Pencurian Crypto Melonjak Hampir $1,4 Miliar di Paruh Pertama 2024: Laporan TRM Labs

Updated
July 7, 2024
Gambar Pencurian Crypto Melonjak Hampir $1,4 Miliar di Paruh Pertama 2024: Laporan TRM Labs

Jakarta, Pintu News – Kejahatan dunia maya di sektor crypto telah melonjak pada paruh pertama tahun 2024, dengan peretas mencuri hampir $1,38 miliar, hampir dua kali lipat angka tahun lalu.

Para penjahat dunia maya telah mencuri $1,38 miliar yang mengejutkan dari investor crypto pada paruh pertama tahun 2024, hampir dua kali lipat dari $657 juta yang dicuri selama periode yang sama pada tahun 2023, menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan forensik blockchain TRM Labs.

Serangan Besar Mendominasi Pencurian

Konsisten dengan tren tahun 2023, beberapa pelanggaran besar telah mendominasi pencurian tahun ini, dengan lima insiden teratas menyumbang 70% dari total hasil curian, kata para analis. Serangan paling signifikan hingga saat ini terjadi pada bulan Mei ketika DMM Bitcoin, bursa crypto Jepang, mengalami serangan peretas, kehilangan lebih dari 4.500 BTC senilai lebih dari $300 juta pada saat itu.

Meskipun sifat peretasan masih belum jelas, TRM Labs mengaitkan “kunci pribadi yang dicuri atau keracunan alamat” dengan potensi vektor serangan. “Kompromi kunci pribadi dan frasa awal tetap menjadi vektor serangan teratas pada tahun 2024, bersama dengan eksploitasi kontrak pintar dan serangan pinjaman kilat,” kata para analis.

Baca Juga: XRP Whale Beraksi: Akankah Harga XRP Meroket di Juli 2024?

Pencurian Lebih Tinggi Dibandingkan 2023, Tapi Tetap Di Bawah Rekor 2022

Perusahaan yang berkantor pusat di New York mencatat bahwa enam bulan pertama tahun 2024 telah melihat volume pencurian yang lebih tinggi setiap bulan daripada bulan yang sama pada tahun 2023, “dengan peretasan rata-rata 150% lebih besar.” Terlepas dari lonjakan ini, para analis mengatakan pencurian dari peretasan dan eksploitasi adalah “sepertiga di bawah periode yang sama pada tahun 2022, yang tetap menjadi tahun rekor.”

Penipuan Phishing Merajalela

Sementara itu, data dari Scam Sniffer menunjukkan bahwa penipu phishing menghasilkan lebih dari $300 juta di seluruh rantai EVM dengan menargetkan sekitar 260.000 korban, menandai peningkatan 6,44% dibandingkan dengan tahun 2023. Menurut para peneliti, sekitar $58 juta senilai crypto dikuras dari 20 korban saja, dengan satu korban kehilangan $11 juta, menjadi korban pencurian terbesar kedua dalam sejarah crypto.

Penutupan

Lonjakan pencurian crypto pada tahun 2024 menjadi perhatian bagi investor dan regulator. Penting untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi aset digital kamu, seperti menggunakan kata sandi yang kuat, mengaktifkan autentikasi dua faktor, dan berhati-hati terhadap penipuan phishing.

Baca Juga: DogeLend: Meme Coin Baru yang Siap Mengguncang Dunia Crypto di Juli 2024!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->