih banyak kerugian dengan penjual di kursi pengemudi dan Bitcoin dalam formasi penembusan bearish. Sejauh ini, support langsung berada di $50.000 dan $45.000, menandai tertinggi Januari 2024.

Waktu Terbaik Untuk Membeli Bitcoin? Tunggu Sinyal Ini

Sementara penurunan memaksa investor untuk mencari perlindungan di stablecoin, analis lain berpikir ini bisa menjadi waktu terbaik untuk mengambil lebih banyak BTC dengan harga diskon. Berbicara di X, analis tersebut menunjukkan beberapa faktor fundamental yang menggambarkan gambaran bullish jangka panjang.

Beberapa dari angin penarik ini termasuk ketersediaan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin spot (ETF). Ada juga kejelasan peraturan di Amerika Serikat menjelang pemilihan presiden yang sangat diperebutkan. Pada saat yang sama, analis yakin pembayaran $16 miliar yang akan datang oleh wali amanat FTX akan menjadi positif bersih bagi pembeli BTC yang optimis.

Meskipun demikian, sebelum ada stabilitas dan aksi jual minggu ini diatasi, harus ada peningkatan alamat baru. Setelah ini diamati, itu berarti bahwa investor baru sedang berdatangan, menciptakan permintaan untuk koin tersebut. Untuk saat ini, harga anjlok, dan lebih sedikit alamat yang dibuat.

Penutup

Penurunan harga Bitcoin baru-baru ini mungkin mengkhawatirkan, tetapi penting untuk diingat bahwa pasar kripto masih relatif muda dan rentan terhadap volatilitas. Koreksi seperti ini adalah bagian normal dari siklus pasar, dan mereka memberikan peluang bagi investor jangka panjang untuk membeli dengan harga diskon.

Baca Juga: XRP Whale Beraksi: Akankah Harga XRP Meroket di Juli 2024?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->