5 Alasan Mengapa Harga Bitcoin Telah Mencapai Titik Terendah di $53.000

Updated
July 9, 2024
Gambar 5 Alasan Mengapa Harga Bitcoin Telah Mencapai Titik Terendah di $53.000

Jakarta, Pintu News ‚Äď Meskipun harga Bitcoin mengalami volatilitas dan mencapai titik terendah dalam lima bulan, beberapa indikator kunci menunjukkan bahwa para bull masih memiliki keunggulan, mengisyaratkan potensi kebangkitan dalam lintasan harga BTC. Simak analisa lengkapnya disini!

Divergensi Bullish Meningkatkan Prospek Rebound BTC

Bitcoin

BTC

->
menghadapi awal yang bergolak pada bulan Juli, jatuh lebih dari 10,50% dan berada di sekitar $57.000 per 7 Juli. Pada titik terendahnya, BTC menyentuh $53.550, dengan kerugian dipimpin oleh kekhawatiran tentang dumping pasar karena pengembalian BTC oleh Mt. Gox dan likuidasi BTC oleh pemerintah Jerman.

Penurunan harga Bitcoin terbaru disertai dengan divergensi yang meningkat antara harga yang jatuh dan indeks kekuatan relatif (RSI) yang naik. Divergensi ini biasanya menunjukkan bahwa tekanan jual melemah, meskipun harga terus merosot.

Baca Juga: Market Crypto Crash, Ini 5 Meme Coin yang Berpotensi Pulih di Juli 2024!

Dalam analisis teknis, skenario ini sering menunjukkan potensi pembalikan atau perlambatan dalam tren penurunan saat ini, mengisyaratkan bahwa Bitcoin mungkin segera mengalami rebound seiring sentimen pasar beralih kembali ke arah bullish.

Pola Hammer Bullish dan RSI Oversold

Dua indikator teknis klasik lainnya mendukung skenario pembalikan bullish. Pertama, Bitcoin membentuk pola candlestick hammer bullish pada 5 Juli, yang ditandai dengan tubuh kecil di ujung atas candle harian, dengan bayangan bawah yang panjang dan bayangan atas yang sedikit.

Kedua, pembacaan RSI harian Bitcoin mendekati ambang oversold-nya di 30, yang sering mendahului periode konsolidasi atau pemulihan. Analis Jacob Canfield memprediksi bahwa indikator ini dapat menandakan rebound, dengan BTC berpotensi kembali ke ‚Äúrentang tinggi sebelumnya‚ÄĚ di atas $70.000.

Wall Street Bertaruh pada Penurunan Suku Bunga di Bulan September

wall street rate cut
Probabilitas suku bunga target untuk pertemuan Fed 18 September 2024. Sumber: CME

Kemampuan Bitcoin untuk melanjutkan bull run dalam beberapa minggu mendatang meningkat karena kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan September. Per 7 Juli, para pedagang Wall Street melihat kemungkinan 72% bahwa Federal Reserve Amerika Serikat akan memotong suku bunga sebesar 25 basis poin.

Baca Juga: 5 Game NFT Android Terpopuler di 2024

Ekspektasi suku bunga yang lebih rendah telah meningkat karena perlambatan dalam perekrutan di Amerika Serikat. Ketika pasar kerja melemah, Fed sering mempertimbangkan pemotongan suku bunga untuk merangsang aktivitas ekonomi.

Suku bunga yang lebih rendah biasanya bullish untuk Bitcoin dan aset berisiko lainnya karena membuat investasi tradisional yang aman seperti surat utang pemerintah AS menjadi kurang menarik.

Investor ETF Bitcoin Kembali Setelah Penurunan di Bulan Juli

Indikator bullish lainnya untuk pasar BTC adalah kembalinya arus masuk ke dana ETF Bitcoin berbasis spot di AS setelah dua hari arus keluar berturut-turut.

Pada 5 Juli, ketika AS melaporkan data pengangguran yang lemah, dana-dana ini secara kolektif menarik $143,10 juta BTC, menunjukkan meningkatnya sentimen risiko di antara investor Wall Street.

Fidelity Wise Origin Bitcoin Fund (FBTC) memimpin arus masuk dengan $117 juta. Bitwise Bitcoin ETF (BITB) mengalami arus masuk bersih sebesar $30,2 juta, dan ARK 21Shares Bitcoin ETF (ARKB), bersama dengan VanEck Bitcoin Trust (HODL), mencatat arus masuk masing-masing sebesar $11,3 juta dan $12,8 juta. Sebaliknya, Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) mengalami arus keluar bersih sebesar $28,6 juta.

Penambahan Pasokan Uang AS Menambah Optimisme

Petunjuk bullish lainnya untuk Bitcoin datang dari kenaikan terbaru dalam pasokan uang M2 AS, yang mengukur pasokan uang yang mencakup uang tunai, setoran cek, dan uang yang mudah diubah seperti deposito tabungan, sekuritas pasar uang, dan deposito waktu lainnya.

Pada Mei 2024, pasokan uang M2 meningkat sekitar 0,82% dari tahun ke tahun, mengurangi penurunan agregat dari puncak penurunan 4,74% pada Oktober 2023 menjadi sekitar 3,50%. Pertumbuhan pasokan M2 bullish untuk Bitcoin karena meningkatkan likuiditas dalam ekonomi.

Baca Juga: Harga MATIC Berada di Bawah $0,50, Bakal Pulih dalam Waktu Dekat?

Lebih banyak uang yang beredar menyebabkan investasi yang lebih tinggi dalam aset berisiko seperti Bitcoin, karena investasi tradisional seperti tabungan dan obligasi menawarkan pengembalian yang lebih rendah.

Kapitulasi Penambang Bitcoin Menandakan Titik Terendah Harga BTC

Metrik kapitulasi penambang Bitcoin mendekati level yang terlihat selama titik terendah pasar setelah crash FTX pada akhir 2022, menunjukkan potensi titik terendah untuk BTC. Kapitulasi penambang terjadi ketika penambang mengurangi operasi atau menjual sebagian dari Bitcoin yang ditambang dan cadangan mereka untuk tetap bertahan, mendapatkan hasil, atau melindungi diri dari eksposur Bitcoin.

bitcoin network hashrate
Penarikan hash rate jaringan Bitcoin yang sebenarnya. Sumber: CryptoQuant

Penurunan hashrate, yang merupakan total kekuatan komputasi yang mengamankan jaringan Bitcoin, menunjukkan beberapa penambang mengurangi operasi mereka, mencerminkan tekanan keuangan dalam komunitas penambangan setelah halving.

Ketika penambang yang lebih lemah keluar dari pasar atau mengurangi operasi, penambang yang lebih kompetitif akan melihat keuntungan yang lebih besar, berpotensi menstabilkan operasi mereka dan mengurangi kebutuhan untuk menjual BTC.

Metrik ini menandakan bahwa pasar Bitcoin mungkin mendekati titik terendahnya, mirip dengan siklus sebelumnya di mana penjualan dan pengurangan operasi penambang mendahului pemulihan pasar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Generated by AI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->