10.000 BTC Dijual Pemerintah Jerman, Jerman Lakukan Kesalahan Strategis Besar?

Updated
July 9, 2024
Gambar 10.000 BTC Dijual Pemerintah Jerman, Jerman Lakukan Kesalahan Strategis Besar?

Jakarta, Pintu News ‚Äď Jerman telah menjual sebagian besar Bitcoinnya sejak pertengahan Juni. Penjualan Bitcoin Jerman dan pengembalian dana Mt. Gox baru-baru ini telah mengguncang pasar crypto, dan drama ini mungkin belum berakhir. Ekonomi terbesar di Zona Euro masih memegang 23.800 BTC senilai $1,3 miliar, menurut data yang dilacak oleh Arkham Intelligence.

Potensi tekanan jual mewakili hampir 5% dari volume perdagangan 24 jam BTC sebesar $25,3 miliar, menunjukkan potensi turbulensi harga lebih lanjut.

Pemerintah Jerman Melikuidasi 10.000 BTC

Pemerintah Jerman Melikuidasi 10.000 BTC
arkhamintelligence

Sejak pertengahan Juni, pemerintah telah melikuidasi lebih dari 10.000 BTC, memberikan tekanan ke bawah pada nilai pasar cryptocurrency. Mereka mentransfer sebagian tambahan dari kepemilikannya hari ini. Harga spot BTC telah turun hampir 20% menjadi $55.490 dalam empat minggu, dengan harga turun hampir 13% dalam tujuh hari terakhir saja, menurut data CoinDesk.

CoinDesk 20 Index (CD20), pengukur pasar yang lebih luas, telah turun hampir 14% menjadi 1.870 poin dalam satu minggu. Pekan lalu, pendiri Tron, Justin Sun, menawarkan untuk membeli BTC dari pemerintah Jerman di luar pasar untuk mengurangi dampak negatif pada harga spot. Menurut beberapa pengamat, penjualan BTC Jerman merupakan kesalahan strategis yang merugikan negara tersebut dalam hal geopolitik.

‚ÄúBodohnya, Pemerintah Jerman telah mentransfer lebih dari $390 juta BTC ke bursa selama beberapa minggu terakhir untuk dijual dengan mata uang fiat. Dari perspektif geopolitik, merupakan kesalahan strategis bagi negara mana pun untuk menjual kepemilikan Bitcoin untuk mata uang fiat mengingat mereka dapat dengan mudah mencetak mata uang fiat tersebut,‚ÄĚ kata buletin Blockware Intelligence edisi 5 Juli.

‚ÄúSebagai perbandingan, Bitcoin jauh lebih sulit diperoleh mengingat sejumlah besar energi fisik yang diperlukan untuk menambangnya dan pasokannya yang terbatas sebesar 21.000.000,‚ÄĚ tambah buletin tersebut.

Baca Juga: 7 Altcoin yang Berpotensi Meroket dalam Jangka Pendek, Menurut Santiment Juli 2024

Penjualan Bitcoin Jerman: Apa Artinya Bagi Pasar?

Jerman telah menjual Bitcoinnya sejak pertengahan Juni, dan penjualan tersebut telah berdampak pada pasar. Harga Bitcoin telah turun hampir 20% dalam empat minggu terakhir, dan beberapa pengamat percaya bahwa penjualan Jerman adalah salah satu faktor yang berkontribusi. Tidak jelas berapa banyak Bitcoin yang masih dimiliki Jerman, tetapi beberapa perkiraan menempatkannya di sekitar 23.800 BTC.

Jika Jerman terus menjual Bitcoinnya, itu bisa terus memberikan tekanan ke bawah pada harga. Namun, penting untuk dicatat bahwa penjualan Jerman hanyalah salah satu dari banyak faktor yang memengaruhi harga Bitcoin. Faktor-faktor lain termasuk sentimen pasar secara keseluruhan, peraturan pemerintah, dan adopsi crypto.

Apa Arti Penjualan Bitcoin Jerman Bagi Geopolitik?

Beberapa pengamat percaya bahwa penjualan Bitcoin Jerman merupakan kesalahan strategis. Mereka berpendapat bahwa Bitcoin adalah aset yang berharga, dan Jerman akan lebih baik menyimpannya. Mereka juga berpendapat bahwa penjualan Bitcoin Jerman dapat membahayakan posisinya dalam ekonomi global. Karena semakin banyak negara yang mulai berinvestasi di Bitcoin, Jerman dapat tertinggal jika terus menjual kepemilikannya.

Namun, yang lain berpendapat bahwa penjualan Bitcoin Jerman adalah langkah yang bijaksana. Mereka berpendapat bahwa Bitcoin adalah aset yang berisiko, dan Jerman lebih baik menjualnya selagi harganya masih tinggi. Mereka juga berpendapat bahwa penjualan Bitcoin Jerman tidak akan berdampak signifikan pada posisinya dalam ekonomi global. Jerman masih memiliki ekonomi yang kuat, dan tidak mungkin penjualan beberapa Bitcoin akan mengubahnya.

Masa Depan Bitcoin di Jerman

Tidak jelas apa arti penjualan Bitcoin Jerman bagi masa depan Bitcoin di negara tersebut. Beberapa orang percaya bahwa penjualan tersebut dapat menyebabkan penurunan minat terhadap Bitcoin di Jerman. Namun, yang lain percaya bahwa penjualan tersebut tidak akan berdampak besar.

Mereka berpendapat bahwa Bitcoin masih merupakan aset yang populer di Jerman, dan penjualan tersebut tidak mungkin menghentikan orang untuk berinvestasi di dalamnya. Hanya waktu yang akan memberi tahu apa arti penjualan Bitcoin Jerman bagi masa depan Bitcoin di negara tersebut.

Baca Juga: Notcoin Meroket di Tengah Pemulihan Pasar Crypto: Peluang Besar atau Gelembung?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

*Featured Image: Generated by AI

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->