Bitcoin: Penjualan BTC Signifikan Diprediksi Berlangsung dalam Beberapa Bulan Mendatang?

Updated
July 9, 2024
Gambar Bitcoin: Penjualan BTC Signifikan Diprediksi Berlangsung dalam Beberapa Bulan Mendatang?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Bitcoin, crypto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, mengalami penurunan harga yang signifikan hingga di bawah $55.000. Penurunan ini dipicu oleh berbagai faktor, termasuk ketidakpastian pasar crypto, tekanan penjualan dari pemerintah Jerman, dan para kreditur Mt. Gox yang menunggu pengembalian dana mereka.

Artikel ini akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan harga Bitcoin dan apa yang bisa diharapkan dalam beberapa bulan ke depan.

Ketidakpastian Pasar Crypto dan Tekanan Penjualan dari Jerman

Ketidakpastian pasar crypto tetap menjadi tantangan utama bagi harga Bitcoin. Dalam beberapa bulan terakhir, berbagai faktor eksternal mempengaruhi sentimen pasar, termasuk regulasi yang ketat dan berita negatif tentang industri crypto. Tekanan penjualan dari pemerintah Jerman juga menambah beban pada harga Bitcoin.

Menurut data dari Arkham Intelligence, pemerintah Jerman saat ini memegang sekitar 39.826 BTC yang bernilai sekitar $2,2 miliar pada harga saat ini. Jika pemerintah memutuskan untuk menjual sebagian atau seluruh Bitcoin tersebut, ini dapat menciptakan tekanan jual yang signifikan di pasar. Penjualan besar-besaran dari entitas besar seperti pemerintah dapat menyebabkan penurunan harga yang lebih dalam dan menambah ketidakpastian di kalangan investor.

Selain itu, sentimen negatif dari pasar global dan kebijakan moneter yang ketat juga berkontribusi pada penurunan harga Bitcoin. Federal Reserve AS, misalnya, telah mengindikasikan adanya pengurangan likuiditas, yang bisa memperketat kondisi pasar dan mempengaruhi harga aset berisiko seperti crypto.

Baca Juga: Notcoin Meroket di Tengah Pemulihan Pasar Crypto: Peluang Besar atau Gelembung?

Kreditur Mt. Gox Menunggu Pengembalian Dana

Salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi harga Bitcoin saat ini adalah pengembalian dana kepada kreditur Mt. Gox. Mt. Gox, bursa crypto Jepang yang mengalami kebangkrutan lebih dari 10 tahun yang lalu, sedang bersiap untuk mendistribusikan sekitar 142.000 BTC dan 143.000 Bitcoin Cash kepada kreditur yang terkena dampak.

Repayments ini diharapkan dimulai bulan ini, dan meskipun belum jelas berapa banyak dari total distribusi yang akan dijual di pasar, ini dapat menciptakan tekanan jual yang signifikan. Menurut laporan K33 Research, pengembalian dana dari Mt. Gox akan menambah pasokan Bitcoin yang berlebih di pasar dan dapat memperburuk tekanan jual, terutama jika banyak kreditur memutuskan untuk menjual Bitcoin mereka untuk memperoleh likuiditas.

Pengaruh dari pengembalian dana ini sangat besar, mengingat jumlah Bitcoin yang akan didistribusikan. Para trader perlu waspada terhadap potensi penurunan harga lebih lanjut akibat peningkatan pasokan Bitcoin di pasar.

Likuiditas Pasar yang Rendah dan Volatilitas Tinggi

Penurunan harga Bitcoin juga diperparah oleh likuiditas pasar yang rendah dan volatilitas yang tinggi. Likuidasi besar-besaran di pasar crypto telah menghapus posisi panjang senilai $175 juta dan posisi pendek senilai $35 juta, sehingga total likuidasi mencapai sekitar $210 juta. Likuidasi ini memperburuk tekanan jual dan menciptakan spiral penurunan harga yang sulit dihentikan.

Menurut Ryze Labs, firma modal ventura yang berfokus pada Web3, pasar yang lebih luas sedang mengalami dampak dari kekurangan likuiditas di kuartal kedua 2024. Federal Reserve AS mencatat peningkatan besar dalam saldo repo terbalik, yang menunjukkan adanya pengurangan likuiditas yang signifikan. Pengurangan injeksi likuiditas oleh China sejak Februari 2024 juga dapat memperketat likuiditas global, yang berpotensi mempengaruhi harga crypto dan meningkatkan volatilitas.

Kesimpulan

Penurunan harga Bitcoin di bawah $55.000 dan penurunan kesulitan penambangan menandakan tantangan besar bagi pasar crypto. Faktor-faktor seperti ketidakpastian pasar, tekanan penjualan dari pemerintah Jerman, dan pengembalian dana kreditur Mt. Gox memainkan peran penting dalam menciptakan tekanan jual yang signifikan.

Investor perlu tetap waspada terhadap volatilitas yang tinggi dan membuat keputusan investasi yang bijak berdasarkan analisis mendalam dan pemahaman menyeluruh tentang pasar crypto.

Baca Juga: Harga Bitcoin Terus Menurun: Bersiap untuk Kerugian Lebih Lanjut? (9/7/24)

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: The image created by AI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->