Cardano Capai Tonggak Sejarah Besar dengan Metadata CIP25: Apa Artinya?

Updated
July 8, 2024
Gambar Cardano Capai Tonggak Sejarah Besar dengan Metadata CIP25: Apa Artinya?

Jakarta, Pintu News – Cardano baru saja mencapai tonggak sejarah signifikan dengan memvalidasi metadata CIP25 menggunakan skrip Plutus.

Hal ini adalah perkembangan besar yang membawa berbagai manfaat bagi ekosistem Cardano.

Revolusi Cardano pada NFT

Sebastien Guillemot, salah satu pendiri Paima Studios, mengumumkan pencapaian ini di X. Menurutnya, sekarang ada skrip Plutus di Cardano yang dapat memvalidasi metadata CIP25.

Baca juga: Aptos Luncurkan Aptos Connect, Solusi Terbaru untuk Mudahkan Akses Web3!

Hal ini membawa berbagai manfaat dan memperkenalkan lebih banyak kasus penggunaan ke jaringan Cardano, termasuk kombinasi antara Non-Fungible Token (NFT) dan Automated Market Makers (AMMs). Fitur ini sangat penting mengingat Mesin Virtual Ethereum (EVM) tidak dapat dengan mudah mencapai NFT AMMs.

Selain itu, validasi metadata CIP25 mempromosikan standar interoperabilitas baru dan lebih banyak permainan on-chain. Lebih menarik lagi, ini dibuat sumber terbuka, sehingga memudahkan pengembang untuk memanfaatkan berbagai keuntungan yang ditawarkannya.

Sebagian besar NFT di blockchain Cardano mengikuti standar CIP25, yang menunjukkan bagaimana informasi NFT harus didefinisikan dalam metadata transaksi. Informasi ini dapat mencakup nama, gambar, URL, dan detail lainnya.

Selama ini, ada tantangan dalam mengakses metadata transaksi dari Plutus, yang membatasi referensi data oleh banyak Aplikasi Terdesentralisasi (DApps).

Peningkatan Terbaru Cardano

cardano integrasi ibc
Sumber: Cardano Blog

Minggu lalu, Cardano mengintegrasikan kemampuan Inter-Blockchain Communication Protocol (IBC) Sidechain ke dalam jaringannya. Langkah ini diambil setelah menghadapi tantangan terkait skalabilitas, privasi data, dan interoperabilitas.

Solusi IBC meningkatkan kemampuan blockchain dalam mentransfer data dan aset antar blockchain yang berbeda, sambil tetap mendapatkan manfaat dari keamanan dan biaya deterministik yang ditawarkan oleh blockchain Cardano.

Selain itu, ada juga peningkatan Chang Hard Fork dan pembaruan Electra baru-baru ini di Cardano. Integrasi IBC ini memungkinkan transfer data dan aset yang lebih lancar antar blockchain, memastikan mereka tetap aman dan memiliki biaya transaksi yang dapat diprediksi.

Manfaat Validasi Metadata CIP25

Validasi metadata CIP25 memungkinkan pengembangan NFT yang dapat berkembang secara dinamis berdasarkan tindakan pengguna dan dapat diperdagangkan dengan likuiditas tinggi melalui AMMs. Semua ini dapat dicapai secara terdesentralisasi tanpa kontribusi dari server terpusat, yang merupakan tujuan utama Cardano dalam mengembangkan ekosistemnya.

Kemudahan akses data transaksi oleh DApps melalui validasi metadata ini membuka peluang baru dalam berbagai kasus penggunaan, termasuk dalam industri game. Dengan kemampuan ini, Cardano semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu pemain utama dalam dunia crypto.

Secara keseluruhan, tonggak sejarah ini menandai langkah maju yang signifikan bagi Cardano dalam mengembangkan ekosistem crypto-nya.

Dengan validasi metadata CIP25 dan integrasi IBC, Cardano siap untuk memperluas kasus penggunaan dan meningkatkan interoperabilitas dengan blockchain lain.

Pengembang dan pengguna di ekosistem Cardano dapat menantikan inovasi dan peluang baru yang terus berkembang di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->